Urbanhire Jobseeker

Sesuaikan Strategi Talent Acquisition Selama Pandemi

22

Jun 2020

Ketika pandemi, semua sektor kehidupan mengalami perubahan, termasuk strategi talent acquisition. Perubahan ini bertujuan untuk menyesuaikan keadaan ketika pandemi. Anda perlu segera menyesuaikan strategi yang Anda miliki sekarang ketika semua perusahaan mengalami perlambatan pertumbuhan. Manfaatkan perlambatan ini dengan menilai dan menyusun kembali strategi Anda. Dalam penyusunan strategi ini, anda Ada dua hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menyesuaikan strategi talent acquisition, yaitu orang dan keadaan. Berikut dua hal yang harus Anda perhatikan.

Pentingnya Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis

Jika perusahaan Anda mengalami perlambatan untuk merekrut karyawan, ini momen yang tepat untuk mengevaluasi dan mengubah strategi talent acquisition Anda. Ingat bahwa perekrutan dan retensi karyawan merupakan faktor utama dalam keberlangsungan produktivitas bisnis. Jika perusahaan Anda memutuskan untuk menutup proses perekrutan sebaiknya Anda berbicara langsung kepada para pembuat keputusan tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Jika perusahaan Anda membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi sebuah posisi, Anda sebaiknya mampu membuat perkiraan untuk melanjutkan proses perekrutan selanjutnya.

Anda harus bisa menekankan kepada perusahaan bahwa manusia atau sumber daya manusia sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Anda bisa membuat beberapa opsi untuk menyelamatkan perekrutan Anda seperti mengurangi budget atau mengurangi jumlah/memprioritaskan posisi yang harus diisi.

Baca Juga: Berinvestasi Employer Branding Di Masa Krisis

Baca Situasi

Ketika ingin menyesuaikan strategi talent acquisition, Anda harus mampu membaca situasi untuk sekarang dan masa depan. Ingat bahwa masa depan dunia perekrutan mungkin akan sangat berbeda dengan sebelumnya ketika sebelum ada pandemi. Anda harus bisa memprediksi apa yang akan Anda butuhkan. Jangan sampai Anda terburu-buru ketika menentukan prediksi. Mulailah menghubungkan titik-titik untuk menentukan prediksi seperti employer brand, promosi perekrutan, wawancara dan proses perekrutan lainnya. Lihat apa yang terjadi saat ini dan sangat mempengaruhi perusahaan Anda. Apa yang perlu Anda ubah dan yang harus Anda perhatikan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menyesuaikan strategi talent acquisition di tengah pandemi. Selain itu Anda juga harus memperhatikan kesehatan mental karyawan Anda. Melalui artikel “Bagaimana Mendukung Kesehatan Mental Karyawan” Anda akan mengetahui cara-cara bagaimana Anda memperhatikan kesehatan mental karyawan Anda. Tidak lupa kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Assessment.