Urbanhire Jobseeker

Solusi Tanpa Pengorbanan Saat Burnout

15

Jul 2020

Blog

Urbanhire – Saat ini tingkat burnout pada karyawan meningkat. Pandemi COVID-19 memiliki efek luas pada kesehatan mental manusia, memberikan tekanan yang meningkat untuk mental seseorang. Hal ini yang menyebabkan isu tersebut meningkat di kalangan karyawan. Burnout secara resmi diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai “fenomena pekerjaan”. WHO mendefinisikannya sebagai sindrom yang dikonseptualisasikan sebagai akibat dari stres kronis di tempat kerja yang belum berhasil ditangani. Tidak mengherankan jika angka dari burnout ini meningkat selama pandemi. Semua diakibatkan oleh perubahan yang dialami seseorang ketika tidak terbiasa bekerja dari rumah tiba-tiba harus bekerja dari rumah.

Otonomi Membuat Senang Di Awal

Ketika diberikan otonomi kebebasan untuk bekerja di rumah pasti banyak karyawan merasa senang dan merasa ada hal baru pada awalnya. Tetapi seiring berjalannya waktu, ada sebagian orang merasa menjadi lebih sulit dan berat untuk bekerja tanpa hadir ke kantor dengan waktu yang lama. Dibutuhkan keterampilan manajemen diri untuk menemukan cara menyeimbangkan semua tugas pekerjaan ketika di rumah, dan banyak orang tidak pernah dilatih dalam keterampilan manajemen diri ini. Akibatnya banyak orang yang tidak bisa memisahkan kehidupan pribadi dan pekerjaannya sehingga sering bekerja melebihi waktu semestinya. Inilah pemicu burnout yang dialami oleh karyawan.

Saling Membantu Sesama

Cara paling ampuh untuk menghindari burnout adalah dengan mendorong karyawan untuk saling membantu. Ketika orang mengalami masa-masa yang penuh tekanan, teman seprofesi yang memiliki pengalaman serupa dapat menjadi solusi terbaik. Mereka memahami tantangan satu sama lain dan dapat melalui proses serta mengurangi stres secara bersama-sama.

Ketika para karyawan saling berinteraksi dan memulai obrolan, mereka dapat menghilangkan semua perasaan yang terkait dengan burnout dan merasa lebih positif, terlibat, dan optimis. Percakapan ini dapat dipusatkan dalam berbagai subjek: mengatasi tekanan mental dan emosional, mengembangkan ide-ide baru untuk membantu diri dan bisnis, meningkatkan produktivitas, dan banyak lainnya. Tapi inilah kuncinya: teman seprofesi harus menghindari untuk mencari jawaban atas masalah masing-masing. Sebaliknya, mereka harus saling membantu menemukan jawaban atas masalah masing-masing. Dan cara ini dapat mengurangi rasa kesepian yang dialami oleh karyawan saat bekerja dari rumah.

Baca Juga: Masa Depan Talent Management

Untuk tambahan terkait pandemi, saat ini, teknologi sangat membantu transisi ke new normal. Dan tidak diragukan lagi, pandemi ini secara drastis mempengaruhi banyak perusahaan dan cara-cara berbisnis. Jutaan orang telah dipaksa untuk beradaptasi dengan bekerja dan berutinitas di rumah. Melalui artikel “Teknologi Membantu Transisi Ke New Normal” Anda akan mengetahui apa saja yang dapat dilakukan teknologi saat ini yang mungkin bisa mempengaruhi strategi Anda ke depannya.

Masih berkaitan dengan teknologi,  kami sarankan kepada Anda untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Online Assessment. Selain itu fitur video wawancara dapat Anda gunakan untuk menjalankan rekrutmen online yang lebih aman dan meminimalisasikan kontak langsung dengan orang asik demi menjalankan protokol kesehatan.