Urbanhire Jobseeker

Strategi Rekrutmen Saat Resesi

3

Apr 2020

Urbanhire – Pasti Anda sudah mengetahui bahwa ekonomi dunia saat ini sedang mengarah kepada resesi. Selain itu pandemi virus corona ini juga memperparah iklim ekonomi dunia khususnya di negara kita Indonesia. Dengan keadaan seperti ini, Anda harus dapat membuat strategi untuk menghadapi situasi tersebut. Sebagai HR, Anda memiliki berbagai cara untuk meminimalkan dampak dari resesi terhadap perusahaan Anda. Berikut beberapa cara perekrutan untuk menghadapi resesi.

Merencanakan Rencana Dengan Beberapa Kemungkinan

Sebaik-baiknya perencanaan adalah perencanaan yang memiliki kemungkinan yang paling buruk. Cara ini sangat membantu Anda dalam menghadapi resesi dan memulihkan kondisi perusahaan Anda dengan cepat ketika perekonomian mulai membaik. Dengan menentukan beberapa langkah dengan berbagai skenario, tim Anda dan perusahaan Anda akan terlindungin dengan ketidakpastian situasi. Untuk memulai perencanaan dengan berbagai skenario ini, pertimbangkan bagaimana resesi dapat berdampak pada bisnis Anda. Misalnya, bagaimana Anda akan pulih jika penjualan turun 20% hingga 50%, atau klien Anda tidak kembali kepada Anda karena sama2 mengalami keadaan yang sulit. Kembangkan rencana terperinci untuk 3-5 skenario sehingga Anda dapat membuat keputusan perekrutan dan bisnis yang dipikirkan dengan matang di setiap waktu.

Membangun Employer Branding Yang Menarik

Dari berbagai artikel menunjukan bahwa perusahaan dengan employer branding yang bagus akan mempengaruhi kesetiaan, kepuasan dan produktivitas karyawannyai. Dengan terjadinya resesi, Anda dapat melihat performa melalui metrik dan mempertahankan karyawan terbaik Anda ketika para karyawan mulai gelisah melihat situasi ekonomi. Anda harus menjaga employer branding perusahaan Anda ketika masa tersebut datang. Jika perlu Anda meningkatkannya, seperti menjalankan survei internal dan membuat peningkatan berdasarkan hasil survei, menuliskan kisah sukses karyawan di situs web Anda, dan memberikan penghargaan kepada karyawan terbaik

Menentukan Saluran Perekrutan Berkualitas

Ketika resesi, akan banyak kandidat-kandidat yang mulai mencari pekerjaan baru karena merasa tidak tenang dengan perusahaannya. Kejadian ini akan membuat Anda dan tim Anda kesulitan untuk mendapatkan/memilih kandidat yang berkualitas dan sesuai dengan kriteria. Melihat kemungkin seperti itu, sebaiknya Anda menentukan platform perekrutan yang berkualitas, seperti Urbanhire. Dengan Applicant Tracking System dan fitur pre online assessment akan otomatis menyaring kandidat yang akan melamar pekerjaan di perusahaan Anda. Dan Anda tetap bisa melacak kandidat Anda dengan mudah tanpa harus membuka file satu persatu.

Selain mempersiapkan strategi untuk menghadapi resesi, Anda juga harus meningkatkan rencana perekrutan Anda. Melalui artikel ini , Anda akan mendapatkan beberapa wawasan bagaimana strategi meningkatkan perekrutan Anda dengan baik.