Urbanhire Jobseeker

Mencari Kandidat: Yang Harus Dan Jangan Dilakukan

21

Feb 2020

Urbanhire – Banyak yang harus dan jangan dilakukan saat ingin mencari kandidat dan merekrut pegawai baru. Dan proses perekrutan tidaklah mudah. Alasannya adalah kandidat memiliki penawaran yang unik, menginginkan komunikasi yang intens dan alasan mereka harus percaya kepada visi misi organisasi atau perusahaan Anda. Untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas, HR harus bekerja ekstra keras.

Saat melakukan perekrutan, Anda dan tim Anda harus memprioritaskan apa yang paling penting yaitu  merekrut karyawan untuk membantu bisnis Anda tumbuh. Dengan tujuan tersebut, berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan dan beberapa hal yang jangan Anda lakukan agar Anda dan tim tetap berada di jalur yang tepat.

Harus Dilakukan

Bergerak cepat

Mencari kandidat dan merekrut yang berkualitas memang memiliki tantangan tersendiri. Tidak hanya membutuhkan waktu yang lebih lama, tetapi kandidat yang berkualitas biasanya menerima 2 atau lebih penawaran pada satu waktu. Untuk itu jika ingin mendapatkan kandidat yang terbaik, Anda harus bergerak cepat. Kuncinya adalah seberapa cepat Anda dan kandidat Anda dapat menilai satu sama lain. Dengan membangun hubungan yang menarik antara kandidat dengan perusahaan, Anda siap untuk mempekerjakan mereka dengan cepat. Dengan begitu banyak penawaran pekerjaan dan sedikitnya kandidat yang berkualitas, sangat penting bagi Anda untuk bergerak cepat dan membangun strategi perekrutan yang dapat menarik, memelihara dan mempertahankan aset terbaik Anda.

Maksimalkan Employer Branding 

Employer branding  merupakan cara Anda untuk memasarkan dan mengenalkan perusahaan Anda kepada pencari kerja. Begitulah cara Anda untuk menampilkan diri dan bagaimana Anda merespon para pencari kerja yang memberikan feedback tentang Anda. Anda harus memaksimalkan employer branding Anda ketika sedang mencari kandidat. Ceritakan kisah yang berbeda tentang perusahaan Anda, fitur dan tanggapi feedback karyawan, bagikan foto dan video tentang perusahaan Anda untuk menambah eksposur.

Jangan Dilakukan

Mengabaikan Feedback Karyawan

Karyawan atau pencari kerja memiliki kebiasaan sebelum melamar ke perusahaan, yaitu meneliti ulasan atau feedback dan penilaian perusahaan. Oleh karena itu, jika Anda gagal atau tidak merespon ulasan perusahaan Anda akan terlihat buruk dimata para pencari kerja. Cara terbaik untuk menanggapi ulasan adalah menjadi profesional, mengucapkan terima kasih dan mengatasi masalah tersebut. Selanjutnya, gunakan respon Anda untuk memperbaiki masalah tersebut dan membangun budaya perusahaan. Dengan demikian citra perusahaan Anda akan positif sehingga mengakibatkan Anda lebih mudah untuk mencari kandidat yang tepat.

Hanya Fokus Kepada Milenial & Gen Z

Generasi Z dan Milenial merupakan angkatan kerja yang mendominasi. Namun bukan berarti Anda hanya memfokuskan untuk merekrut mereka semua. Pada kenyataannya, masih ada generasi sebelum mereka yang memiliki kualitas dan pengalaman yang lebih banyak. Dengan mencari kandidat yang berpengalaman dan lebih matang akan menguntungkan perusahaan Anda kedepannya. Selain itu mereka dapat memotivasi karyawan-karyawan yang lebih muda di perusahaan. 

Takut Untuk Tampil Berbeda

Kandidat sangat ingin mengetahui secara detail tentang sebuah perusahaan. Mereka ingin mendengar siapa, mengapa perusahaan melakukan itu dan apa yang perusahaan lakukan serta apa untungnya bagi mereka jika mereka bergabung dengan perusahaan Anda. Bagi perusahaan yang bergerak di sektor yang sangat kompetitif mencari cara agar menonjol dan berbeda dari persaingan dan memperkuat daya tarik sangatlah diharuskan. Jadi jika Anda takut untuk tampil, Anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas ketika sedang mencari kandidat.

Anda juga perlu untuk meningkatkan strategi perekrutan Anda ketika mencari kandidat. Melalui artikel “Tingkatkan Rencana Perekrutan Strategis Anda” Anda akan mendapatkan wawasan yang bisa Anda gunakan dalam merencanakan strategi perekrutan. Dan gunakan Urbanhire, platform perekrutan dengan Applicant Tracking System (ATS) yang dapat membantu Anda menemukan kandidat berkualitas dengan fitur pre online assessment