Urbanhire Jobseeker

Panduan Membuat Tunjangan Yang Terbaik

2

Dec 2019

Urbanhire – Tunjangan yang terbaik untuk karyawan merupakan salah satu daya tarik yang menarik untuk para pelamar kerja. Dari tunjangan yang ringan seperti tunjangan makanan ringan dan bermain dapat membuat pelamar kerja tertarik dengan perusahaan Anda.

Di dalam artikel ini akan membahas panduan untuk membuat tunjangan yang terbaik. Pembahasan akan dimulai dari tunjangan dasar untuk karyawan, jenis tunjangan untuk karyawan dan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh para karyawan. Jika Anda ingin membuat tunjangan yang efektif atau meningkatkan daya tarik perusahaan Anda, sangatlah tepat untuk membacanya.

Apa itu Tunjangan Karyawan?

Sebelum membahas lebih dalam tentang membuat tunjangan yang terbaik, Anda harus tahu tentang definisi tunjangan karyawan itu. Tunjangan karyawan adalah segala bentuk kompensasin yang diberikan kepada karyawan selain dari gaji pokoknya.

Dari definisi diatas segala hal yang diluar dari gaji pokok adalah sebuah tunjangan.

Kenapa Perusahaan Menawarkan Tunjangan?

Merencanakan atau membuat tunjangan yang terbaik sangatlah menguras waktu bagi kalangan praktisi HR. Meski begitu, ada alasan bagus dibalik itu semua yaitu salah satu faktor utama untuk meningkatkan ikatan kepada karyawan dan strategi retensi yang mendasar serta untuk menjadi faktor daya tarik sebuah perusahaan.

Selain gaji, tunjangan menjadi salah satu faktor utama para kandidat untuk memilih sebuah pekerjaan. Dalam hal ini, menawarkan dan menyebutkan tunjangan di iklan lowongan pekerjaan merupakan langkah yang bagus untuk meningkatkan employer branding perusahaan Anda

Tipe Tunjangan Yang Umum

Tunjangan yang umum adalah tunjangan yang pasti diberikan oleh perusahaan dan pasti ditemukan di perusahaan lainnya. Banyak perusahaan yang memberikan tunjangan berupa asuransi, rencana pensiun, kompenasi tambahan, tunjangan cuti berbayar. 

Asuransi, kategori tunjangan yang difokuskan kepada tunjangan kesehatan (mata, gigi dan pengobatan). Menawarkan tunjangan asurnasi kesehatan atau semacam tunjangan pengobatan lainnya sudah diwajibkan pemerintah untuk sebuah perusahaan. Tunjangan pensiun ditunjukan kepada karyawan agar mereka lebih aman dan tenang saat mereka pensiun nantinya. Pemberian tunjangan pensiun karyawan bisa Anda baca pada artikel “Bagaimana Membuat Rencana Tunjangan Pensiun?”. Tunjangan cuti berbayar masih sangat jarang ditemukan di Indonesia, namun di luar negeri khususnya Eropa, tunjangan ini sudah menjadi kewajiban bagi sebuah perusahaan, dimana karyawannya yang sedang cuti atau berlibur mendapatkan upah.

Penambahan Kompensasi

Tunjangan ini biasanya diberikan berupa sejumlah uang yang diberikan ketika gajian. Tunjangan ini bisa berupa bonus, penghargaan/hadia atau profit sharing. Bonus bisa Anda berikan berdasarkan pencapaian target penjualan atau performa yang mampu meningkatkan produktivitas perusahaan. Tunjangan kompensasi biasanya ditujukan untuk meningkatkan motivasi karyawan agar dapat lebih produktif dan meningkatkan kualitas kerja yang lebih baik.

Tunjangan Yang Umum Dan Bagus Untuk Karyawan

Dari pembahasan di atas, ada beberapa tunjangan yang umum dan sering digunakan oleh perusahaan. Contoh tunjangan ini agar Anda dapat membuat tunjangan yang terbaik untuk karyawan Anda. Tunjangan tersebut diantaranya

  • Kesehatan (asuransi kesehatan: perawatan/pengobatan, mata dan gigi)
  • Rencana pensiun
  • Pelatihan dan pengembangan
  • Pembagian saham
  • Kerja remote
  • Snack dan makanan
  • Bonus
  • Fasilitas kantor
  • Penambahan hari cuti

Untuk menentukan tunjangan yang tepat untuk karyawan Anda adalah melakukan survey atau mengadopsi dari berbagai perusahaan.

Membuat tunjangan yang baik untuk karyawan Anda sangat berhubungan dengan employer branding. Dengan membuat tunjangan yang baik akan membuat perusahaan Anda lebih menarik dari perusahaan lainnya sehingga ini akan berpengaruh kepada employer branding perusahaan Anda. Di dalam artikel “Cara HR Membangun “Employer Branding” untuk Menarik dan Mempertahankan Kandidat Terbaik” Anda akan mendapatkan wawasan bagaimana membangun employer branding untuk perusahaan Anda. Urbanhire, platform perekrutan dengan Applicant Tracking System (ATS) memiliki sebuah fitur yang dapat meningkatkan employer branding perusahaan Anda yaitu fitur career site.