Urbanhire Jobseeker

Pengembangan Karyawan Di Tengah Pandemi

15

May 2020

Urbanhire – Ketika masa physical distancing dan WFH, pengembangan karyawan menjadi salah satu tantangan baru untuk para HR. Banyak agenda-agenda perusahaan yang terganggu dan ditunda sehingga perlu strategi baru untuk menjalankan agenda tersebut. Tidak terkecuali agenda pengembangan atau pelatihan untuk karyawan Anda. Namun sebenarnya keadaan saat ini tidak menghalangi Anda untuk tetap menjalankan program pengembangan karyawan. Caranya dengan memberikan secara online. Lalu bagaimana pelatihan online ini berjalan dengan baik dan efektif?

Atasan Ikut Berpartisipasi

Langkah pertama agar program pengembangan karyawan berjalan dengan baik dan efektif adalah dengan melibatkan para atasan termasuk CEO. Dengan melibatkan mereka, karyawan Anda akan menjadi lebih antusias karena langsung mendapatkan ilmu dari atasan bahkan CEO mereka. Dan selain itu karena para atasan ini terlibat langusng akan membantu meningkatkan keterlibatan dan menyelaraskan setiap karyawan.

Baca Juga: Bagaimana Mendukung Kesehatan Mental Karyawan

Tambahkan Hal-Hal Interaktif

Tantangan memberikan pelatihan online adalah jarak dan keterbatasan interkasi secara langsung. Keterbatasan ini akan berpengaruh terhadap perhatian karyawan Anda. Untuk tetap menarik perhatian karyawan Anda di program pengembangan karyawan sebagiknya Anda menambahkan kegiatan-kegiatan yang bersifat interaktif. Batasi waktu presentasi Anda dengan maksimal 30 menit dan waktu yang tersisa bisa Anda gunakan untuk berinteraksi seperti memberikan praktik pelatihan dan meminta feedback mereka.

Mempertahankan Sentuhan Manusia

Tantangan selanjutnya agar program pengembangan karyawan berjalan dengan baik dan efektif adalah mempertahankan sentuhan sebagai manusia. Jika program Anda ingin berjalan dengan baik dan efektif, Anda harus mempertahankan sentuhan manusia meski terhalang oleh jarak. Anda bisa membuat sesi berdiskusi atau saling tukar konten lucu sehingga membuat karyawan tetap berinteraksi dengan rekan-rekannya.

Itulah tiga langkah agar Anda tetap bisa menjalankan pengembangan karyawan secara efektif dan baik. Ketika pandemi ini Anda juga harus memperhatikan tingkat engagement atau rasa keterikatan karyawan Anda melihat kondisi saat ini para karyawan sedang WFH. Anda dapat membaca artikel “Membuat Karyawan WFH Tetap Terikat Ketika Stres” untuk mendapatkan wawasan strategi untuk membuat karyawan Anda tetap memiliki rasa keterikatan dengan perusahaan. Tidak lupa kami sarankan juga untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Assessment.