Urbanhire Jobseeker

Mengelola Tim Saat Work From Home

20

Mar 2020

Urbanhire – Pemerintah telah menganjurkan perusahaan untuk melakukan work from home setelah banyaknya kasus infeksi virus COVID-19 di Indonesia. Untuk perusahaan yang tidak biasa dengan sistem kerja work from home atau remote ini akan menjadi sebuah tantangan besar.

Mengelola tim saat work from home mengharuskan Anda untuk menggunakan serangkaian keterampilan yang berbeda-beda. Dalam mengelola tim saat remote tidak hanya tentang pengecekan pekerjaan karyawan Anda. Melainkan bagaimana tim Anda tetap produktif dan komunikasi tetap berjalan. Berikut beberapa cara untuk Anda mengelola tim yang sedang work from home.

Rutin Melakukan Pertemuan

Sebaiknya Anda menghindari untuk melakuakn pertemuan atau meeting personal ketika kantor Anda menerapkan work from home. Alasannya adalah untuk membangun rasa kebersamaan, struktur dan kerangka kerja. Untuk itu Anda harus melakukan pertemuan atau meeting secara rutin dengan seluruh tim yang Anda kelola.

Gunakan Platform Yang Membantu Anda Berkolaborasi

Banyak sekali platfrom yang dapat membantu Anda dan tim untuk bekerja secara kolaborasi. Platform ini membantu karyawan Anda yang sedang work from home merasa seolah-olah mereka berada dalam pengerjaan proyek di kantor dengan pembahasan dan bebeas bertukar pikiran tentang proyek tersebut. Dan dengan cara ini juga dapat menjaga alur kerja karyawan Anda tetap seperti biasanya.

Manfaatkan Kamera Laptop/PC Anda

Anda dapat memanfaatkan kamera yang berada di laptop atau PC Anda dan karyawan Anda ketika work from home. Mungkin Anda bisa membuat kebijakan untuk menyalakan kamera video setiap beberapa jam untuk dapat mengontrol karyawan Anda. Dengan demikian Anda bisa mengetahui apa yang sedang karyawan Anda lakukan. Tapi dengan catatan bahwa Anda dan karyawan Anda memiliki jaringan internet yang stabil

Jadwalkan Waktu Bersenang-Senang 

Memang work from home menjadi sangat menantang ketika Anda ingin mengadakan acara untuk mendekatkan sesama karyawan. Meskipun bekerja secara remote Anda masih bisa mengadakan acara ramah tamah. Di dunia modern saat ini, ada banyak cara untuk tetap terhubung. Anda bisa menggunakan platform yang biasa Anda gunakan. Beberapa ide yang mungkin bisa Anda gunakan adalah acara Friday Night dimana Anda bisa membuat forum yang membahas kelucuan-kelucuan setiap karyawan.

Memang dibutuhkan sedikit kerja ekstra untuk tetap terhubung saat Anda melakukan work from home, tetapi dengan kedisiplinan dan kreativitas, Anda dapat mempertahankan produktivitas dan semangat kerja tinggi perusahaan Anda.

Bekerja secara remote memang sangat menarik untuk karyawan namun sistem ini dapat memutus hubungan antara perusahaan dan pegawainya. Anda sebagai praktisi HR atau yang berwenang di dalam perusahaan, Anda harus memikirkan rencana atau strategi bagaimana “merangkul” atau melibatkan pekerja remote. Dalam artikel “Strategi Yang Efektif Untuk “Merangkul” Pekerja Remote” akan memberikan wawasan utnuk strategi “merangkul”/melibatkan mereka.

Kebijakan kerja remote ini memiliki keuntungan untuk sebuah perusahaan dan untuk karyawan sendiri. Keuntungan untuk perusahaan adalah meningkatkan keberagaman perusahaan Anda. Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan sebuah Applicant Tracking System dapat membantu Anda untuk menemukan kandidat yang berkualitas untuk mengisi tim remote Anda  melalui fitur Pre-Assessment Questions.