Urbanhire Jobseeker

Menyeimbangkan Kecepatan Dan Kualitas Perekrutan

19

Feb 2020

Urbanhire – Mendapatkan karyawan yang berkualitas memang membutuhkan kecepatan dan kualitas. Hal ini sering membuat para HR sedikit kewalahan. Panjangnya proses perekrutan untuk mendapatkan perekrutan yang berkualitas tidak jarang juga menyedot dana yang besar. Karena hal ini lah banyak perusahaan yang sering mempersingkat proses perekrutan namun berdampak terhadap kualitas perekrutan. Proses perekrutan yang cepat ini biasanya dilakukan untuk mengisi posisi yang ingin cepat terisi. Namun cara ini hanya efektif untuk jangka pendek, sedangkan untuk jangka panjang seperti ingin membangun organisasi dan retensi tidaklah efektif.

Kokohnya pondasi sebuah perusahaan tergantung dari kualitas perekrutannya. Mendapatkan kandidat berkualitas tinggi membutuhkan dedikasi dan meneliti tentang masa lalu kandidat. Dengan mendapatkan informasi yang Anda dapat dari penelitian tersebut, Anda dapat menentukan potensi apa yang dapat membuat perusahaan Anda maju di masa depan. Disinilah Anda harus menerapkan dan melihat matrik “time to hire”. Untuk itu dalam artikel ini akan membahas bagaimana menyeimbangkan kecepatan dan kualitas saat perekrutan.

Manfaatkan Peralatan Baru

Di era teknologi ini, sangatlah mudah untuk menemukan teknologi atau alat yang dapat memudahkan Anda saat melakukan perekrutan. Seperti fitur dari Urbanhire, Anda dapat menggunakan online pre assessment test untuk menyaring kandidat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan teknologi, Anda akan mempersingkat waktu perekrutan Anda namun tetap mendapatkan kualitas yang tinggi sehingga Anda memiliki kecepatan dan kualitas dalam perekrutan.

Tinggalkan Hal Yang Tidak Dibutuhkan

Anda harus dapat meninggalkan hal yang tidak dibutuhkan saat proses perekrutan. Dengan cara ini Anda memiliki waktu untuk mencari dan meneliti latar belakang kandidat Anda. Anda bisa mencarinya di mesin pencarian tentang kandidat Anda. Hubungi perusahaan kandidat sebelumnya untuk mendapatkan informasi yang lebih. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan kandidat yang berkualitas dengan proses perekrutan yang singkat.

Persempit Pendekatan Anda

Banyak kandidat yang mengharapkan mendapat pesan personal dari Anda. Dengan memberikan pesan secara personal akan menyita banyak waktu. Anda dapat mempercepat waktu Anda untuk merekrut dan meningkatkan kualitas kandidat dengan membuat template atau format pesan yang konsisten, relevan, dan berharga. Anggap kandidat seperti pelanggan, semakin cepat Anda dapat menyesuaikan penawaran Anda dengan keinginan mereka, semakin cepat Anda dapat membawanya bergabung ke perusahaan Anda.

Untuk mempercepat perekrutan, Anda perlu memiliki tim perekrutan yang berkualitas, melalui artikel “Saatnya Membangun Tim Perekrutan yang Anda Impikan” Anda akan mendapatkan wawasan bagaimana membangun tim yang berkualitas. Selain itu Urbanhire, sebagai platform perekrutan dengan Applicant Tracking System (ATS) mengadakan sebuah acara tentang membangun tim perekrutan yang terbaik untuk perusahaan Anda dengan judul Urbanhire 101 x Peopleshift present: Building Unshakeable Hiring Team. Acara ini akan diadakan pada tanggal 25 Februari 2020, pukul 14.00 WIB yang berlokasi di Innovation Factory level 45, Wisma 46 Kota BNI dengan pembicara Dr. Arief Munandar sebagai Founder at Peopleshift dan Yuniandari Hendryana sebagai Head of Customer Success at Urbanhire. Acara ini GRATIS untuk Anda yang menggeluti profesi HR. Segera registrasi di http://bit.ly/uh101xps karena kursi terbatas.