Urbanhire Jobseeker

Mengelola Karyawan Anda Jika Ada PHK

8

May 2020

Urbanhire – Keadaan semakin tidak menentuk akibat Virus Corona ini. Banyak perusahaan yang mulai mengurangi karyawan karena kondisi ekonomi juga terdampak akibat penyebaran virus ini. Hal ini mengakibatkan banyak karyawan yang mulai panik karena dihantui dengan PHK. Jika Anda terpaksa melakukan PHK, Anda perlu memikirkan orang-orang yang Anda pertahankan. Di bawah ini akan membahas bagaimana Anda mengelola karyawan Anda ketika ada PHK

Lakukan Dengan Penuh Kasih Sayang Dan Empati

Jika Anda terpaksa untuk melakukan PHK, Anda perlu melakukannya dengan penuh empati. Anda perlu mengingat bahwa apa yang Anda lakukan akan membuat kesan kepada perusahaan Anda dan mempengaruhi employer brand Anda. Jadi sebaiknya Anda melakukannya dengan hati-hati. Jangan memberikan semangat yang tidak mengedepankan empati kepada karyawan yang masih bertahan. Alasannya karena mereka masih merasakan kehilangan rekan kerjanya. Cukup berikan semangat kepada mereka bahwa perusahaan masih membutuhkan kontribusi mereka yang bertahan.

Berkomunikasi Dengan Jelas

Setiap komunikasi mengenai perubahan dalam pekerjaan seseorang seperti pengurangan jam, cuti atau PHK penting bagi karyawan di tengah pandemi ini. Alasannya sudah banyak pekerja yang terkena PHK sehingga membuat mereka khawatir. Jika Anda dapat memberikan ketenangan dan komunikasi yang jelas maka orang-orang Anda akan merasa tenang. Kejujuran dan konsistensi akan membuat pekerja tetap terlibat. Ketika Anda berkomunikasi dengan jujur, pekerja akan dapat memercayai Anda dan tetap setia dengan perusahaan di masa krisis ini. Sekali lagi, Anda harus berkomunikasi dengan pekerja Anda sejak awal bahwa akan ada kemungkinan mereka diberhentikan dari pekerjaan. Komunikasikan juga bahwa Anda akan mendukung dan membantu mereka bangkit kembali dengan memberikan rekomendasi kepada mereka ke perusahaan lain atau memastikan mereka mendapatkan tunjangan.

Jadilah Manusia

Dalam proses PHK, cobalah untuk memberikan waktu yang cukup untuk percakapan satu lawan satu. Berikan waktu kepada karyawan Anda untuk mengemas barang-barang mereka dan mengucapkan selamat tinggal kepada rekan-rekannya. Dengan memberikan waktu ini akan membantu mereka untuk cepat bangkit dan menatap masa depan.

Investasikan Dalam Keterlibatan dan Semangat Kerja Karyawan

Anda dan para manajer harus dapat menginspirasi atau memberi kan motivasi yang positif karena karyawan Anda pasti khawatir akan kehilangan pekerjaan mereka. Hal ini sangat mempengaruhi kinerja dan produktivitas mereka. Inilah sebabnya mereka membutuhkan sumber positif dari manajer dan Anda. Bersatu dalam masa krisis seperti ini merupakan bukti bahwa yang kita adalah manusia.

Jika Anda memang terpaksa melakukan PHK, Anda harus tetap menyampaikannya dengan cara yang baik. Melalui artikel Menyampaikan Berita Buruk (PHK) Dengan Baik Anda akan mengetahui bagaimana menyampaikan berita burutk itu terlihat baik. Ketika masa pandemi ini berhakhir dan Anda membutuhkan sumber daya manusia yang baru Anda dapat menggunakan Urbanhire, platform perekrutan dengan Applicant Tracking System (ATS) yang dapat membantu Anda dalam proses perekrutan menjadi lebih efisien.