Urbanhire Jobseeker

Sempurnakan Proses Perekrutan Anda

28

Jun 2019

Blog

Urbanhire – Sebagai seorang perekrut, berapa kali Anda telah membuang ratusan CV tanpa sedikit pun dari itu mendekati apa yang Anda inginkan untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. Atau saat ketika Anda dipaksa untuk merekrut ‘yang terbaik dari yang lebih buruk’ karena Bisnis membutuhkan posisi yang yang harus diisi. Ayo sempurnakan proses perekrutan Anda!

Meskipun kita semua dapat menyalahkan kurangnya kualitas kandidat atau tidak memiliki cukup anggaran untuk mempekerjakan ‘orang yang tepat’, mungkin kita harus melihat ke dalam proses rekrutmen kita sendiri. Ini disebut proses karena butuh waktu untuk berkembang dan menyempurnakan.

1. Memahami Perusahaan Anda

Saat Anda merekrut seseorang untuk mengisi posisi, Anda ingin mendapatkan kandidat yang sempurna. Ini seperti berkencan, Anda harus tahu siapa Anda sebelum Anda tahu siapa yang Anda inginkan. Apa nilai-nilai perusahaan Anda, apa budaya organisasi, apa yang dapat Anda tawarkan kepada karyawan Anda (non-moneter) ‘semua ini akan menentukan jenis bakat apa yang akan menarik perusahaan Anda. Mari kita hadapi itu, pola pikir sekolah lama dari sebuah perusahaan tidak akan menarik talenta millennial. (Dan bahkan jika mereka melakukannya, mungkin itu tidak akan mampu mempertahankan talenta).

2. Pasarkan Perusahaan Anda dan Tarik Kandidat Terbaik

Pernahkah Anda mendengar istilah Employer Branding? Perusahaan besar seperti Cadbury, Unilever dan Coca Cola Amatil menghabiskan jutaan dolar untuk menjadi Perusahaan Pilihan. Kandidat berkumpul di perusahaan mereka setelah lulus hanya untuk masuk ke program MT (Management Trainee) perusahaan-perusahaan tersebut. Sekarang, Anda tidak perlu menghabiskan jutaan untuk hal ini. Ada cara yang lebih murah untuk melakukan Employer Branding. Mulailah dengan hal-hal kecil yang sederhana seperti:

  • Ringkas, jelas, dan akurat dengan Deskripsi Pekerjaan ‘inilah yang akan dibaca dan dinilai oleh kandidat potensial Anda. Ini mungkin titik kontak pertama Anda dengan mereka. Buat ini berarti. Luangkan waktu Anda untuk hal ini dan pastikan bahasa yang digunakan sesuai, tidak ada kesalahan ketik dan pemformatan yang terlihat profesional. Hal-hal sederhana.
  • Anda tahu Anda memiliki banyak hal hebat untuk ditawarkan kepada kandidat ‘ceritakan kepada dunia tentang hal itu. Ini dapat dikomunikasikan melalui situs web Anda dan media sosial! Orang ingin tahu apa yang mereka hadapi. Anda harus memberi tahu mereka mengapa mereka harus bergabung dengan tim Anda! Urbanhire menyediakan Halaman Karir yang dapat disesuaikan yang dapat Anda tambahkan dengan gambar-gambar video dan brand dengan warna dan logo perusahaan. Siapkan dalam beberapa menit! Sederhana.

3. Gunakan Alat yang Tepat

Merekrut sekarang dan merekrut 10 tahun yang lalu telah berubah secara signifikan. Sekarang bergerak menjauh dari rekrutmen manual dan beringsut menuju otomatisasi rekrutmen. Rekrutmen telah berkembang; pertanyaannya adalah … apakah Anda ikut berkembang? Dari iklan, jaringan, merekrut dan bahkan wawancara ada sentuhan teknologi di suatu tempat. Dengan menggunakan alat yang tepat Anda dapat menghemat waktu (dan akhirnya uang) dalam proses rekrutmen Anda.

Iklankan lowongan pekerjaan Anda ke beberapa situs, bangun kehadiran online Anda dan libatkan karyawan masa depan melalui media sosial, mulailah menerima aplikasi langsung dari situs web Anda sendiri sambil memperkuat Branding Perusahaan Anda. Menggunakan platform teknologi yang tepat Anda dapat melakukan semua ini. Teknologi ada di sini untuk membuat hidup kita lebih mudah. Jika Anda tidak paham teknologi, inilah saatnya untuk mengejar ketinggalan dan membiasakan diri. Hari-hari ini, platform rekrutmen dibuat agar semudah mungkin digunakan oleh pengguna. Sedikit investasi waktu Anda berjalan jauh.

4. Kelola kandidat Anda dengan Benar dan Penuh Hormat

Pernahkah Anda berada di posisi kehilangan kandidat yang Anda inginkan oleh pesaing hanya karena Anda tidak cukup cepat? Tim Anda kehilangan catatan wawancara, Anda melewatkan umpan balik email dari pengguna akhir, Anda (atau tim Bisnis) meluangkan waktu Anda mengumpulkan umpan balik dari semua pihak sebelum Anda dapat membuat keputusan perekrutan?

Dalam bisnis, waktu adalah uang. Begitu juga dalam perang bakat. Mempekerjakan bukan hanya tanggung jawab SDM / perekrut tetapi juga tim Bisnis sebagai pengguna akhir. Dengan demikian, perekrutan harus dilakukan secara kolaboratif. Bekerja secara kolaboratif tidak berarti memperlambat proses. Mengelola kandidat dengan tepat juga bisa menjadi faktor penentu apakah kandidat yang Anda cari ingin bergabung dengan perusahaan Anda dan bukannya perusahaan di sebelah. Berhati-hatilah dengan keputusan perekrutan Anda tetapi cepat dalam eksekusi.

5. Tinjauan dan Evaluasi

Ketika Anda berhasil mengisi posisi itu, Selamat! Semua kerja keras telah membuahkan hasil atau mungkin tidak. Berapa lama untuk mengisi posisi itu? Saluran sumber mana yang paling cocok untuk peran / level tersebut. Lakukan evaluasi ini setelah Anda berhasil merekrut. Setelah beberapa saat, Anda akan melihat pola dan merasakan metode dan saluran apa yang paling cocok untuk perekrutan Anda.

Ingatlah bahwa rekrutmen adalah suatu proses. Dibutuhkan waktu dan sedikit usaha untuk menemukan cara terbaik yang cocok untuk Anda, tim Anda, dan perusahaan Anda. Gunakan Urbanhire untuk menyempurnakan proses rekrutmen Anda, Urbanhire memberikan banyak fitur untuk proses rekrutmen dari tahap awal hingga akhir (sampai kandidat itu diterima).