Urbanhire Jobseeker

Strategi Untuk Tetap Komunikasi Di Tengah Pandemi

16

Apr 2020

Urbanhire – Saat ini adalah waktu yang menantang bagi kita semua dimana kita harus dituntut untuk selalu terhubung dan komunikasi kepada kolega. Pandemi COVID-19 telah membawa ketidakpastian dan gangguan pada setiap bisnis dan telah menyebabkan banyak perubahan yang mendadak pada diri kita. Beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan baru akibat perubahan yang mendadak tersebut tidaklah mudah. Di artikel ini, Urbanhire ingin memberikan beberapa strategi tentang bagaimana cara agar Anda dan karyawan Anda dapat menghadapi perubahan kondisi ini, dengan fokus kepada komunikasi, dan bagaimana dapat menumbuhkan rasa keterhubungan.

Jadikan Komunikasi Yang Mendukung, Transparan Dan Sering

Pandemi COVID-19 tidak hanya mempengaruhi tempat bekerja tetapi juga cara bekerja para karyawan di dunia. Rutinitas harian telah berubah dan pengalaman kerja jarak jauh setiap orangnya tidaklah sama. Beberapa karyawan memiliki ruang pribadi dan terbiasa bekerja dengan cara ini dan ada beberapa karyawan memiliki anak yang harus diperhatikannya ketika di rumah. Dengan perbedaan tersebut, penting untuk menunjukkan toleransi dan pemahaman serta menjaga komunikasi agar tetap jelas, transparan, dan fleksibilitas dengan karyawan Anda.  Dengan tetap menjaga komunikasi tetap jelas, transparan dan mendukung mereka dapat membantu karyawan Anda bahwa Anda ada di setiap kondisi dan mendukung mereka. Berikut beberapa tips yang perlu Anda ingat ketika berkomunikasi dengan tim Anda:

  1. Jadwalkan sesi tanya jawab
  2. Selalu update melalui email
  3. Gunakan bahasa dan intonasi yang positif

Bantu Karyawan Anda Untuk Menyesuaikan Bekerja Dari Rumah

Strategi yang kedua agar tetap komunikasi di tengah pandemi adalah membantu karyawan Anda untuk beradaptasi. Anda memiliki berbagai cara yang dapat dilakukan agar karyawan Anda cepat beradaptasi Berikut adalah beberapa inisiatif untuk membantu karyawan menyesuaikan diri dengan bekerja dari jarak jauh:

  1. Program Bantuan Karyawan: Anda dapat memberikan bantuan kepada karyawan Anda melalui pihak ketiga ataupun langsung dari manajer bagi karyawan yang merasakan ketidaknyamanan bekerja dari rumah. Hal ini sangatlah membantu untuk karyawan cepat beradaptasi karena keluh kesah dan kebutuhan mereka selama bekerja dari rumah dapat didengarkan oleh perusahaan.
  2. Acara virtual: Adakan acara virtual yang dapat dilakukan bersama-sama seperti sarapan, makan siang, atau bersenang-senang selama 1 jam.  Dengan banyak karyawan yang bergabung acara virtual tersebut akan membuat mereka tetap terhubung satu sama lain secara tatap muka, meskipun melalui layar. Dan hal ini membantu karyawan mudah untuk beradaptasi.
  3. Alat komunikasi: Alat komunikasi di dunia kerja sangatlah penting. Di berbagai perusahaan, karyawan dapat saling terhubung, bersosialisasi, dan saling membantu melalui alat komunikasi. Untuk itu agar karyawan Anda tetap terhubung dan cepat beradaptasi disarankan menggunakan alat komunikasi yang mudah di akses dan mudah pemakaiannya.

Selalu Periksa Bagaimana Keadaan Karyawan Anda

Saat mengembangkan budaya kepercayaan, transparan, dan komunikasi, penting untuk terus-menerus memeriksa dan bertanya kepada karyawan bagaimana keadaan mereka. Feedback dari karyawan ini tidak hanya untuk menginformasikan bagaimana dampak suatu keputusan atau kebijakan bagi perusahaan, tetapi juga berperan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan. Sehingga Anda akan tahu bagaimana para karyawan berkontribusi untuk perusahaan. Dengan selalu memeriksa keadaan karyawan Anda, akan membantu Anda bagaimana perasaan yang mereka rasakan dan menentukan strategi kedepannya untuk perusahaan Anda.Itulah strategi yang perlu Anda perhatikan agar tim Anda tetap terhubung di tengah pandemi ini.

Selain itu, Anda sebagai HR harus bisa memberikan perlindungan untuk perusahaan Anda. Disinilah Anda sebagai HR harus menjadi pemimpin di pandemi ini. Anda dapat membaca artikel “Bagaimana HR Memimpin Selama Wabah Corona” untuk mengetahui langkah-langkah yang harus Anda buat. Tidak lupa kami sarankan untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan sebuah Applicant Tracking System. Urbanhire dapat membantu Anda untuk menemukan kandidat yang berkualitas untuk mengisi tim remote Anda melalui fitur Pre-Assessment Questions dan melindungi perusahaan Anda dari terinfeksi virus corona dengan menggunakan fitur video interview ketika ingin melakukan perekrutan.