Urbanhire Jobseeker

Tingkatkan Rencana Perekrutan Strategis Anda

16

Aug 2019

Blog

Urbanhire – Small Medium-sized Enterprise atau lebih dikenal dengan singkatan SME, adalah bisnis atau perusahaan dengan kapasitas kecil dan menengah.  Bisnis seperti ini biasanya memiliki tidak lebih dari 250 orang karyawan. Secara global, bisnis SME sedang berkembang saat ini. Rencana perekrutan secara tahunan pun mulai berkembang seiring dengan semakin banyaknya pelamar kerja dan tenaga yang dibutuhkan. 

Tetapi, rencana perekrutan secara biasa masih tetap dijalankan oleh bisnis-bisnis yang bersaing di pasar lowongan kerja. Perekrutan biasa ini bahkan sudah beralih ke situs media sosial. Karena semakin majunya teknologi, para kandidat mencari lowongan melalui jaringan sosial online. Jika Anda ingin merekrut kandidat terbaik, mulailah menyusun rencana perekrutan dan mempublikasikannya online. 

Berikut beberapa strategi yang dapat membantu proses rencana perekrutan bisnis Anda demi mencari the best of the best. Bahkan, strategi rencana perekrutan yang akan dibahas sudah termasuk yang biasa dan tahunan,  karena keduanya berhubungan. 

  1. Catat kebutuhan perekrutan bisnis Anda

Jika bisnis Anda sudah berjalan lama atau baru satu tahun, periksa kembali dengan tim perekrutan Anda apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi pertimbangan proses perekrutan yang baru. Kenapa perlu memeriksa kembali yang lama? Karena untuk memajukan bisnis Anda, Anda perlu melihat sisi positif dan negatif di tahun-tahun kemarin. Sudah pasti akan muncul satu atau dua orang karyawan yang bekerja melebihi ekspektasi pekerjaan. Disinilah Anda harus memperbarui kebutuhan perekrutan bisnis agar tetap bersaing dengan yang lain. Maka dari itu, perekrutan secara tahunan sangatlah penting untuk dibahas lagi sebelum memulai yang baru. 

  1. Mengevaluasi kembali tujuan utama bisnis Anda

Sebelum memulai bisnis Anda, bersama tim perekrutan atau tim perencanaan HR menyusun tujuan strategis yang akan membuat bisnis Anda berkembang di masa depan. Tidak ada salahnya untuk mengevaluasi kembali tujuan strategis bisnis dan memperbaikinya seiring waktu berjalan. Dengan ini, Anda dapat mengoptimalkan peluang apa yang ingin diraih di tahun-tahun mendatang.  

Tidak hanya satu tujuan strategis yang Anda butuhkan, tetapi buatlah beberapa tambahan yang dapat membantu menentukan posisi perekrutan baru. Beberapa tujuan strategis baru yang dapat Anda usulkan seperti pendapatan, margin keuntungan, ekspansi internasional, pengembangan produk, atau layanan baru. 

  1. Menyusun deskripsi pekerjaan yang efektif

Langkah berikutnya adalah menyusun deskripsi pekerjaan yang efektif. Mengapa harus efektif, karena untuk menarik perhatian calon pekerja baru. Tulislah deskripsi pekerjaan dengan jelas dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Yang dapat Anda lakukan adalah menulis judul posisi dan informasi bisnis profil Anda. Beri ringkasan tugas yang harus dilaksanakan para kandidat setelah terpilih nanti. Jelaskan juga mengenai kualifikasi apa saja yang diperlukan untuk mengemban semua tugas itu nanti. 

  1. Gunakan sarana perekrutan yang tepat

Setelah menyusun deskripsi pekerjaan yang efektif, mulailah proses pemasaran lowongan kerja untuk menyeleksi para kandidat. Gunakan sarana perekrutan lebih dari satu. Dengan kata lain, promosi yang bagus dimulai dengan paparan yang luas agar cepat ditanggapi. 

Ada banyak sarana perekrutan yang kini sering dipakai dalam kalangan bisnis berkapasitas SME. Diantaranya, situs lowongan kerja online, word of mouth (mulut ke mulut), situs media sosial, iklan, website bisnis pribadi Anda, dll.  Semakin banyak promosi yang kamu lakukan, semakin banyak tanggapan dari para kandidat. Dengan cara ini, semakin banyak pelamar yang bisa dipilih untuk mencari yang terbaik. 

  1. Proses pemilihan kandidat terbaik

Setelah mempromosikan lowongan kerja bisnis Anda, langkah berikutnya adalah melakukan proses pemilihan kandidat terbaik. Persiapan seperti wawancara dan pengalaman kandidat merupakan salah satu cara perekrutan yang efisien. 

Dengan seleksi yang sangat ketat, atur waktu untuk proses wawancara bagi para kandidat yang lolos. Ini kesempatan bagus untuk memastikan apakah kandidat cukup berkualifikasi dalam pekerjaan yang ditawarkan dan apakah sesuai dengan harapan mereka. 

Selanjutnya, pengalaman kandidat adalah semua tentang interaksi antara kamu sebagai pemimpin atau perekrut dan kandidat itu sendiri. Meskipun Anda mempunyai bisnis berkapasitas SME, pengalaman kandidat tetaplah penting. Ini semua mengenai bagaimana kandidat diperlakukan selama proses perekrutan tersebut. Merasa aman dan nyamankah mereka berada dalam lingkungan yang baru? Ini semua tergantung dalam proses wawancara tersebut. 

  1. Tawaran pekerjaan

Akhirnya, strategi dari rencana perekrutan bisnis Anda akan segera berakhir. Membuat penawaran pekerjaan resmi kepada kandidat terpilih adalah proses yang terakhir. Sebelumnya, informasikan langsung kepada kandidat bahwa mereka telah diterima melalui telepon.  

Jangan lupa untuk mencantumkan apa saja yang telah didiskusikan selama wawancara yang menyangkut pekerjaan yang bersangkutan. Anda juga bisa memberi waktu beberapa hari kepada kandidat untuk berpikir sebelum benar-benar menerima tawaran tersebut. 

Sudah siapkah Anda membuat rencana perekrutan bisnismu sendiri? Ikuti saja semua strategi yang disebutkan diatas dan mintalah bantuan kepada tim perekrutan. Sudah menjadi tugas tim perekrutan untuk menyaring semua informasi yang dibutuhkan untuk merekrut kandidat terbaik.  

Tentu saja ini akan memakan waktu lama dan tidak mungkin bisa dibuat dengan singkat. Yang dibutuhkan adalah upaya yang keras dan optimistis yang kuat berdasarkan kebutuhan bisnis Anda. Kenyataannya, yang Anda perlukan adalah bantuan orang lain, media sosial dan teknologi canggih berkaitan dengan perekrutan kandidat terbaik.  

Sementara itu, rencana perekrutan Anda harus terus dioptimalkan untuk memperoleh hasil terbaik. Dalam pasar lowongan kerja saat ini, selalu berkembang dengan cepat. Rencana perekrutan juga harus berkembang seiringnya waktu. 

Gunakan Urbanhire sebagai Recruitment Platform yang bisa menjadi solusi dalam perekrutan pada Small Medium-sized Enterprise Anda. Dengan fitur Pre-Assessment Questions, Anda bisa dengan mudah mendapatkan kandidat yang berkualifikasi dalam waktu singkat. Dengan itu, Anda bisa merekrut beberapa kandidat pada waktu dan biaya secara lebih efisien.