Urbanhire Jobseeker

Strategi Merekrut Kandidat Pasif

16

Oct 2019

Urbanhire – Dalam sebuah perusahaan tentu saja membutuhkan karyawan, dimana peranan dari karyawan tersebut akan membantu kelangsungan dari perusahaan itu sendiri. Namun untuk mendapatkan karyawan yang baik tentu saja perlu adanya beberapa strategi yang perlu diperhatikan. Pada umumnya saat perusahaan ingin melakukan rekrutmen adalah dengan memasang lowongan pekerjaan di berbagai media. Namun ada salah satu strategi yang bisa digunakan selain menunggu kandidat yaitu dengan merekrut kandidat pasif. Dimana sumber mencari kandidat pasif ini bias melalui applicant tracking system seperti Urbanhire. Lalu bagaimana caranya untuk merekrut mereka? Berikut adalah strategi merekrut kandidat pasif yang bisa kamu coba:

Mencari Kandidat Secara Online

Untuk cara yang pertama adalah dengan mencari kandidat pasif tersebut secara online. Dimana untuk saat ini sudah ada banyak sekali platform atau applicant tracking system (ATS) dan sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kandidat untuk bekerja sama dengan perusahaan Anda.

Misalnya Anda menggunakan twitter atau Urbanhire dengan mencari dan memilih kandidat pasif berdasarkan lokasi dan profil yang cocok dengan kebutuhan Anda. Di dalam Urbanhire Anda dapat menggunakan resume search untuk mencari kandidat yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Menemui Kandidat Secara Langsung

Menemui kandidat pasif secara langsung juga bisa dijadikan sebagai salah satu strategi merekrut yang maksimal. Mungkin Anda bisa datang ke acara seperti seminar yang topiknya seperti kebutuhan yang Anda butuhkan. Misalnya Anda membutuhkan pegawai yang bisa menangani tentang digital marketing maka Anda perlu datang ke seminar yang membahas tentang digital marketing.

Pada saat Anda bertemu dengan beberapa orang secara langsung, maka nantinya akan mempunyai peluang yang lebih baik untuk bisa mencari tahu apakah mereka tertarik dengan pekerjaan yang Anda tawarkan atau tidak.

Memanfaatkan Program Referral

Anda dapat memanfaatkan karyawan terpercaya Anda untuk merekomendasikan seseorang untuk direkrut, ini merupakan salah satu strategi merekrut kandidat pasif. Cara ini sering disebut program referral. Menurut penelitian, sebanyak 70% lebih para rekruter berhasil mendapatkan kandidat yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan berkat program referral ini. Dengan memanfaatkan jaringan pribadi karyawan Anda dan menghubungi kandidat pasif secara personal akan semakin meningkatkan peluang Anda untuk menarik perhatian mereka. Selain itu juga manfaat lain adalah mendapatkan kandidat pasif yang lebih banyak. Program ini juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas. Jika Anda ingin menggunakan program referral alangkah baiknya Anda mempelajari lebih dahulu pentingnya employee referral program untuk rekrutmen

Di dalam Urbanhire sebuah platform applicant tracking system (ATS), anda dapat menjalankan 2 strategi tersebut sekaligus yaitu program referral dan mencari kandidat secara online melalui resume search. Urbanhire akan membuat proses perekrutan Anda lebih efektif dan efisien.