Urbanhire Jobseeker

Strategi HR Membawa Nilai Bisnis

24

Apr 2020

Urbanhire – Tingginya turnover terkadang disebabkan karena tidak adanya nilai-nilai dalam perusahaan khusunya nilai bisnis. Alasannya adalah nilai-nilai ini dapat mempengaruhi keterlibatan dan retensi karyawan. Disini, Anda sebagai praktisi HR harus berperan untuk membawa nilai-nilai yang ada khususnya nilai bisnis perusahaan Anda di seluruh lapisan organisasi. Bagaimana strategi HR agar dapat membawa nilai bisnis dalam lingkungan perusahaan?

Pahami Bisnis Anda

Terkadang tingginya turnover disebabkan karena pengalaman yang kurang menyenangkan yang dialami karyawan. Mereka memiliki pengalaman yang tidak sesuai dengan ekspektasi ketika melamar ke perusahaan. Sebagai HR, Anda harus memahami bisnis Anda dan menyampaikan kepada calon karyawan tentang gambaran dan bagaimana perusahaan Anda. Selain itu, untuk membawa nilai bisnis Anda juga harus memahami bisnis Anda. Jika bisnis Anda bergerak di bidang teknologi, maka karyawan Anda harus merasakan pengalaman mudahnya dan praktisnya bekerja di perusahaan Anda karena didukung oleh teknologi. Jangan sampai kebalikannya, karyawan merasakan repot dan harus kerja secara tidak efektif saat bekerja di perusahaan Anda. 

Satukan Bahasa

Sebagai HR, Anda harus dapat menyatukan bahasa atau persepsi sehingga nilai bisnis Anda akan tertanam di semua lapisan. Anda dapat menyatukan bahasa dan persepsi ketika Anda sedang melakukan masa pengenalan lingkungan perusahaan kepada karyawan baru. Jadi Anda juga harus memikirkan bagaimana strategi Anda ketika mengenalkan lingkungan perusahaan kepada karyawan baru Anda.

Pikirkan “Bagaimana”

Untuk membawa nilai bisnis, Anda harus selalu memikirkan “bagaimana” Anda bisa menjalankan semua strategi yang sudah dibuat. Misalnya bagaimana caranya Anda agar pengalaman yang dimiliki karyawan sesuai dengan ekspektasi karyawan tentang perusahaan Anda. Dengan memikirkan ini, Anda akan tetap fokus berada di jalur yang sudah Anda tetapkan untuk mencapai semua target tersebut.

Kebijakan Yang Ramah

Ketika Anda ingin menanamkan dan membawa nilai bisnis perusahaan, Anda perlu membuat kebijakan yang ramah ketika membutuhkan kebijakan baru. Sebelum membuat kebijakan baru, alangkah baiknya Anda memikirkan matang-matang apakah perlu mengeluarkan kebijaka baru atau siapa tau Anda hanya perlu menggunakan cara baru seperti strategi yang ketiga “bagaimana” untuk mencapainya. Jika perlu membuat kebijakan baru Anda harus membuatnya sebagai kebijakan yang ramah. Alasannya adalah kebijakan tersebut akan memberikan pengalaman baru kepada karyawan Anda. 

Pecahkan Masalah Yang Berdampak Ke Bisnis

Agar nilai bisnis Anda tetap tertanam, Anda perlu mempertahankan karyawan-karyawan Anda yang memiliki dampak ke bisnis Anda. Alasannya mempertahankan karyawan terbaik adalah mereka akan memberikan dukungan secara penuh kepada perusahaan karena memiliki bahasa atau persepsi yang sama dengan nilai bisnis Anda. Selain itu mereka akan membawa dan memberikan pengalaman yang baik kepada karyawan-karyawan baru sehinga nilai bisnis akan terus tertanam.

Untuk menarik kandidat yang berkualitas dan sesuai dengan nilai bisnis, Anda dapat membaca artikel “Membangun Brand Story Untuk Menarik Kandidat”. Selain itu maksimalkan employer branding perusahaan Anda dengan Urbanhire, sebuah platform perekrutan dengan Applicant Tracking System. Saatnya untuk berinvestasi pada situs karir Anda dengan menggunakan Urbanhire. Urbanhire menyediakan fitur pembuatan Career Site yang dapat dengan mudah Anda desain sesuai dengan employer branding perusahaan Anda.