Urbanhire Jobseeker

Menyampaikan Berita Buruk (PHK) Dengan Baik

1

May 2020

Urbanhire – Di masa seperti ini, tugas HR sangatlah berat. HR harus bisa menyampaikan berita buruk seperti PHK, selain harus melindungi perusahaan dari Virus Corona. Memang saat ini banyak sekali perusahaan yang melakukan PHK kepada karyawannya karena sulitnya perekonomian saat ini akibat pandemi Virus Corona. Jika saat ini perusahaan Anda sedang mengalami masa sulit dan harus melakukan PHK, sebaiknya Anda memperhatikan cara ini ketika menyampaikan kabar buruk tersebut.

Fokus Kepada Transparansi

Sampaikan secara jelas alasan kenapa Anda melakukan PHK ini kepada karyawan Anda yang terkena PHK. Sebaiknya Anda sampaikan secara personal dan berikan apresiasi melalui ucapan karena sudah berkontribusi untuk perusahaan. Transparansi ini sangat membantu untuk mendapatkan pengertian karyawan Anda yang terkena PHK meskipun tidak bisa dipungkiri kalau mereka memiliki rasa kecewa dan kesal kepada Anda. Namun setidaknya mereka mengetahui dengan pasti kenapa perusahaan melakukan PHK.

Fokus Ke Tahap Selanjutnya

Setelah Anda memberikan informasi secara jelas dan transparan, langkah kedua adalah Anda harus fokus ke tahap selanjutnya, yaitu memberikan imbalan atau penghargaan karena sudah berkontribusi terhadap perusahaan. Hal ini akan membantu karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja sedikit tenang dan dapat merencanakan rencana mereka kedepannya. Tidak lupa berikan bantuan berupa rekomendasi kepada karyawan Anda bila suatu saat karyawan Anda mendapatkan panggilan kerja. Cara ini juga akan sedikit menenangkan mereka dan menjauhkan mereka dari stres.

Bahas Perfoma Karyawan Anda

Langkah terakhir agar dapat menyampaikan berita buruk ini dengan baik adalah dengan membahas performa karyawan Anda yang terkena pemutusan hubungan kerja. Anda diharapkan menggunakan kalimat-kalimat positif ketika membahas performa kerja karyawan Anda yang terkena pengurangan. Namu Anda perlu menekankan bahwa penyebab utama dari pengurangan ini adalah karena keadaan ekonomi yang tidak menentu akibat Virus CoronaSebelum Anda memberikan berita buruk ini, kami sarangkan Anda untuk membaca artikel tentang strategi yang perlu dicoba sebelum merumahkan karyawan. Dengan membaca ini diharapkan Anda tidak memilih PHK untuk menyelamatkan perusahaan Anda. Kami sarankan juga untuk Anda agar menggunakan Urbanhire, platform perekrutan dengan Applicant Tracking System (ATS) yang dapat membantu Anda dalam proses perekrutan