Urbanhire Jobseeker

Merancang Onboarding Yang Menarik

23

Dec 2019

Urbanhire – Merancang onboarding yang menarik akan menghasilkan program yang menarik pula. Dan pasti Anda setuju jika onboarding yang baik dapat memberikan kesan kepada Anda. Jika Anda ingin memberikan kesan yang baik kepada karyawan baru, Anda harus dapat merancang onboarding yang menarik dan menyenangkan. Dengan kesan baik yang ditinggalkan oleh Anda, karyawan akan merasa tenang dan nyaman kedepannya dalam bekerja. Mereka akan merasa karyawan benar-benar diperhatikan. Lalu bagaimana caranya untuk merancang onboarding jadi menarik dan menyenangkan?

Lebih Berasa Kunjungan Secara Langsung

Secara umum, menampilkan foto dan video dapat menggambarkan keadaan secara keseluruhan dan mempersingkat waktu saat Anda melakukan program onboarding. Namun cara melaksanakan onboarding seperti itu sangat tidak menyenangkan dan kurang efektif. untuk merancang onboarding menjadi menarik dan menyenangkan, sebaiknya Anda mengajak karyawan baru Anda berkeliling secara langsung. Dan melalui kegiatan ini Anda bisa berinteraksi secara langsung.

Permainan Dapat Menjadi Alat Yang Bernilai

Permainan dalam onboarding atau pelatihan bisa sangat bernilai. Dengan memberikan selipat permainan akan membuat program onboarding Anda menjadi menarik dan menyenangkan. Anda bisa membuat permainan yang berhubungan dengan program onboarding Anda. Misalnya saat hari pertama, Anda ingin mengenalkan kantor dan ruangan-ruangan perusahaan. Anda bisa membuat permainan berupa teka teki untuk karyawan Anda harus menuju ke mana.

Menggabungkan Media Pembelajaran Akan Lebih Menarik

Tidak ada aturan atau standar khusus bahwa program onboarding harus dilakukan di ruangan tertutup atau seperti kelas pembelajaran. Tetapi tidak ada peraturan juga bahwa onboarding tidak boleh berisikan materi pembelajaran yang berkaitan dengan pekerjaan. Agar onboarding menjadi menarik dan menyenangkan, Anda dapat membuat webinar atau podcast secara berkala untuk materi onboarding Anda. Format webinar atau podcast bisa Anda buat lebih menyenangkan. Mungkin Anda bisa mengundang karyawan baru sebagai narasumber atau karyawan baru yang telah menyelesaikan onboardingnya. Gali potensi dari para karyawan baru untuk membuat konten Anda.

Onboarding sebenarnya kesempatan Anda untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada karyawan baru. Tujuannya adalah karyawan baru tersebut merasa bahwa pilihannya tepat untuk bekerja di perusahaan Anda. Untuk itu buatlah kesan pertama Anda melalui program onboarding yang menarik dan menyenangkan

Membuat kesan pertama yang baik merupakan salah satu cara membangun employer branding untuk perusahaan. Dengan employer branding yang bagus, akan memudahkan Anda untuk menarik perhatian para kandidat. Ada berbagai cara untuk membangun employer branding untuk menarik dan mempertahankan kandidat terbaik. Anda bisa mengambil contoh melalui artikel “Cara Membangun Employer Brandingjika Anda ingin membangun employer branding untuk perusahaan Anda.

Urbanhire sebagai platform perekrutan yang memiliki Applicant Tracking System memiliki fitur Career Page yang dapat membantu Anda membangun employer branding Anda. Selain itu career page yang akan Anda gunakan dapat Anda atur dan desain sesuai keinginan serta kebutuhan Anda.