Urbanhire Jobseeker

Mengelola Karyawan Yang Memiliki Anak Saat WFH

25

Jun 2020

Urbanhire – Pandemi Corona telah memaksa perusahaan untuk menjalankan sistem kerja dari rumah. Dan para karyawan yang memiliki anak pasti akan mengalami tekanan yang berlipat. Sebagai karyawan, mereka harus memenuhi kewajiban sebagai karyawan dan sebagai orang tua di rumah harus siap memberikan pendampingan kepada anak ketika belajar dari rumah. Anda sebagai praktisi HR harus memikirkan situasi ini. Lalu bagaimana caranya Anda mengelola karyawan yang memiliki anak saat WFH?

Komunikasi Yang Jelas

Kunci utama dalam mengelola seluruh karyawan WFH adalah komunikasi yang jelas termasuk karyawan yang memiliki anak ketika anak mereka juga tidak belajar di sekolah. Jadilah proaktif dan rencanakan jadwal untuk berdiskusi tentang apa yang akan karyawan Anda kerjakan atau hambatan apa yang mereka alami. Dengan bersikap transparan dan sering berkomunikasi, Anda dapat membantu karyawan Anda untuk berhasil menjalankan pekerjaan mereka senyaman mungkin selama WFH

Jadwal Yang Fleksibel

Cara kedua agar Anda berhasil mengelola karyawan yang memiliki anak saat WFH adalah dengan memberikan jadwal yang fleksibel. Alasannya karena anak-anak mereka tidak masuk sekolah dan diganti dengan proses belajar secara virtual. Karyawan Anda yang memiliki anak mungkin perlu menyesuaikan jam kerja ketika harus mendampingi anak mereka belajar. Jika karyawan Anda membutuhkan makan siang yang lebih lama atau tidak dapat mulai bekerja hingga pukul 10 pagi karena mereka mengasuh anak-anak mereka, izinkan mereka mengubah jadwal mereka. Memberi karyawan Anda kemampuan untuk bekerja dengan jam kerja yang fleksibel dapat mengurangi tingkat stres mereka dan meningkatkan produktivitas mereka.

Menyediakan Bantuan Yang Tepat

Anda berhasil mengelola karyawan yang memiliki anak saat WFH adalah dengan menyediakan bantuan yang tepat untuk karyawan Anda khususnya yang memiliki anak. Untuk membantu karyawan Anda menghadapi pandemi ini, Anda dapat memberi mereka berbagai bantuan. Misalnya, kirimkan artikel bermanfaat kepada karyawan Anda, seperti cara berkomunikasi dengan anak ketika sedang WFH dan cara memberikan dukungan kepada anak selama krisis corona, atau memberi tahu mereka tentang layanan kesehatan untuk mereka dan anak-anak mereka. Untuk kesehatan mental karyawan sendiri, Anda juga dapat memberi bantuan kesehatan seperti terapi kelompok virtual, sesi meditasi virtual, atau artikel yang berhubungan dengan mengurangi stres.

Setelah Anda mampu mengelola karyawan yang memiliki anak saat WFH secara optimal, Anda bisa memberikan program kebugaran untuk karyawan Anda ketika WFH. Anda dapat membaca artikel “Cara Mudah Untuk Program Kebugaran Saat WFH” untuk mengetahui secara detailnya. Tidak lupa juga kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Online Assessment.