Urbanhire Jobseeker

Merekrut Dan Mempekerjakan Disabilitas

11

Nov 2019

Urbanhire – Mempekerjakan kandidat yang memiliki kebutuhan khusus seperti disabilitas, memungkinkan Anda memperoleh talenta yang terbaik untuk perusahaan Anda dan juga menciptakan budaya perusahaan yang beragam. Dan yang akan di bahas pada kesempatan kali ini adalah mengenai merekrut dan mempekerjakan disabilitas. Untuk bisa mendapatkan talenta tersebut tentu saja membutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Namun yang perlu Anda ketahui adalah meskipun mereka berkebutuhan khusus, banyak dari mereka yang memiliki bakat dan keahlian yang sangat luar biasa. Dan berikut adalah beberapa hal utama yang harus Anda lakukan untuk merekrut penyandang disabilitas:

Penekanan Pada Budaya Perusahaan

Untuk bisa merekrut dan mempekerjakan disabilitas serta mempertahankannya di dalam industri Anda, maka Anda perlu melihat lebih dari gaji yang dibayar. Sekarang ini karyawan melihat untuk bergabung di sebuah perusahaan mereka melihat dari budaya perusahaannya  dimana mereka tahu jika mereka nantinya akan dihormati dan juga dihargai atas kerja keras dan juga kontribusi mereka. Hal tersebut berlaku untuk semua kelompok karyawan, termasuk untuk penyandang disabilitas. Tetapi untuk bisa menarik kelompok tersebut secara khusus, maka Anda juga sangat perlu untuk membangun sebuah budaya perusahaan yang lebih jauh.

Fokus dengan kepemimpinan empatik

Mengingat orang – orang penyandang disabilitas berada di bawah resiko tinggi atas pelecehan dan diskriminasi di tempat kerja, maka Anda juga perlu untuk menyambut karyawan tersebut dengan baik. Sehingga mereka pun juga akan memberikan kontribusi yang lebih untuk bisnis yang Anda jalankan.

Sesuaikan lingkungan kerja Anda dengan kebutuhan karyawan disabilitas

Anda perlu untuk memupuk budaya perusahaan yang transparan serta saling pengertian. Oleh karena itu Anda bisa mendorong karyawan disabilitas tersebut untuk berbicara dengan Anda dan berbagi umpan balik. Kemudian juga membicarakan apa masalah mereka serta mencarikan solusi atau bantuan.

Membangun budaya perusahaan yang empatik akan berdampak pada strategi rekrutmen

Untuk saat ini mungkin saja Anda bertanya dengan diri sendiri apa yang harus dilakukan dengan menerapkan strategi inklusi dan juga keanekaragaman dengan merekrut karyawan penyandang disabilitas. Hal tersebut lebih terkait dengan meningkatkan moral karyawan serta mempertahankan karyawan yang ada.

Menemukan Talenta Terbaik Di Industri

Jika Anda ingin mencari kandidat pasif untuk mempekerjakan disabilitas alangkah baiknya untuk sekarang ini Anda bekerja sama dengan layanan ketenagakerjaan disabilitas. Karena para penyandang disabilitas mendaftarkan diri dengan menggunakan layanan ketenagakerjaan disabilitas tersebut untuk mencari pelatihan dan juga panduan yang dibutuhkan di dalam mendapatkan jalur karir yang ideal untuk mereka. Anda bisa memanfaatkan penyedia layanan tersebut untuk bisa terhubung dengan para karyawan potensial yang tepat untuk peran tertentu pada perusahaan serta mengenal individu sebelum melakukan wawancara.

Mempersiapkan Wawancara Dengan Penyandang Disabilitas

Tanpa ragu, Anda perlu untuk mempersiapkan wawancara dengan meneliti semua hal jika ingin merekrut dan mempekerjakan disabilitas. Selain itu juga bertanya apakah terdapat cara lain untuk bisa menyesuaikan proses dengan kebutuhan mereka. Karena diantara banyak langkah yang perlu untuk Anda pertimbangkan, pikirkan beberapa pertanyaan sederhana. Contohnya saja seperti aksesibilitas kantor serta gedung, kemudian apakah mereka membutuhkan staf pendukung khusus untuk bisa menemani mereka di dalam wawancara serta jika Anda bisa melakukan apapun untuk membuat pengalaman yang menyenangkan.

Berpikiran Terbuka Dan Fokus Pada Nilai

Selain itu pada saat merekrut dan mempekerjakan disabilitas, maka sangat penting untuk Anda bisa membuat pola pikir yang lebih terbuka serta melihat potensial kandidat disabilitas Anda untuk bisa mengidentifikasi dan potensial individu yang bisa membantu untuk mendorong perusahaan Anda maju secara keseluruhan. Untuk penekanannya sendiri adalah Sejauh mana kandidat tersebut mampu memberikan kontribusi jangka panjang untuk perusahaan.

Jika Anda berniat untuk merekrut dan mempekerjakan disabilitas alangkah baiknya Anda menyiapkan tim rekrutmen Anda. Alangkah baiknya Anda untuk membaca artikel “Membangun Tim Perekrutan yang Anda Impikan” sebelum Anda membangunnya.

Urbanhire sebagai Recruitment Platform yang memiliki Applicant Tracking System (ATS) dengan fitur Collaborative Team Hiring yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah proses perekrutan di perusahaan Anda bersama dengan tim HR Anda.