Urbanhire Jobseeker

Sudahkah Anda Meningkatkan Proses Akuisisi dan Manajemen Kandidat?

24

Jun 2019

Blog

Urbanhire – Hari-hari ini, dalam hal akuisisi bakat, keseimbangan kekuasaan akan terus bergeser dari manager ke kandidat. Kami bisa berbicara dengan pengalaman dalam menggunakan data. Dengan memanfaatkan alat dan situs teknologi SDM, rekrutmen telah berkembang secara dramatis selama beberapa dekade terakhir dan sekarang merupakan industri multi-miliar dolar, yang dapat diucapkan terima kasih terutama untuk pengembangan dan kemajuan teknologi. Hingga tahun 90-an, satu-satunya cara untuk mengiklankan posisi terbuka adalah melalui papan buletin atau memposting pengumuman di bagian pekerjaan surat kabar. Saat ini lebih dari 97% pencari kerja mencari peluang karier online. Perburuan kepala menjadi populer dan 2003 melihat peluncuran LinkedIn yang memungkinkan orang untuk mencari kandidat secara online. Sudahkah Anda Meningkatkan Proses Akuisisi dan Manajemen Kandidat?

Berdasarkan hal itu, dapat dikatakan bahwa selalu ada beberapa elemen pemasaran dalam rekrutmen tetapi sekarang rekrutmen dan pemasaran telah menjadi saling terkait. Kami ingin berbagi beberapa poin tentang situasi yang menunjukkan rekrutmen yang telah berkembang saat ini:

1. Tren Perekrutan Digital

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dekade lalu, perekrut menggunakan papan pekerjaan dan iklan surat kabar untuk mengiklankan lowongan, tetapi sekarang, sebagian besar SDM atau perekrut menggunakan teknik pemasaran untuk menarik bakat. Jadi, penting untuk memanfaatkan layanan atau platform di mana Anda dapat meminimalkan upaya untuk membuat iklan pekerjaan dan mendorongnya ke berbagai saluran sekaligus, memamerkan informasi perusahaan Anda melalui visual, mendekati pasar bakat Anda dan bahkan, mendorong iklan pekerjaan ke media sosial pribadi atau perusahaan Anda. Tindakan-tindakan tersebut diambil untuk memastikan penempatan kerja menjangkau komunitas terluas dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan talenta yang lebih relevan.

2. Pengenalan “Employer Branding”

Sebelum sekarang, perusahaan hanya berfokus dalam mempertahankan bagaimana pelanggan mereka melihat bisnis mereka melalui branding produk yang hanya berfokus pada metrik komersial. Tetapi sekarang, sebagian besar perusahaan menaruh perhatian besar pada bagaimana menciptakan atau mempertahankan merek mereka sebagai pemberi kerja. Sebagian besar, mereka mengambil suara karyawan mengalahkan suara perusahaan. Ini berarti memposisikan perusahaan Anda secara menguntungkan di pasar kerja untuk menarik bakat terbaik di luar sana.

3. Pentingnya Pengalaman Karyawan 

Salah satu strategi penting yang terkait dengan manajemen bakat adalah bagaimana membuat karyawan terlibat dan secara otomatis memberi manfaat untuk meningkatkan nilai retensi karyawan. Karena persaingan dalam tempat kerja profesional meningkat, perusahaan perlu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan mempertahankan karyawan terbaik untuk pekerjaan itu. Untuk dapat melakukan itu, subkelompok karyawan harus diperlakukan dengan cara yang dirancang khusus untuk mereka. Definisi pengalaman karyawan bahkan lebih luas daripada manajemen bakat saja, ini lebih merupakan ringkasan dari berbagai persepsi yang dimiliki karyawan tentang dimensi organisasi / kerja tempat mereka bekerja. Jika sebuah perusahaan menghadiri pengalaman karyawannya dengan tingkat disiplin dan niat yang sama dengan pengalaman pelanggannya, hasilnya dapat dilihat secara menyeluruh. Karyawan lebih puas, perusahaan menikmati retensi karyawan yang lebih tinggi dan manfaat lainnya, dan pelanggan mendapatkan layanan yang lebih baik.

4. Turnover

Baik mencari pengganti atau mempekerjakan baru, sebagian besar perusahaan hampir tidak punya waktu untuk mengelola proses sistematis dalam melakukan rekrutmen. Permintaan selalu datang sekarang, bukan nanti. Situasi ini mengharuskan perusahaan untuk mulai berpikir tentang cara membuat saluran pipa bakat. Tidak ada cara lain untuk menyiapkan saluran bakat yang baik selain membangun kesadaran tentang perusahaan ke pasar bakat. Kampanye semacam ini juga perlu ditambahkan dengan manajemen kolaboratif yang sangat baik dengan para pemimpin puncak dalam mendapatkan komitmen mereka dan untuk secara aktif membantu mempertahankan tim.

5. Perubahan Respon terhadap “Big Data”

Setiap metode pencarian bakat perlu dianalisis dan diukur untuk memastikan bahwa sumber daya perekrutan dialokasikan secara efektif. Platform baru dan sumber lapangan akhirnya akan memungkinkan perekrut untuk mengidentifikasi jalan yang paling bermanfaat untuk mengejar untuk mendapatkan talenta terbaik dan di mana untuk paling efektif memusatkan upaya mereka, dan itu akan melalui data yang berbicara. Meskipun menggabungkan metode, teknologi, dan pendekatan baru sangat penting, cara terbaik untuk tetap relevan dalam menghadapi perubahan adalah bersikap fleksibel. Pada akhirnya, meningkatnya kompleksitas akuisisi bakat dan alat yang lebih canggih telah berkontribusi pada pendekatan baru berbasis data untuk akuisisi bakat.

Tren-tren yang muncul dalam industri rekrutmen ini, dapat membantu perekrut menemukan dan menarik bakat berkualitas, membangun kumpulan bakat yang solid untuk kandidat pekerjaan yang aktif dan pasif, dan tentunya membantu perusahaan untuk tetap selangkah lebih maju dari kompetisi dengan alat dan strategi perekrutan yang inovatif.

Urbanhire merupakan End-to-End Recruitment Solutions yang dapat digunakan perusahaan Anda ketika melakukan proses akuisisi dan manajamen kandidat. Melalui fitur-fitur Urbanhire, proses rekrutmen di perusahaan Anda akan jauh lebih mudah dan cepat.