Urbanhire Jobseeker

Tingkatkan Masa Orientasi Karyawan Dengan 4 Cara Ini

20

Dec 2019

Urbanhire – Bagaimana masa orientasi karyawan baru di perusahaan Anda? Pada umumnya situasi dan kondisi karyawan baru saat masa orientasi pasti merasa canggung ketika bekerja di hari pertama. Selain itu, karyawan baru ini terkadang belum mendapatkan fasilitas yang siap digunakannya, seperti laptop/komputer di hari pertama. Mereka harus menunggu sehari hingga tiga hari berikutnya untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Lalu selain masalah fasilitas, karyawan yang sudah lama bekerja juga kurang memberikan sambutan dan membiarkan karyawan baru tanpa informasi tentang pekerjaan. Pengalaman ini sangatlah umum dan hanya sedikit karyawan baru yang mengalami pengalaman yang menyenangkan ketika dalam masa orientasi. Lalu bagaimana caranya untuk meningkatkan masa orientasi karyawan dengan baik?

Jadikan Sebuah Kelomok

Sebenarnya, masa orientasi karyawan bukanlah tugas yang harus diatur oleh departemen sumber daya manusia atau HRD namun banyak orang yang beranggapan HRD lah yang harus melakukannya. Untuk itu, sebelum karyawan baru bergabung, Anda sebagai praktisi harus memberikan penjelasan dan arahan kepada tim yang akan kedatangan karyawan baru. Arahan itu bisa berupa memberikan pendampingan dan penjelasan tugas utama dari karyawan baru tersebut.

Selain itu, berikan bantuan berupa daftar kepada tim  yang harus diselesaikan sebagai referensi seperti mengingatkan kepada tim untuk dapat menyiapkan meja dan keperluan kerja karyawan baru. Memberikan sesi pengenalan di hari pertama, menyiapkan mentor dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan jarak antara karyawan baru dengan karyawan lama.

Waktu Masa Orientasi Lebih Dari Seminggu

Untuk meningkatkan masa orientasi mejadi lebih baik, Anda harus menyediakan waktu lebih dari seminggu. Alasannya adalah agar karyawan baru ini lebih memahami pekerjaan mereka dan kesempatan mendapatkan ilmu dari mentor lebih banyak. Dengan karyawan baru yang sudah memahami pekerjaan mereka, akan berujung kepada kenyamanan karyawan baru saat bekerja sehingga menurunkan tingkat turnover pada karyawan baru.

Berikan Pengalaman Tambahan

Selama menjalankan masa orientasi karyawan, sebaiknya Anda memberikan pengalaman tambahan di luar dari pengenalan tugas mereka. Dalam memberikan pengalaman tambahan di masa orientasi sebaiknya Anda memberikan pengalaman yang mengandung unsur teknologi dan interaktif. Anda bisa mengajak karyawan baru minum kopi bersama dan membicarakan pengalaman mereka saat masa orientasi. Lalu selipkan obrolan tentang pekerjaan, fungsi dan betapa pentingnya tugas yang mereka pegang. Atau dengan memberikan video yang berkaitan dengan pekerjaan mereka. Dan mintalah mereka untuk menanggapi atau menyampaikan ide mereka setelah melihat video tersebut.

Sesuaikan Berdasarkan Fakta

Anda harus mendapatkan tanggapan dari karyawan yang sudah melewati masa orientasinya dan tanggapan dari hasil exit interview, lalu bandingkan tanggapan tersebut. Tanggapan ini sangatlah penting untuk menentukan program masa orientasi kedepannya. Anda pasti akan menemukan hal-hal yang harus ditingkatkan, dihilangkan atau dipertahankan dalam program orientasi.

Untuk mendapatkan data yang akurat saat melakukan exit interview Anda perlu memikirkan beberapa hal agar berjalan dengan lancar. Anda dapat membaca “Bagaimana Melakukan Exit Interview Yang Baik” untuk mendapatkan detail bagaimana exit interview yang baik.

Selain itu Anda dapat menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang menggunakan Applicant Tracking System (ATS) untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan perusahaan Anda. Dengan memanfaatkan job distribution Urbanhire, dengan total lebih dari dua puluh job portal dan universitas-universitas ternama di Indonesia akan membuat Anda lebih cepat mendapatkan kandidat dan mengisi kekosongan posisi di perusahaan Anda.