Urbanhire Jobseeker

Saatnya Membangun Tim Perekrutan yang Anda Impikan!

26

Aug 2019

Blog

Urbanhire – Memulai bisnis baru adalah suatu medan perang. Anda akan memasuki tahap pertempuran dimana banyak rintangan akan datang dan harus dihadapi dengan sigap. Tentu saja, memilih para calon karyawan terbaik dalam bisnis baru memang diutamakan dan yang penting harus memenuhi syarat. Inilah saatnya membangun tim perekrutan yang Anda Impikan! 

Adapun untuk merekrut karyawan pada bisnis pemula dalam kapasitas kecil atau menengah (small or medium-sized enterprise) bukanlah hal yang simpel. Menurut European Commission, perusahaan SME memiliki kurang dari 250 karyawan. Nah, meskipun dengan jumlah sedikit, mengoperasikan sebuah perusahaan baru butuh bantuan tim perekrutan yang kuat. 

Dengan adanya tim khusus perekrutan akan tercipta kolaborasi tim dengan ahli masing-masing dalam ruang lingkup perusahaan yang nyaman dan kondusif. Ada 5 strategi penting untuk membangun tim perekrutan bisnis pemula. Jadi, apa saja 5 strategi tersebut? Simak ulasan-ulasannya berikut dalam artikel ini.  

1. Membuat rencana perekrutan

Pentingnya tim sukses untuk mewujudkan visi dan misi bisnis dalam merekrut para karyawan baru adalah sebuah prioritas. Dengan ini akan mengoptimalkan penampilan dari pertumbuhan bisnis Anda sendiri. Membuat perencanaan perekrutan adalah sarana untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan dalam bisnis Anda.  

Lebih jelasnya, pertimbangkan tujuan atau goal apa saja yang ingin Anda capai dalam 6, 12, atau 24 bulan kedepan berkenaan dengan tumbuh kembang perusahaan. Dasar apa yang menjadi nilai-nilai perusahaan juga akan menjadi pertimbangan. Nilai-nilai tersebut dapat berupa kerendahan hati, semangat, sikap positif, perkembangan pola pikir, dll.

2. Uraian pekerjaan yang menonjol

Setelah mempertimbangkan apa saja yang diperlukan dalam menjalankan bisnis Anda, buatlah struktur uraian pekerjaan yang menarik perhatian.  Yang dapat Anda lakukan pertama-pertama adalah mengetahui pasar lowongan kerja yang ada di situs media sosial seperti Indeed, LinkedIn dan masih banyak lagi. Dengan ini Anda dapat mengerti apa yang dicari oleh perusahaan lainnya dalam suatu pekerjaan. 

Uraian tugas untuk sebuah lowongan kerja yang Anda perlukan nanti harusnya ditulis dengan kata-kata singkat dan jelas, sederhana, dan terdapat konten indeks yang ramah (SEO friendly). Tidak kalah penting, dalam uraian tersebut Anda juga harus menyebutkan tawaran tentang proyek bisnis yang menantang, pertumbuhan karir, tunjangan atau bonus. Jangan lupa untuk memposting profil bisnis Anda beserta uraian pekerjaan yang Anda perlukan di situs lowongan pekerjaan. 

3. Proses wawancara dan pengalaman kandidat

Setelah mendapat banyak calon pekerja, langkah berikutnya adalah mengadakan wawancara interaktif dan mengenal berbagai pengalaman langsung dari para kandidat.  Sebaiknya para calon kandidat tersebut harus diperlukan dengan baik bak raja dan ratu. Karena dengan mereka inilah nanti yang akan membantu berkembangnya bisnis kamu di masa depan.  

Dalam proses wawancara itu harusnya ada keseimbangan antara pihak kandidat yang juga mewawancarai sebanyak Anda mewawancarainya. Ini adalah salah satu strategi membangun hubungan yang baik antara atasan dan bawahan. Jika kandidat tidak diterima, berilah kesan yang baik agar mereka nantinya memberikan ulasan bagus mengenai bisnis Anda.  

4. Mengetahui kekuatan dan kelemahan anggota tim perekrutan

Alangkah senangnya akhirnya tim perekrutan sudah terbentuk. Dengan tim ini akan memilih dan membentuk calon karyawan dengan strategi perekrutan yang terorganisir dan fokus. Akan tetapi, alangkah baiknya Anda mengetahui kekuatan dan kelemahan masing-masing anggota tim perekrutan.  

Masing-masing orang mempunyai kepribadian yang berbeda.  Tapi, bagaimana cara menyatukan kepribadian 2 orang atau lebih dalam satu tim? Menerima keanekaragaman adalah kuncinya. Sangatlah penting jika Anda menjadi seorang pemimpin yang adil. Kenali satu persatu anggota dari tim perekrutan dan melatih mereka untuk bekerja menuju satu tujuan.  

5. Pelatihan khusus untuk tim perekrutan dan pembentukan keahlian

Nah, inilah akhir dari pencarian tim perekrutan untuk bisnis pemula Anda. Dibutuhkan pelatihan khusus untuk mengembangkan keahlian masing-masing anggota tim perekrutan. Ini sangat penting untuk memastikan mereka menyelesaikan pekerjaan dengan tepat dan akurat sesuai keinginan Anda sebagai pemimpin. 

Yang perlu dilatih kepada tiap anggota tim perekrutan dalam pelatihan adalah untuk membangun hubungan di luar jaringan mereka sendiri.  Jangan hanya mengandalkan teknologi untuk mencari sumber, tapi sumber dari mulut ke mulut (word of mouth) juga sama pentingnya. Dengan kata lain, sebaiknya tim perekrutan membangun hubungan dengan departemen lain, seperti tim pemasaran atau marketing. Ini akan menarik perhatian dan minat para calon karyawan. 

Setelah menyelesaikan program pelatihan khusus tim perekrutan, berilah penghargaan dan hadiah atas kerja keras mereka. Keahlian mereka juga harus dihargai sekali-kali untuk meningkatkan performa kerja dimasa depan.  

Kesimpulannya, membangun tim perekrutan sebelum melakukan pencarian karyawan baru dalam bisnis pemula sangatlah penting. Sebagai pemimpin dari bisnis yang akan memulai fresh, perlu membina para perekrut yang kuat dan fokus dalam pekerjaan mereka. Dengan ini, pemilihan para calon karyawan akan membuat bisnis lebih berkembang. 

Mempunyai bisnis baru pasti menginginkan yang terbaik dan segera berkembang pesat. Tapi, beberapa faktor harus Anda ketahui sebelum bisa mewujudkan bisnis impian Anda. Mulailah dengan membuat rencana perekrutan. Karena dengan rencana ini, Anda bisa membayangkan seperti apa bisnis Anda di masa depan dan memperkuat bisnis secara keseluruhan.  

Ikuti ke-5 strategi diatas untuk mempermudah proses perekrutan. Hal paling menarik menjadi seorang pemimpin adalah bekerja dengan banyak orang dengan kepribadian dan pengalaman yang berbeda. Dengan adanya bantuan dari orang lain, pekerjaan Anda akan terasa lebih ringan. 

Urbanhire sebagai Recruitment Platform memiliki fitur Collaborative Team Hiring yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah proses perekrutan di perusahaan Anda bersama dengan tim HR Anda.