Urbanhire Jobseeker

Mengenal Masa Depan Perekrutan Dalam Praktek Perekrutan Modern

4

Sep 2019

Urbanhire – Sebelum mengenal masa depan perekrutan dalam praktek perekrutan modern, Apakah Anda memiliki sebuah bisnis startup atau memiliki perusahaan yang saat ini tidak berkembang dan nyaris gagal? Untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis memang memerlukan orang-orang yang tepat untuk masuk ke dalam perusahaan dan membuatnya berkembang. Memang banyak faktor yang menyebabkan sebuah perusahaan tidak berkembang.

Statistik menyatakan, kegagalan bisnis startup dikarenakan dengan kurangnya dana perusahaan(29%), kurangnya kebutuhan pasar (42%), dan tidak memiliki tim sukses yang tepat (23%). Maka dari itu, perekrutan kandidat menjadi faktor yang paling penting untuk menjalankan bisnis Startup Anda. Dengan adanya tim sukses seperti pembentukan tim perekrutan yang kuat akan membantu proses perekrutan bisnis Anda.

Dalam artikel ini, akan membahas tentang praktek perekrutan modern yang harus Anda ketahui untuk mengembangkan rencana perekrutan bisnis Anda. Dengan perekrutan ulang, maka terbentuknya tim dan kandidat baru akan membuat bisnis Anda berkembang dan sukses. Seiring canggihnya teknologi, model dan pola bisnis harus berubah sesuai dengan perkembangan jaman.

Jadi, apa saja yang Anda perlukan modern? Ada tiga sarana perekrutan modern yang perlu Anda pakai untuk bisnis Anda. Sebelum itu, faktor apa sajakah yang menyebabkan kegagalan dalam perekrutan?

Kurangnya Ahli Yang Berpengalaman

Untuk memulai perusahaan rintisan butuh perhatian dan fokus yang maksimal. Bagaimana tidak, dibutuhkan beberapa orang yang tepat untuk pekerjaan yang akan merekrut para kandidat untuk memajukan sebuah bisnis startup nantinya

Sebagai pendiri perusahaan dengan kapasitas small or medium-sized enterprise (SME) atau yang dikenal dengan usaha kecil dan menengah (UKM), sebaiknya membentuk tim dengan beranggotakan orang-orang yang ahli. Para ahli tersebut sebaiknya sangat berpengalaman dalam bidang perekrutan modern. Sebab, perekrutan dengan cara biasa sudah ketinggalan jaman seiring perkembangan teknologi.

Perekrutan Yang Buruk

Jika tidak adanya orang yang benar-benar tepat untuk merekrut calon kandidat, maka yang Anda dapatkan adalah perekrutan yang buruk dan bisnis yang gagal. Sebaliknya, perekrutan yang sukses dibutuhkan kekompakan dari para ahli. Tak hanya itu, dengan penggunaan sarana perekrutan modern dapat membantu mempekerjakan kandidat yang tepat.

Minimnya Data Anggaran

Perencanaan perekrutan merupakan salah satu strategi perekrutan. Anggaran perekrutan adalah yang terpenting. Jika kurangnya data mengenai anggaran, maka jangan berharap semua yang ada hubungannya dengan perekrutan akan berjalan sesuai rencana.

Jika menggunakan salah satu perangkat lunak atau platform perekrutan modern, akan sangat membantu bisnis Anda dalam hal menginput data dan mengatur proses perekrutan secara maksimal. Dengan kata lain, Anda membutuhkan wawasan yang luas untuk perkembangan bisnismu nanti

Berikut tiga sarana perekrutan modern yang sering dipakai perusahaan dalam praktek perekrutan modern:

Iklan Perekrutan Yang Ditargetkan

Agar bekerja maksimal, iklan perekrutan yang ditargetkan harus mulus, menghemat waktu, dan menciptakan peluang bagi perusahaan perekrutan dan pencari kerja. Perangkat lunak atau platform perekrutan modern dapat membantu menargetkan kandidat terbaik untuk bisnis Anda. Dengan bantuan sarana perekrutan modern akan menempatkan iklan perekrutan Anda paling depan dengan jangkauan kepada orang yang tepat dengan keterampilan dan pengalaman yang tepat. Tentu saja ini semua akan berjalan baik jika Anda menggunakan kata kunci yang tepat, deskripsi pekerjaan, dan detail pada iklan.

Menggunakan Applicant Tracking System

Applicant Tracking System atau yang sering disebut ATS dinilai mampu mengidentifikasi dan merekrut kandidat yang berkualitas. Beberapa yang Anda dapatkan adalah digitalisasi dan sentralisasi semua informasi serta data-data yang berkaitkan dengan kandidat dalam satu platform. Selain digitalisasi Anda akan mendapatkan beberapa manfaat berupa percepatan waktu dalam mengurus administrasi, menyaring CV dengan lebih cepat dan lebih baik, memfasiltasi perekrutan kolaboratif (manajemen perekrutan dapat membagikan catatan dan peringkat pada setiap kandidat), meningkatkan kualitas perekrutan, mempercepat siklus perekrutan, meningkatkan citra perusahaan dan meningkatkan pengalaman calon karyawan.

Search Engine Optimization (SEO)

Anda pasti sudah mengenal apa itu SEO atau search engine optimization. Nah, SEO juga berperan sangat penting untuk menjangkau lebih banyak kandidat dalam proses pengiklananperekrutan bisnis Anda. Buatlah iklan perekrutan yang menarik dengan mengoptimalisasi SEO bisnis Anda.

Dengan tiga hal tersebut , secara otomatis volume dan kualitas trafik iklan Anda akan berada pada halaman pertama Google Search atau mesin pencari yang lainnya. Tak kalah pentingnya, media sosial juga dapat meningkatkan aktivitas SEO Anda. Yang populer seperti Facebook, Instagram dan masih banyak lagi akan membantu untuk menarik perhatian kandidat ke profil bisnis Anda. Maka dari itu, sudah seharusnya bisnis startup Anda bergerak ke arah perekrutan modern.

Karena di tahun 2019 ini banyak perusahaan bersaing untuk memilih kandidat yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Karena persaingan dunia bisnis yang kompetitif, banyak perusahaan melakukan praktek perekrutan modern untuk menarik perhatian kandidat terbaik dan juga mengantisipasi kegagalan dalam berbisnis, terutama bisnis startup.

Tidak diragukan lagi, Anda akan menghemat anggaran dengan pemakaian sarana perekrutan modern seperti ATS, SEO, dll. Selebihnya lagi, Anda juga harus menemukan orang-orang yang tepat yang bisa membantu dalam mengembangkan bisnis di masa depan. Karena hal-hal seperti proses perekrutan yang buruk, minimnya data dan kurangnya ahli yang berpengalaman dapat merusak bisnis Anda dalam sekejap. Ikutilah perkembangan di dalam dunia perekrutan. Praktek perekrutan modern akan meningkatkan kualitas bisnis Anda untuk bersaing dalam perkembangan dunia bisnis saat ini.

Urbanhire merupakan salah satu platform perekrutan di Indonesia yang memiliki ATS sendiri. Dengan Urbanhire, proses perekrutan akan sangat membantu Anda dan menjadikan proses perekrutan lebih efisien