Urbanhire Jobseeker

Teknologi Membantu Transisi Ke New Normal

8

Jul 2020

Urbanhire – Di situasi saat ini, teknolog sangati membantu transisi ke new normal. Dan tidak diragukan lagi, pandemi ini secara drastis mempengaruhi banyak perusahaan dan cara-cara berbisnis. Jutaan orang telah dipaksa untuk beradaptasi dengan bekerja dan berutinitas di rumah dan sementara banyak yang dipaksa untuk pergi bekerja setiap hari sebagai karyawan penting serta yang lainnya terkena pemutusan hubungan kerja. Melihat kondisi seperti ini, Anda sebagai praktisi HR harus mencoba untuk memahami dan berempati dengan kebutuhan karyawan saat ini. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah melalui teknologi jarak jauh, yang dengan cepat membantu “menormalkan” kegiatan atau aktivitas kantor di tempat yang baru, rumah. Menggunakan teknologi tertentu di perusahaan Anda dapat memudahkan penyesuaian kerja dari jarak jauh dan bahkan meningkatkan semangat selama masa percobaan ini. Lalu seperti apa teknologi membantu transisi ke new normal?

Munculnya Tim Virtual

Terbentuknya tim virtual merupakan salah satu bukti bahwa teknologi dapat membantu transisi ke new normal. Banyak perusahaan telah menjalankan beberapa pekerjaan secara jarak jauh selama bertahun-tahun. Dan situasi tersebut memudahkan penyesuaian mereka untuk mengelola tenaga kerja ketika bekerja dari rumah selama pandemi ini. Dengan adanya COVID-19, hampir semua tempat kerja menjalankan pekerjaan jarak jauh dan kemungkinan hal ini akan menjadi normal baru. Bekerja dari jarak jauh dapat memiliki banyak manfaat dan tantangan, terutama dalam pengaturan tim. Sisi positif dari munculnya tim virtual ini adalah memungkinkan Anda untuk menyatukan karyawan yang mungkin tersebar luas di seluruh negeri atau bahkan dunia. Ini juga dapat menawarkan fleksibilitas yang lebih besar bagi karyawan untuk bekerja di lokasi yang nyaman dengan jam kerja yang sesuai dengan jadwal mereka, yang dapat mempengaruhi pada kepuasan dan produktivitas di tempat kerja yang lebih besar. Akhirnya, pekerjaan jarak jauh dapat menghemat uang perusahaan dengan mengurangi atau menghilangkan biaya untuk menyewa bangunan dan pemeliharaan.

Semua Kegiatan Akan Online

Jika Anda menerima karyawan baru selama masa ini, sangat penting untuk membangun program orientasi. Ketika pandemi ini masih belum teratasi, orientasi secara virtual atau online menjadi pilihannya. Program virtual yang solid akan dengan mudah memperkenalkan dan menanamkan budaya dan nilai-nilai perusahaan Anda yang lain ke karyawan baru Anda kepada. Ini juga mungkin waktu yang tepat bagi karyawan Anda untuk mengambil keuntungan dari pelatihan virtual dan pembelajaran online. Dorong karyawan Anda untuk mengambil kursus online di situs-situs pelatihan sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan mereka dan bahkan mempelajari hal-hal baru selama bekerja dari rumah ini.

Lewat Konferensi Video, Employee Engagement Tetap Terjaga

Tantangan besar lain yang dihadapi para manajer selama pandemi ini adalah keterlibatan karyawan. Kurangnya komunikasi langsung secara tatap muka sering dapat menyebabkan terputusnya rantai komunikasi dan perasaan terisolasi. Untungnya, teknologi dapat membantu transisi ke new normal dan interaksi serta komunikasi karyawan tetap berjalan. Kunci untuk menjaga karyawan Anda tetap aktif saat bekerja dari jarak jauh adalah menjadi host pertemuan virtual. Anda dapat menggunakan panggilan video untuk memeriksa keadaan karyawan Anda dan melihat bagaimana mereka bekerja. Pertemuan virtual juga dapat menjaga komunikasi dan kolaborasi di antara karyawan Anda, sambil juga menjaga budaya perusahaan dan meningkatkan moral mereka.

Ada hal yang tidak kalah penting ketika masa pandemi ini, yaitu menumbuhkan sifat optimis. Menumbuhkan sifat optimis di tengah pandemi sangat dibutuhkan di semua komunitas termasuk lingkungan perusahaan Anda. Ketika Anda ingin membangun optimisme di lingkungan perusahaan, Anda sebaiknya fokus kepada para jajaran manajemen perusahaan Anda. Melalui artikel “Cara Membuat Tetap Optimis Di Tengah Pandemi” Anda akan mendapatkan wawasan tentang menumbuhkan rasa optimis di lingkungan perusahaan. Tidak lupa juga kami sarankan kepada Anda untuk menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dapat membantu Anda mendapatkan kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda dengan fitur Pre Online Assessment.