Urbanhire Jobseeker

Pro Kontra Merekrut Mantan Karyawan

3

Jan 2020

Urbanhire – Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata mantan karyawan? Pasti Anda akan mengaitkan dengan masa lalu. Lalu bagaimana bila mantan karyawan Anda yang pernah menjadi karyawan terbaik kembali menghubungi Anda dan meminta untuk kembali bekerja bersama Anda? Apa yang akan Anda lakukan?

Jika Anda melihat pola perekrutan 20 tahun yang lalu, pasti para praktisi HR akan menjawab tidak akan menerima kembali mantan karyawan. Namun berbeda dengan pola dan kondisi perekrutan saat ini, para praktisi HR akan lebih senang atau cenderung merekrut mantan karyawan mereka. Melihat kondisi dan fakta tersebut, apakah Anda akan merekrut mantan karyawan Anda kembali?

Mengapa Anda Harus Mempekerjakan Mereka Kembali?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, coba Anda membayangkan sebagai pecinta kopi. Dan Anda memiliki kedai kopi favorit. Lalu apakah Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencoba-coba kedai kopi lainnya? Atau lebih banyak menghabiskan waktu di kedai kopi favorit Anda dengan kopi kesukaan Anda? Pasti kebanyakan orang akan selalu memilih kedai favorit mereka masing-masing dengan menu favoritnya. Seperti itulah mantan karyawan, Anda sudah mengetahui karakter dan kinerjanya dibanding kandidat yang baru Anda baca riwayat hidupnya. Ada empat manfaat lainnya jika Anda merekrut mereka kembali

Mereka Sudah Tahu Perusahaan Anda

Mantan karyawan bukan lagi tahu budaya perusahaan tetapi mereka memiliki pengalaman dan ikatan dengan perusahaan Anda.

Mereka Lebih Berkembang

Selain sudah mengenal perusahaan Anda, mantan karyawan akan memiliki banyak perspektif dan keterampilan baru yang sangat bermanfaat untuk Anda.

Mereka Bisa Menjadi Saksi Anda

Mantan karyawan Anda bisa menjadi saksi atau bukti nyata bahwa Anda dan perusahaan telah berusaha untuk meningkatkan dan membuktikan perbaikan yang dibuat sejak mereka pergi. Selain itu dapat membuat kesan kepada karyawan lain yang ingin meninggalkan Anda bahwa perusahaan lain tidak sebagus perusahaan Anda.

Dapat Menghemat Biaya

Sebenarnya dalam biaya perekrutan, mereka dapat menghemat uang Anda. Alasannya adalah Anda hanya membutuhkan tenaga dan biaya yang kecil untuk melatih dan waktu yang lebih pendek untuk produktif dan berkontribusi penuh untuk perusahaan Anda.

Mengapa Anda Tidak Disarankan Merekrut Mereka Kembali?

Jika ada karyawan Anda yang berhenti sebelumnya pasti akan ada resiko mereka akan akan melakukannya lagi. Ketika mereka melakukannya, Anda akan kembali ke titik awal untuk mengisi lowongan. Ini adalah salah satu alasan Anda tidak disarankan merekrut mantan karyawan Anda. Dan ada empat alasan lainnya untuk tidak merekrut mereka kembali

Mereka Masih Memiliki Dendam Lama

Jika mantan karyawan Anda pernah mengalami konflik atau gesekan dengan rekan kerja atau manajer, kemungkinan konflik tersebut akan kembali muncul kembali. Konflik ini sangatlah merugikan karena dapat merusak sistem Anda.

Mereka Tidak Ingin Disamakan Karyawan Baru

Apakah mantan karyawan yang kembali termasuk sebagai karyawan baru?. Tentu saja jawabannya adalah iya. Namun terkadang mereka tidak setuju dan mengharapkan tunjangan, senioritas atau peningkatan kompensasi dari masa kerja sebelumnya.

Mereka Bisa Menjadi Keras Kepala

Banyak yang dapat berubah dalam suatu organisasi, bahkan hanya beberapa bulan. Mantan karyawan Anda bisa menjadi keras kepala karena berpegang teguh pada proses dan sistem lama dari masa jabatan sebelumnya. Sementara perusahaan Anda sekarang ini terus bergerak dan berubah.

Mereka Mungkin Bukan Orang Yang Tepat

Mereka mungkin bukan kandidat terbaik untuk Anda. Memang sudah pasti Anda mengetahui kinerja mereka, tetapi apakah mereka dapat menjadi yang terbaik? Jawabannya adalah tidak selalu. Anda bisa kehilangan kandidat yang lebih berkualitas karena secara tidak sadar mendukung mantan karyawan tersebut.

Itulah beberapa pro dan kontra ketika Anda merekrut mantan karyawan Anda. Untuk menutup lubang dan memperbanyak opsi saat Anda membutuhkan karyawan baru. Ada baiknya Anda membaca tips “Merekrut Karyawan Berkualitas” agar mendapatkan kandidat yang berkualitas.

Anda dapat menggunakan Urbanhire sebuah platform perekrutan yang memiliki Applicant Tracking System dan fitur employee referral system. Dengan cara ini dapat melibatkan karyawan-karyawan di perusahaan Anda untuk merekomendasikan teman-temannya yang berkualitas dan mempunyai kualifikasi yang sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda, dan memberikan hadiah kepada karyawan Anda jika kandidatnya terpilih.