Urbanhire Jobseeker

Peraturan Baru Tak Tertulis Dunia Kerja Di Era Digital

8

Jan 2020

Urbanhire – Era digital saat ini sangat mempengaruhi dunia kerja, khususnya budaya kerja. Selain itu di era digital ini juga memunculkan produk-produk atau jasa yang sebelumnya tidak pernah ada menjadi ada. Dengan kondisi ini, Anda harus juga membuka pikiran Anda untuk selalu mengupdate info tentang pekerjaan-pekerjaan yang baru dan memahami perubahan budaya kerja akibat memasuki era digital yang berdampak kepada aturan baru yang tidak tertulis. Berikut aturan baru tak tertulis di dunia kerja era digital

Semua Orang Berpengaruh

Ada banyak pengaruh yang bisa diberikan oleh karyawan-karyawan Anda. Pengaruh ini bermacam-macam yang pada intinya bermuara kepada mempengaruhi orang lain. Perusahaan dan para karyawan perlu menyadari bahwa keberadaan mereka dari semua lapisan memiliki pengaruh. Dalam hal ini peraturan baru yang tidak tertulis dalam dunia kerja di era digital adalah setiap lapisan memiliki tanggung jawab yang dapat mempengaruhi budaya perusahaan.

Tidak Ada Yang Paling Pintar

Di era digital ini, muncul sebuah peraturan yang tak tertulis di dunia kerja, yaitu tidak ada karyawan yang paling pintar di perusahaan. Kenapa muncul peraturan tak tertulis tersebut? Alasannya adalah perubahan budaya kerja yang sekarang lebih cenderung kerja kelompok atau berkolaborasi. Dalam budaya kerja berkolaborasi, yang akan dituntut adalah kemampuan dalam berorganisasi, problem solving dan pengambilan keputusan.

Semua Ide Akan Didengar

Masih berkaitan dengan tidak ada yang paling pintar. Peraturan tak tertulis di dunia kerja era digital sekarang ini adalah semua ide berhak untuk didengar. Untuk itu karyawan harus memiliki keahlian mendengar yang baik. Selain itu semua pekerjaan membutuhkan komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik akan berjalan bila setiap individu mampu mendengarkan dan menangkap pesan dengan baik.

Semangat Adalah Hal Yang Penting

Peraturan tak tertulis dalam dunia kerja saat ini adalah karyawan harus memiliki semangat dalam bekerja dan mencapai target mereka. Meskipun saat ini terdapat perdebatan bahwa semangat berperan penting dalam pengembangan karir. Namun faktanya bahwa semangat tidak dapat dilatih, semangat akan muncul atau ada bila karyawan Anda merasa bekerja di tempat yang tepat. Dengan memiliki semangat akan memunculkan kepercayaan diri dalam mengerjakan pekerjaan mereka.

Setiap Orang Merancang Pekerjaan Sendiri

Masih berhubungan peraturan tak tertulis dunia kerja di atas, jika karyawan sudah bersemangat dan yakin dengan kemampuan mereka, mereka akan merancang bagaimana cara mereka bekerja dan menyelesaikannya. Untuk itu Anda harus dapat mengatur dan mencoba membiasakan karyawan-karyawan Anda tidak saling memaksakan cara kerja untuk diterapkan oleh karyawan lainnya.

Aturan kerja yang tak tertulis ini dapat Anda tanamkan saat Anda melakukan wawancara kandidat dan onboarding karyawan baru Anda. Sehingga peraturan tak tertulis ini akan secara tidak langsung menjadi bagian budaya kerja perusahaan Anda. Untuk membangun budaya kerja yang tinggi alangkah baiknya Anda membaca “5 Cara untuk Membangun Budaya Kerja yang Tinggi” agar Anda mendapatkan pencerahan tambahan. Jika Anda ingin mewujudkan suatu lingkungan kerja menyenangkan dan berbudaya dengan merekrut kandidat yang sesuai dengan budaya perusahaan Anda, gunakanlah Urbanhire. Urbanhire sebagai Recruitment Platform dengan Applicant Tracking System dapat menjadi solusi perekrutan Anda untuk menemukan calon karyawan yang sesuai dengan perusahaan Anda.