Urbanhire Jobseeker

Strategi Membuat Karyawan Bangga Bekerja Untuk Anda

19

May 2020

Urbanhire – Apakah Anda pernah bertanya-tanya, sebenarnya para karyawan bangga bekerja di perusahaan Anda atau tidak? Sepertinya setiap perusahaan menginginkan karyawannya merasa bangga ketika bekerja di perusahaannya masing-masing. Perasaan bangga ketika bekerja di sebuah perusahaan akan mempengaruhi kesehatan mental mereka, dan pada akhirnya dapat mempengaruhi kesehatan fisik mereka. Kesehatan fisik ini memiliki dampak besar pada kinerja mereka di tempat kerja. Jadi perasaan bangga ini pada intinya berpengaruh kepada produktivitas karyawan. Lalu bagaimana kiat-kiat yang harus Anda lakukan agar membuat karyawan bangga?

Berikan Cuti Saat Mereka Membutuhkannya

Banyak tempat kerja yang sedikit membebani mental karyawannya ketika mereka mengambil cuti. Salah satunya seperti mendapat sindiran atau memberikan pemberitahuan untuk selalu standby soal pekerjaan ketika ada karyawan yang ingin cuti. Anda sebagai HR harus dapat mengontrol agar dapat menghindari terbentuknya lingkungan seperti itu. Jadi berikan hak cuti mereka dengan perasaan tenang dan tidak terbebani. Dengan demikian akan membuat karyawan bangga bekerja di perusahaan Anda.

Baca Juga: Bagaimana Mendukung Kesehatan Mental Karyawan

Berikan Benefit Yang Membuat Mereka Merasa Aman

Sangat penting untuk memiliki asuransi kesehatan. Banyak karyawan di negara kita lebih memilih untuk beristirahat di rumah ketika sakit daripada pergi ke dokter karena sayang dengan biayanya. Untuk itu bantulah karyawan Anda dan tawarkan paket asuransi kesehatan kepada meraka. Selain itu membantu karyawan Anda merasa aman ketika memasuki masa pensiun juga penting. Berikan karyawan Anda akses ke program pensiun yang berkelanjutan. Dengan begitu, karyawan Anda tidak khawatir tentang bagaimana mereka pensiun nantinya. Cara ini juga dapat membuat karyawan bangga bekerja untuk Anda.

Berikan Kesempatan Untuk Saling Berinteraksi

Untuk membuat karyawan bangga bekerja di perusahaan, Anda harus memberikan kesempatan kepada mereka untuk saling berinteraksi. Selain itu hubungan yang kuat dan positif penting bagi kesejahteraan karyawan. Anda bisa membuat program happy hour setiap sebulan sekali atau dua minggu sekali di dalam kantor maupun di luar kantor. Tujuannya agar mereka saling berinteraksi dan menguatkan hubungan antar rekan. Cara ini juga dapat menghilangkan penat dan stres yang dialami oleh karyawan setelah bekerja berminggu-minggu.

Ciptakan Budaya Saling Menghormati

Anda tidak hanya harus mendorong karyawan untuk bersikap ramah satu sama lain, tetapi Anda juga perlu mendorong budaya saling menghormati. Perlakuan saling menghormati terhadap karyawan dan kepercayaan antara karyawan serta manajemen senior penting bagi mereka. Dengan adanya budaya ini, mereka akan dengan tenang mengutarakan ide-ide mereka yang dapat memberikan kontribusi untuk perusahaan.

Adanya Budaya Saling Membantu

Membantu orang lain merupakan aspek penting dari kehidupan manusia. Dan asep ini sudah dijalankan banyak perusahaan yang secara rutin menyumbangkan uang untuk kegiatan amal, bisa dikatakan program CSR. Perusahaan yang selalu menjalankan program CSR dapat membuat karyawan bangga bekerja di perusahaan tersebut karena mereka merasa terlibat dalam membantu sesama.

Anda juga bisa membuat karyawan bangga dengan perusahaan Anda dengan cara memberikan mereka pelatihan. Meskipun di masa pandemi ini, Anda tetap bisa menjalankan program pengembangan karyawan. Melalui artikel “Pengembangan Karyawan Di Tengah Pandemi” Anda akan mengetahui beberapa langkah agar tetap bisa menjalankan program tersebut. Tidak lupa kami sarankan juga untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Assessment.