Urbanhire Jobseeker

Strategi Yang Perlu Dicoba Sebelum PHK

28

Apr 2020

Urbanhire – PHK terjadi dimana-mana, hal ini diakibatkan kondisi ekonomi yang tidak menentu karena penyebaran Virus Corona. Selain itu banyak juga perusahaan yang menyetop proses perekrutan mereka di tengah pandemi ini. Melihat keadaan seperti ini, banyak juga perusahaan yang mencoba untuk bertahan dengan menyesuaikan keadaan dengan menggunakan alternatif lain sebelum melakukan pengurangan karyawan sebagai jalan terakhirnya. Berikut strategi atau cara alternatif sebelum memutuskan PHK.

Cuti Tidak Berbayar Atau Merumahkan Karyawan Sementara

Sebenarnya cuti tidak berbayar dan merumahkan karyawan sementara itu apa? Cuti tidak berbayar dalam hal ini memberikan cuti tanpa upah kepada karyawan dan merumahkan karyawan dalam waktu sementara ini, semacam larangan untuk bekerja selama periode tertentu. Kedua cara ini hampir sama yaitu membuat karyawan berhenti bekerja dalam kurun waktu tertentu. Perbedaan dari cara tersebut terletak pada status karyawan. Untuk karyawan yang Anda berikan cuti tidak berbayar masih berstatus sebagai karyawan sehingga tunjangan seperti asuransi masih dapat mereka gunakan. Sedangkan untuk merumahkan karyawan sementara status mereka seperti PHK sehingga semua tunjangan tidak bisa mereka manfaatkan namun mereka dapat kembali lagi setelah pelarangan tersebut Anda cabut dan Anda wajib memberikan pesangon. Kelemahan dalam cara ini adalah memberikan peluang kepada karyawan Anda untuk mencari pekerjaan baru.

Memotong Gaji Para Manager Dan Karyawan

Strategi kedua agar Anda tidak memilih untuk PHK karyawan Anda adalah dengan memotong gaji seluruh karyawan dan manager selama periode tertentu. Anda bisa mengaturnya besaran potongan gaji sesuai dengan keadaan perusahaan dan jabatan. Dengan cara ini, Anda dapat mempertahankan karyawan Anda dan perusahaan Anda tetap berjalan di tengah pandemi ini. Dan dengan cara ini karyawan akan merasa tenang dan dapat bertahan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selama pandemi ini. Kelemahan dari cara ini adalah sulitnya mengembalikan gaji semula karena pemulihan ekonomi memakan waktu yang lama meski kegiatan ekonomi sudah kembali seperti semula. Selain itu juga akan berdampak kepada semangat kerja karyawan karena mengalami pemotongan gaji. Ini menjadi pekerjaan rumah Anda agar dapat memberikan pemahaman kepada karyawan Anda

Hilangkan Semua Yang Tidak Penting

Strategi selanjutnya agar Anda dapat menghindari untuk PHK karyawan Anda adalah menghilangkan hal-hal yang tidak penting atau bukan hal pokok. Dengan cara ini akan membantu Anda untuk mengatur keuangan perusahaan Anda. Misalnya Anda menghilangkan bonus penjualan, subsidi makan siang, transportasi, servis dan alat berbayar dan menghentikan sementara proses perekrutan. Sisi buruk dari strategi ini sama seperti strategi-staregi sebelumnya bahwa hal ini akan berpengaruh kepada produktivitas karyawan Anda dan sekali lagi menjadi pekerjaan rumah bagi Anda untuk memberikan pengertian agar karyawan Anda paham dengan kondisi saat ini.

Itulah strategi yang bisa Anda gunakan untuk menghindari PHK sebagai langkah terakhir untuk menyelamatkan perusahaan Anda. Dan ditengah pandemi ini Anda juga harus memperhatikan kembali tentang strategi employer brand, alasannya adalah dengan situasi seperti ini pasti akan mempengaruhi perasaan dan pandangan karyawan Anda tentang perusahaan Anda. Untuk itu Anda bisa melihat artikel “Strategi Employer Brand Di Saat Pandemi”. Kami sarankan juga untuk Anda agar menggunakan Urbanhire, platform perekrutan dengan Applicant Tracking System (ATS) yang dapat membantu Anda untuk memaksimalkan strategi employer brand dengan fitur careere site yang dapat Anda desain sesuai perusahaan Anda.