Urbanhire Jobseeker

Strategi Membuat Offer Letter Yang Berkesan

20

Jan 2020

Urbanhire – Membuat offer letter bisa dengan berbagai cara, Anda bisa membuat surat penawaran yang berkesan. Seperti saat Anda mendapatkan kata-kata indah atau mendapatkan meme yang lucu pasti akan membuat Anda teringat selalu. Begitu juga dengan surat penawaran, Anda bisa menuliskan beberapa kata inspiratif untuk membuat kandidat Anda teringat dan merasa orang yang berarti untuk bergabung di perusahaan Anda. Lalu bagaimana strategi untuk membuat offer letter yang dapat membuat berkesan?

Gunakan Pengalaman Anda

Pengalaman merupakan guru yang terbaik. Gunakan pengalaman Anda untuk membuat offer letter yang dapat memberikan kesan kepada kandidat Anda. Anda dapat mengkombinasikan pengalaman Anda dengan pengalam atau contoh pembuatan offer letter di internet. Pengalaman yang Anda punya akan otomatis menuntun Anda bagaimana menulis offer letter yang menghubungkan hal-hal personal sehingga membuat offer letter itu berkesan untuk para kandidat.

Jadikan Sebagai Mitra

Offering letter sebenarnya mirip dengan surat lamaran atau proposal pernikahan. Proposal ini berisikan hal-hal yang penting seperti pertanyaan dan simbol yang menguatkan jika Anda sangat ingin kandidat yang Anda berikan offer letter bergabung di perusahaan Anda. Dan isi surat tersebut sebaiknya ditulis seakan-akan kandidat Anda adalah partner penting Anda untuk ikut berkontribusi di perusahaan Anda. Sehingga ketika Anda ingin memperpanjang kerjasama dengan kandidat/karyawan Anda mereka akan merasa nyaman karena dianggap sebagai mitra.

Rayakan Jika Ada Kesepakatan

Bagaimana strategi berikutnya untuk membuat offer letter yang berkesan? Strategi yang terakhir adalah dengan membuat perayaan ketika surat yang Anda berikan diterima dengan kesepakatan. Dengan cara ini akan terlihat bahwa Anda sangat menginginkan kandidat untuk bergabung. Anda dapat melihat dari kegemaran atau hal yang disukai oleh kandidat Anda untuk merayakan perayaan tersebut. Perayaan tidak mesti berupa pesta, perayaan bisa berupa pemberian hadiah kecil-kecilan yang masih berhubungan dengan kegemaran atau kesukaan kandidat Anda atau memberikan tips melalui email surat tersebut.

Memberikan surat penawaran merupakan salah satu pengalaman kandidat/karyawan. Pengalaman ini akan membentuk kesan sehingga karyawan/kandidat memiliki kedekatan emosional dengan Anda. Di dalam “7 Langkah Merancang Employee Experience” Anda akan mengetahui secara detail apa itu employee experience dan bagaimana merancangnya. Untuk memberikan pengalaman yang semakin baik kepada karyawan/kandidat, Anda dapat menggunakan Urbanhire, platform perekrutan yang mengembangkan Applicant Tracking System (ATS) sehingga dapat mempermudah mereka ketika melamar pekerjaan