Urbanhire Jobseeker

Perusahaan Apa Yang Cocok Untuk Kerja Remote?

11

Oct 2019

Urbanhire – Konsep kerja tanpa datang ke kantor atau kerja remote, dari bekerja di rumah, kafe atau co-working space sekarang ini menjadi populer. Kini, fleksibilitas dalam bekerja menjadi hal yang sangat diperhatikan dan menjadi salah satu faktor yang menarik perhatian kandidat.

Namun tidak semua konsep ini dapat diterapkan di semua jenis atau bidang usaha. Lalu, apa saja jenis atau bidang perusahaan yang cocok dengan konsep ini? Konsep bekerja tanpa di kantor atau remote Menurut Perencana Keuangan Aidil Akbar, konsep bekerja tanpa kantor atau yang sering disebut kerja remote ini sangat cocok untuk jenis perusahaan yang pekerjaannya tidak banyak berinteraksi dengan orang lain.

Pada umumnya perusahaan rintisan atau startup sangat cocok dengan konsep ini karena mayoritas pegawainya adalah programmer, copywriter dan graphic designer. Pada intinya bekerja yang hanya memerlukan laptop tanpa menuntut untuk berinteraksi dengan manusia akan sangat cocok untuk konsep kerja remote.

Chairman Asosiasi Praktisi dan Profesional SDM Future HR, Audi Lumbantoruan memberikan penambahan untuk perusahaan yang cocok untuk menerapkan konsep kerja remote. Misalkan perusahaan dengan pekerjaannya harus bekerja di lapangan sangat cocok dengan konsep tersebut. Selain lebih efektif juga akan memudahkan pekerja, agar tidak bolak balik ke kantor.


Namun, Audi Lumbantorun juga mengatakan bahwa tidak semua perusahaan tidak cocok bekerja dengan menggunakan konsep ini. Sektor pekerjaan pun harus diperhatikan, misalnya pekerjaan yang butuh koordinasi dengan rekan kantor dan harus berinteraksi dengan manusia tidak bisa menerapkan atau menjalankan konsep kerja remote. Misalnya, pelayanan publik yang harus berinteraksi dengan masyarakat dan berkonsolidasi dengan banyak pihak. Selain itu juga sektor industri manufaktur juga tidak cocok, malah condong tidak bisa untuk menerapkannya.

Jika Anda mulai menerapkan konsep kerja seperti yang dibahas di atas, alangkah baiknya Anda untuk memperhatikan bagaimana tips untuk merekrut pekerja remote atau remote employees. Di dalam artikel Tips Merekrut Remote Employees akan membahas secara detail.

Melalui Urbanhire, Anda dapat merekrut kandidat terbaik dan berkualitas untuk perusahaan Anda melalui fitur Pre-Assessment Questions Urbanhire

Tulisan ini bekerjasama dengan Audi Lumbantoruan, founder dari Future HR (FTHR), salah satu HR Community ternama di Indonesia yang sering memberikan dan membuka ruang diskusi tentang dunia HR