Urbanhire Jobseeker

Strategi Yang Efektif Untuk “Merangkul” Pekerja Remote

29

Jan 2020

Urbanhire – Di era modern dan internet ini, pekerja remote mengalami peningkatan di penjuru dunia. Perusahaan besar maupun kecil, banyak yang menerapkan sistem kerja remote ini dimana karyawannya dapat bekerja di manapun tanpa harus datang ke kantor. Selain itu status para pekerja remote ini juga sudah banyak yang diangkat menjadi karyawan tetap meski tidak pernah di kantor. Bekerja secara remote saat ini pun menjadi salah satu daya tarik, untuk itu Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kebijakan ini.

Bekerja secara remote memang sangat menarik untuk karyawan namun sistem ini dapat memutus hubungan antara perusahaan dan pegawainya. Anda sebagai praktisi HR atau yang berwenang di dalam perusahaan, Anda harus memikirkan rencana atau strategi bagaimana “merangkul” atau melibatkan pekerja remote. Berikut strategi untuk “merangkul”/melibatkan mereka.

Dimulai Dengan Membangun Tim

Membangun tim merupakan langkah pertama untuk Anda ketika ingin “merangkul” atau melibatkan pekerja remote. Membangun tim untuk pekerja remote berbeda dengan membangun tim pada umumnya. Alasannya adalah setiap anggota tim tidak berada di satu tempat dan jaraknya berbeda-beda. Dalam membangun tim, Anda harus memperhatikan rasa kebersamaan dan teamwork. Cara yang efektif untuk membangun rasa kebersamaan dan teamwork ini adalah dengan sering melakukan concall dan melakukan ice breaking dengan memberikan kuis berhadiah ketika sedang concall.

Ciptakan Komunikasi Yang Lebih Mudah dan Konsisten

Semua aktivitas akan berhasil tergantung bagaimana cara menyampaikan pesannya. Untuk itu Anda harus dapat menciptakan cara berkomunikasi yang lebih mudah agar dapat “merangkul” atau melibatkan pekerja remote Anda. Langkah pertama untuk melancarkan dan mempermudah komunikasi adalah memilih operator komunikasi yang berkualitas tinggi. Pertimbangkan juga untuk memilih aplikasi yang mudah dan familiar untuk digunakan. Bentuk SOP atau format pesan yang jelas jika sedang membahas pekerjaan. Yang tidak kalah penting adalah memilih anggota yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Pelihara Budaya Perusahaan Anda

Terkadang, perusahaan hanya fokus kepada pemberian fasilitas kepada pekerja remote, dan budaya perusahaan terlupakan karena mereka tidak berada di kantor. Untuk itu Anda harus menanamkan budaya perusahaan Anda pada tim remote Anda. Anda dapat menanamkan budaya perusahaan Anda melalui komunikasi Anda kepada mereka setiap harinya. Anda juga dapat mengajak mereka untuk bergabung dalam rapat pengambil keputusan atau bahkan meminta mereka untuk memimpin rapatnya. Dengan memberikan kepercayaan dan membangun kepercayaan, Anda akan memelihara dan menanamkan budaya perusahaan kepada tim remote Anda. Mereka akan merasa terhubung dengan Anda dan perusahaan Anda meski berbeda jarak. 

Berikan Pengakuan Kepada Tim Anda 

Banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh perusahaan yang memiliki pekerja remote. Kesalahan itu adalah sering melupakan jika memiliki tim remote. Hindari kesalahan tersebut dengan minimal mengenali mereka dan memberikan sebuah pengakuan jika tim remote Anda berhasil memberikan kontribusi yang sangat berdampak kepada perusahaan. Ini akan meningkatkan kedekatan Anda dengan mereka sehingga Anda berhasil “merangkul”atau melibatkan mereka dalam perusahaan Anda. Libatkan juga karyawan-karyawan Anda yang berada di kantor untuk merayakan keberhasilan tim remote Anda. Ini juga akan semakin membuat mereka merasa jika mereka memang benar-benar menjadi bagian dari perusahaan.

Kebijakan kerja remote ini memiliki keuntungan untuk sebuah perusahaan dan untuk karyawan sendiri. Keuntungan untuk perusahaan adalah meningkatkan keberagaman perusahaan Anda. Melalui artikel “Kebijakan Kerja Remote Mendorong Keberagaman” Anda akan tahu apa saja manfaat kerja remote untuk Anda. Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan sebuah Applicant Tracking System dapat membantu Anda untuk menemukan kandidat yang berkualitas untuk mengisi tim remote Anda  melalui fitur Pre-Assessment Questions