Urbanhire Jobseeker

Strategi Employer Brand Di Saat Pandemi

17

Apr 2020

Urbanhire – Anda perlu memperhatikan kembali strategi employer brand perusahaan Anda ketika masa pandemi ini. Virus Corona secara radikal telah mengubah kebiasaan dan cara berbisnis. Akibat dari persebaran virus ini adalah ketidakpastian, banyak perusahaan yang mulai kebingungan dalam menentukan strateginya khususnya strategi dalam perekrutan. Berdasarkan keadaan tersebut, Anda sebagai pemberi kerja harus merespons krisis ini dengan membuat keputusan atau strategi yang berdasarkan situasi saat ini. Yang perlu Anda perhatikan adalah apakah Anda berada dalam posisi ingin melakukan perekrutan atau sedang merencanakan strategi lain. Jika Anda sedang ingin melakukan perekrutan Anda perlu memperhatikan strategi employer brand Anda, berikut tipsnya.

Anggap Bisnis Anda Bukan Bisnis Biasa

Di kondisi yang tidak menentu ini dan banyak hal yang mengalami perubahan, ada satu hal yang tidak berubah yaitu pola pemasaran perusahaan. Hal ini sangat disayangkan, seharusnya perusahaan harus cepat menyesuaikan strategi pemasaran mereka ketika pandemi. Dalam hal ini jika Anda sedang ingin melakukan perekrutan, penting untuk membuat pesan Anda menyesuaikan dengan keadaan. Perlu Anda Ingat bahwa employer brand Anda adalah investasi. Untuk itu Anda harus memperhatikan kondisi saat ini karena apa yang dilihat oleh kandidat atau karyawan hari ini dapat memengaruhi pendapat mereka tentang Anda kedepannya. Anggaplah bisnis Anda berbada dari bisnis lainnya, keluarkan hal yang tidak biasa ini untuk menguatkan brand Anda di tengah pandemi.

Berbicaralah Kepada Target Anda

Strategi employer brand selanjutnya adalah tempatkan diri Anda di tengah-tengah target atau audience Anda. Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat menggunakan brand Anda untuk berinteraksi dan membantu mereka. Di tengah pandemi ini pasti banyak orang memiliki situasi yang berbeda-beda dan mereka akan melihat pesan yang Anda sampaikan bila Anda berada di tengah-tengah mereka.

Ceritakan Kisah Brand Anda

Strategi employer brand yang ketiga adalah menceritakan kisah brand Anda. Ceritakan kisah brand Anda melalui media sosial, blog, atau di halaman situs perusahaan Anda. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan eksistensi brand Anda sebagai sebuah organisasi, untuk memberi tahu orang-orang tentang nilai-nilai dan apa yang brand Anda perjuangkan saat keadaan menjadi sulit. Jadi, apa yang peruasahan Anda lakukan, apa yang dilakukan karyawan Anda, ceritakan kisahnya selama pandemi ini.

Pantau Pembahasan Tentang Perusahaan Anda

Ketika masa-masa sulit ini, karyawan Anda dan kandidat memiliki kesempatan untuk menceritakan kisah mereka dalam bentuk ulasan tentang pengalaman mereka di media sosial ataupun situs di internet. Anda harus selalu responsif terhadap apa yang orang ulas ceritakan khususnya di halaman situs perusahaan Anda, terutama pada saat-saat seperti ini. Ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang. Dengan Anda selalu menanggapi ulasan atau cerita tentang perusahaan Anda, akan membantu employer brand Anda tetap bagus di tengah pandemi.

Itulah beberapa tips untuk Anda ketika ingin menjaga employer brand Anda di tengah pandemi Virus Corona ini. Dan ada alasan kenapa Anda harus fokus terhadap hal ini. Di dalam artikel “6 Alasan Mengapa Anda Harus Fokus Pada Employer Branding” Anda akan mengetahu alasannya. Kami sarankan juga untuk Anda agar menggunakan Urbanhire, platform perekrutan dengan Applicant Tracking System(ATS) yang dapat membantu Anda untuk memaksimalkan strategi employer brand dengan fitur careere site yang dapat Anda desain sesuai perusahaan Anda.