Urbanhire Jobseeker

Pentingnya Employee Referral Program untuk Rekrutmen

19

Aug 2019

Blog

Urbanhire – Sebuah perusahaan tidak mempunyai pendukung yang lebih besar daripada karyawan yang memiliki peran untuk mencari bakat dengan kualitas yang tinggi, dan hal tersebut memang sebaiknya jangan diabaikan. Jika dibandingkan beberapa tahun sebelumnya, perekrutan yang mana dihasilkan dari sebuah employee referral program ini menurun karena adanya kebiasaan target dan juga penjangkauan dari media sosial. Dan hal tersebut membuat program tersebut tidak menjadi metode teratas untuk bisa mencari seorang kandidat dengan kualitas yang tinggi. 

Sebenarnya program referensi karyawan ini sendiri memiliki daya tarik tersendiri. Dimana biasanya mereka menarik lebih banyak kandidat yang memang memenuhi syarat dengan jauh lebih hemat biaya. Dengan demikian untuk saat ini metode pencarian karyawan baru dengan metode ini sendiri bisa dibilang cukup efektif. Terlebih lagi tujuannya adalah untuk menunjang strategi dalam mengembangkan sebuah perusahaan. Sebenarnya juga terdapat beberapa alasan yang perlu untuk diketahui mengapa program satu ini sangat penting bagi sebuah perusahaan. Dan berikut adalah beberapa di antaranya:

Dapat Meningkatkan Kualitas Kerja Kandidat dan Karyawan

Yang pertama adalah employee referral program meningkatkan kualitas dari kandidat dan juga karyawan. Di dalam sebuah pasar yang kompetitif, merekrut seorang kandidat dengan kualitas yang bagus secara cepat adalah perbedaan di antara keberhasilan ataupun kegagalan. Dengan memanfaatkan semua jaringan karyawan Anda untuk mencari seorang kandidat yang aktif dan juga pasif, kumpulan dari kandidat Anda jauh lebih luas dan juga beragam tanpa adanya upaya tambahan. Kandidat yang diinginkan nantinya akan membutuhkan beberapa langkah dalam proses rekrutmennya, termasuk dengan penulisan deskripsi pekerjaan, kemudian memposting iklan, pengumpulan resume dan juga penyaringan dari kandidat itu sendiri.

Biasanya di beberapa perusahaan keterampilan khusus memang sangat diminati. Referensi dan juga kampanye khusus akan lebih baik di dalam menarik bakat yang tepat dibandingkan dengan papan pekerjaan maupun metode rekrutmen yang lainnya. Pada saat mencari peran tertentu, maka ada banyak karyawan yang merujuk pada kandidat yang dipikir sudah memenuhi syarat untuk bagian tertentu. Karena rekomendasi mereka mencerminkan sebuah penilaian untuk mereka. Dan perekrut sendiri lebih cenderung melihat peningkatan jumlah dari pelamar yang berkualitas dan tidak hanya biayanya saja yang lebih murah dibandingkan tanpa referensi. Namun juga lebih cepat untuk direkrut serta mengembangkan perusahaan.

Branding Perusahaan Menjadi Fokus Pemasaran Perekrut

Kemudian branding perusahaan merupakan fokus dari pemasaran perekrut. Untuk sekarang ini perekrut dan juga manajer perekrutan mengadakan upaya mereka untuk bisa mempertahankan strategi yang mana berfokus dengan pemasaran di dalam akuisisi bakat mereka. Dimana dengan nilai – nilai dan brand yang didorong sampai garis depan. Pada saat memasarkan merek dari perusahaan ke kandidat, maka perusahaan tidak mempunyai pendukung yang lebih besar dibandingkan karyawan mereka sendiri. Mem-posting di media sosial dan juga promosi positif yang lain bisa menjadi sebuah alat yang efektif untuk mencapai tujuan dari employee referral program.

Sebagai contoh adalah situs website seperti Glassdoor yang menawarkan suatu platform untuk karyawan sekarang ini dan juga masa lalu untuk bisa mengekspresikan pendapat mereka mengenai perusahaan dan juga transparansi secara langsung dapat mempengaruhi keputusan dari kandidat. Hal tersebut diperkuat dengan adanya sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016 lalu, menemukan jika 75 persen pencari kerja mempertimbangkan merek dan juga reputasi dari pemberi kerja. Bahkan sebelum melamar di suatu posisi, dengan demikian sangat penting untuk perusahaan terlibat dengan karyawan mereka serta calon kandidat.

Dapat Mempengaruhi Keterlibatan Karyawan ke Perusahaan

Lalu employee referral program ini juga dapat mempengaruhi keterlibatan dari karyawan. Sebuah organisasi atau perusahaan sering kali menciptakan insentif untuk referensi melalui program referensi karyawan ini yang mana dapat mendorong para karyawan untuk memikirkan dan juga menekankan beberapa hal posisitf yang membuatnya menjadi layak untuk bekerja dan juga meyebarkan informasi ke semua jaringan mereka. Karyawan mempunyai andil dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Sehingga jika mereka terlibat dan juga aktif didalam membangun sebuah tim kerja yang terbaik, maka tentunya akan merasa lebih dihargai. Selain itu Anda juga perlu mengenali tindakan dari karyawan, kemudian juga menghargai upaya kualitas dan juga menciptakan sebuah persaingan bersahabat untuk bisa mencapai tujuan dari tim. Selain itu juga perlu untuk meningkatkan penghargaan untuk karyawan yang dapat membantu meningkatkan motivasi.

Untuk bisa menghindari pengriman spam kepada karyawan kamu dimana dengan semua posisi terbuka, maka sangat membutuhkan kumpulan dari referensi khusus yang mempunyai koneksi untuk jenis bagian yang perlu diisi. Pendekatan secara pribadi dan juga terarah tersebut nantinya cukup signifikan untuk meningkatkan tingkat respon Anda dan kualitas referensi. Menargetkan karyawan untuk memiliki kinerja terbaik untuk perusahaan merupakan langkah pertama yang baik.

Dapat Menyoroti Kekuatan Hubungan Antar Karyawan

Selain itu juga karena dapat menyoroti kekuatan dari hubungan antar karyawan. Dalam artian bergantung dengan organisasi atau perusahaan Anda, hubungan bisa menjadi faktor utama di dalam operasi harian dari perusahaan dan juga bisa memainkan peran di dalam cara kerja program referensi karyawan Anda. Sering kali kualitas hubungan pribadi dengan kandidat merupakan sebuah motivasi yang terbaik untuk referensi karyawan. Selain itu juga dapat mempengaruhi secara langsung beberapa faktor seperti kepuasan kerja misalnya. Dan secara kebetulan, karyawan referensi cenderung mengalami suatu kepuasan kerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang bukan.

Dan dengan alat serta sumber yang tepat, maka bisnis tersebut bisa membangun sebuah hubungan yang lebih baik dan juga memungkinkan tim perekrutan untuk bisa mengatur dan juga mengelola bakat yang berkualitas tinggi. Jadi memang ada baiknya jika dalam menjalankan employee referral program ini dilakukan secara maksimal.

Urbanhire sebagai Applicant Tracking System memiliki fitur lain untuk mempermudah proses perekrutan di perusahaan Anda yaitu employee referral program. Program ini dirancang untuk membantu para perekrut melakukan rekrutmen dengan referensi dari pihak internal perusahaan.