Urbanhire Jobseeker

Strategi Manajemen Waktu Perekrutan

13

Dec 2019

Urbanhire – Proses perekrutan adalah pekerjaan yang berat kecuali Anda memiliki strategi manajemen waktu perekrutan yang baik. Alasan proses tersebut berat karena proses tersebut memerlukan rangkaian proses dan harus responsif kepada kandidat. Menemukan waktu yang tepat untuk proses perekrutan dasar juga merupakan pekerjaan harian yang memerlukan kerja keras. Tidak peduli posisi apa yang akan direkrut, pengimplementasian strategi manajemen waktu adalah kuncinya. Banyak para HR yang memiliki tantangan dalam pekerjaannya, sebelum mereka membuat deskripsi lowongan pekerjaan, menyeleksi resume dan mewawancarai para kandidat. Jadi bagaimana tanggung jawab tersebut dapat terpenuhi secara baik dan tetap mendapatkan kandidat yang luar biasa?

Menentukan Prioritas

Menentukan prioritas merupakan dasar dari strategi manajemen waktu perekrutan. Dengan Anda mengetahui prioritas, Anda akan mudah dalam menyelesaikan tugas-tugas Anda. Pertimbangkan pekerjaan yang dapat memberikan efek atau dampak yang besar seperti waktu yang paling mendesak. Lalu urutkan pekerjaan tersebut berdasarkan prioritasnya.

Hindari Untuk Multitasking

Dalam strategi manajemen waktu perekrutan, sebaiknya Anda menghindari untuk bekerja secara multitasking. Alasannya adalah manusia tidak dapat bekerja secara maksimal jika melakukan pekerjaan secara multitasking. Otak manusia hanya dirancang untuk fokus kepada satu hal, jika Anda melakukan multitasking, perlu waktu beberapa menit untuk otak berkonsentrasi dan sebanyak 40% produktivitas Anda akan menurun.

Hilangkan Hal Yang Menjadi Pengganggu

Agar strategi manajemen waktu perekrutan Anda berjalan dengan baik, sebaiknya Anda menghilangkan sesuatu hal yang menjadi pengganggu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan Anda. Pada umumnya, yang menjadi pengganggu dalam pekerjaan Anda adalah telepon genggam. Letakan telepon genggam Anda sejauh mungkin dari jangkauan Anda. Agar Anda dapat fokus ke pekerjaan Anda

Tetapkan Batasan Waktu

Meskipun proses komunikasi membutuhkan komunikasi yang intens dan membutuhkan waktu yang panjang bukan berarti Anda dapat selalu membalas atau merespon semua pesan selama 24 jam. Tetapkan batasan waktu untuk Anda dalam hal kapan Anda dapat dihubungi dan berapa lama Anda harus meresponnya.

Kerjakan Hal Yang Tersulit Saat Kondisi Anda Terbaik

Dalam penelitian, kebanyakan orang, pagi hari merupakan waktu yang ideal untuk mengerjakan pekerjaan yang menantang. Kerjakan pekerjaan yang tidak terlalu repot ketika Anda memiliki waktu yang luang. Simpan waktu terbaik Anda untuk mengerjakan pekerjaan yang paling penting.

Pada dasarnya proses perekrutan merupakan proses yang sangat kompleks karena membutuhkan langkah yang panjang dan banyak serta membutuhkan komunikasi yang intens. Dengan strategi manajemen waktu perekrutan yang benar akan membuat Anda dapat menyelesaikan perihal yang penting dan mendapatkan kandidat yang berkualitas.

Selain manajemen waktu yang tepat, Anda juga harus memiliki tim perekrutan yang tepat. Di dalam artikel “Saatnya Membangun Tim Perekrutan yang Anda Impikan!” Anda akan mendapatkan wawasan tambahan dalam membentuk tim perekrutan yang tepat. Selain itu, Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) yang memiliki fitur Collaborative Team Hiring yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah proses perekrutan di perusahaan Anda bersama dengan tim HR Anda