Urbanhire Jobseeker

Menciptakan Employee Value Proposition Luar Biasa

18

Sep 2019

Urbanhire – Karyawan merupakan ujung tombak dari keberhasilan perusahaan, sekalipun karyawan yang berada di level officer. Pasalnya perusahaan tidak akan berjaya, tanpa ada kerja sama yang baik di lapisan semua karyawan. Maka dari itu, perusahaan besar akan selalu menciptakan employee value proposition. Tujuannya, untuk mengembangkan karyawan. 

Kenapa demikian? Karyawan yang mengalami perkembangan dalam karir, akan meningkatkan daya kreativitas, inovasi dan motivasi. Sehingga kinerja akan semakin baik, sebaliknya jika perusahaan Anda dalam kondisi tidak menyenangkan, penuh tekanan dan karyawan selalu merasa takut maka kinerja akan semakin turun bahkan dapat memburuk.

Itulah sebabnya, penting sekali untuk perusahaan mulai menciptakan employee value proposition luar biasa. Bukan hanya penting untuk karyawan berlevel tinggi, melainkan dapat memberikan motivasi untuk semuanya. Sehingga kinerja akan lebih baik dari sekarang, apa saja yang perlu ditingkatkan? Ini yang perlu dipersiapkan.

Tingkatkan Bonus (Kompensasi) Karyawan

Hal kecil yang dapat menciptakan employee value proposition luar biasa untuk karyawan, adalah Anda memberikan bonus untuk karyawan Anda. Tidak hanya berupa uang lembur, namun juga beberapa fasilitas lain yang lebih menyenangkan. Seperti halnya memberikan tambahan cuti diluar cuti tahunan.

Bukan itu saja, untuk meningkatkan employee value proposition, bisa dilakukan dengan rangsangan bonus yang bisa diberikan di perkuartal atau di akhir tahun. Kenaikan jumlah gaji secara berkala juga akan membuat karyawan lebih bersemangat karena mendapatkan imbalan lebih.

Tambahkan Fasilitas Pendukung

Jangan hanya menyalahkan kinerja karyawan yang semakin menurun, bahkan melemparkan kesalahan begitu saja. Evaluasi apa yang terjadi di sekitar, coba lihat fasilitas yang sudah diberikan, apakah mendukung pekerjaan semua karyawan atau hanya untuk kebaikan perusahaan saja.

Hal kecil yang bisa menciptakan employee value proposition adalah mencoba tingkatkan bahkan menambahkan fasilitas pendukung untuk karyawan secara spesifik. Misalkan dengan memberikan ruang hiburan, kursi atau meja baru yang lebih nyaman. Bahkan hal kecil seperti snack di jam tanggung akan memberikan kenyamanan tersendiri untuk karyawan Anda.

Dengan penambahan fasilitas pendukung tersebut akan membuat kinerja karyawan semakin baik. Pasalnya karyawan Anda akan merasa lebih nyaman sehingga lebih loyal dengan perusahaan Anda, hal ini tentu akan mempengaruhi hasil kerja juga. Anda bisa mencoba lakukan ini dalam sebulan, dan evaluasi secara singkat agar Anda tahu bagaimana hasil yang telah Anda lakukan.

Berikan Pendukung Karir

Jenjang karir yang diinginkan setiap karyawan tentu ingin selalu naik, apakah ini sepadan dengan apa yang sudah dilakukan? Tidak semua karyawan memiliki kemampuan dan skill yang sama, sehingga tidak semua orang akan mencapai jenjang karir sama dalam waktu bersamaan. Bagaimana cara menanganinya?

Karyawan yang baru datang dengan mental dan pikiran yang fresh tentunya tidak akan menjadi kendala untuk memikirkan kondisi dan jenjang karirnya. Berikan penekanan dan kesempatan kepada karyawan Anda bahwa di dalam perusahaan Anda sangat terbuka untuk kenaikan karir yang tidak dilihat dari lamanya bekerja tetapi performa dan skill.

Lalu bagaimana untuk mengatasi karyawan yang sudah mulai jenuh? Karyawan lama yang biasanya mengalami kejenuhan, perlu ada nya penyegaran untuk dapat menciptakan employee value proposition. Coba Anda lakukan workshop di luar kantor atau outbound untuk mengasah kerja sama atau sekadar outing untuk melepas penat.

Selain itu coba Anda lakukan pendekatan lainnya secara santai (anggaplah sebagai teman, bukan bawahan). Hal ini untuk melihat dimana kekurangan dan cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan Anda. Bahkan bisa melihat, apakah karyawan sudah pada posisi yang tepat atau salah jabatan selama ini.

Atmosfer Lingkungan Kerja Nyaman

Hampir serupa dengan menambahkan fasilitas kantor, jika Anda menempatkan diri sebagai karyawan tentunya Anda lebih suka atmosfer perusahaan yang nyaman dan terkadang butuh privasi. Inilah kenapa, beberapa karyawan memilih resign untuk mencari tempat kerja lain yang lebih nyaman, sekalipun menawarkan gaji yang sama.

Coba lihat kondisi perusahaan Anda sekarang ini, bukan sekedar kursi dan meja saja. Melainkan bagaimana kondisinya, jika memang sudah tidak menyenangkan, tidak ada salahnya mengubah desain jadi lebih modern dan millennial. Siapa pun yang berada di dalamnya, tentu akan lebih senang dan merasa bahagia bekerja setiap harinya.

Perasaan nyaman dan senang, secara tidak langsung akan menciptakan employee value proposition luar biasa untuk karyawan, bahkan yang baru pertama kali bekerja, karena tidak mudah beradaptasi dengan tempat baru. Selain itu, kesan jenuh, bosan akan hilang begitu saja.

Perusahaan juga harus peka dengan kondisi lingkungan karyawan, seperti bagaimana hubungan atasan dan bawahan. Memang ada batasan antara atasan dan bawahan, namun tidak akan membatasi setelah jam kerja usai. Ini akan lebih menyenangkan dan manusiawi, pasalnya semua akan kembali sama setelah pekerjaan usai.

Tanamkan Ciri Khas Atau Budaya Dalam Perusahaan

Perusahaan Anda sebaiknya memiliki ciri khas atau budaya yang unik, bahkan hanya dimiliki perusahaan Anda. Sering kali budaya kerja membuat pelamar memilih dan melamar pekerjaan berdasarkan budaya perusahaan. Dengan memiliki budaya perusahaan yang bagus, loyalitas karyawan juga akan meningkat, berbanding terbalik bila perusahaan hanya memikirkan keuntungan, karyawan akan cenderung tidak loyal. Bahkan saat karyawan Anda mendapatkan iming-iming gaji meningkat hanya sedikit namun budaya kantor tersebut lebih baik, mereka tidak segan-segan untuk pergi tanpa berpikir dua kali.

Menciptakan budaya perusahaan sebenarnya mudah. Bisa dalam bentuk olahraga atau membentuk komunitas yang diminati oleh karyawan. Ini akan memberikan rasa kebersamaan dan saling peduli yang berujung menciptakan employee value proposition untuk karyawan dan perusahaan.

Lebih menyenangkan memang untuk dekat dengan karyawan, hal ini akan menciptakan employee value proposition luar biasa. Sehingga dapat meningkatkan kinerja dan dapat mencapai bahkan melampaui setiap target.

Dengan Anda memperhatikan employee value proposition, secara tidak langsung Anda juga mulai membangun Employer Branding. Dengan Urbanhire Anda bisa membuat Career Site yang dapat dengan mudah Anda desain sesuai dengan employer branding perusahaan Anda.