Urbanhire Jobseeker

Mencegah Karyawan Agar Tidak Burnout

6

Feb 2020

UrbanhireBurnout saat ini sering dibahas oleh praktisi HR karena berkaitan dengan employee engagement. Jika Anda dan pemimpin perusahaan memiliki karakter kuat, akan dengan mudah meningkatkan engagement karyawan Anda, mereka akan menjadi karyawan yang lebih produktif dan bermanfaat untuk perusahaan. Namun tidak semua perusahaan memiliki employee engagement yang tinggi. Rendahnya engagement ini akan membuat karyawan Anda stres berat dan berujung kepada burnout.

Apa yang dimaksud dengan Burnout Karyawan?

Burnout adalah hasil dari stres berkepanjangan di tempat kerja. Ini disebabkan oleh kurangnya engagement karyawan. Dan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, burnout yang dialami karyawan memanglah ada dan terjadi di lingkungan kita. Ada tiga gejala utama ketika karyawan mengalami burnout:

  • Selalu muncul perasaan kelelahan
  • Meningkatnya mental sinisme atau negativisme terhadap pekerjaan orang lain
  • Berkurangnya rasa profesional (Poin ini memiliki efek yang sangat besar terhadap perusahaan)

Cara Meningkatkan Engagement Karyawan 

Saat Anda berbicara tentang engagement, secara arti adalah sebuah perasaan manusia yang nyata dan dapat mempengaruhi perusahaan Anda. Sederhananya, engagement merupakan tingkat emosional seseorang dalam pekerjaan mereka. Cara yang paling dapat diandalkan untuk meningkatkan engagement adalah membangun budaya yang dapat menumbuhkan emosional tersebut. Dalam hal ini Anda harus menciptakan lingkungan tempat kerja yang menjunjung tinggi transparansi, keadilan, dan pengakuan terhadap keberhasilan karyawan Anda. Untuk membuat strategi engagement yang tepat, Anda bisa membuka artikel ”Strategi Employee Engagement Yang Berhasil”. Ada sedikit catatan bahwa perubahan positif dalam budaya perusahaan tidak terjadi secara instan. Anda harus benar-benar melakukannya secara bertahap dan dengan proses yang panjang. Anda sebagai praktisi HR juga membutuhkan cara untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang menyebabkan stres atau burnout yang dialami oleh karyawan Anda.

Agar memperlebar sudut pandang Anda dalam employee engagement, Anda perlu mengetahu tren employee engagement  yang terjadi di tahun lalu, Anda dapat membaca di artikel “Tren Employee Engagement yang Paling Penting di 2019”. Selain itu Anda dapat menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Assessment