Urbanhire Jobseeker

Tips Membangun Tim Customer Care Terbaik

13

Jan 2020

Urbanhire – Semua pasti sepakat bahwa membuat dan menjaga klien tetap senang tidak hanya tugas tim customer care. Tugas tersebut merupakan tugas semua anggota organisasi. Meskipun membuat dan menjaga klien tetap senang adalah tugas bersama, Anda perlu membuat tim customer care yang mumpuni. Alasannya adalah mereka sebagai pertahanan utama ketika berhubungan dengan klien. Lalu bagaimana tips membangun tim customer care terbaik untuk perusahaan Anda?

Tetapkan Fungsi Dan Peran Tim Anda

Sebelum mendirikan departemen khusus untuk tim customer care, pertimbangkan dasar dan tujuannya. Biasanya tim customer care tujuannya mengikuti pada model bisnis Anda, seperti target klien dan jasa Anda. Ketika penetapan tujuan dilakukan dengan baik, penetapan fungsi dan peran tim customer care akan semakin mudah. Selain itu, ketika merekrut, Anda akan memiliki sebuah dasar untuk menentukan kualifikasinya.

Menarik Kandidat Yang Tepat

Tim customer care adalah departemen yang akan langsung berhubungan dengan klien Anda. Oleh karena itu, Anda harus mempekerjakan kandidat terbaik, dan untuk melakukan itu, Anda harus menarik perhatian kandidat yang berkualitas tinggi. Untuk itu Anda harus meningkatkan employer branding perusahaan Anda dan memanfaatkan sosial media sebagai tempat promosi.

Membuat Keputusan Perekrutan Yang Baik

Tidak hanya cukup untuk menarik bakat yang berkualitas, Anda juga harus membuat keputusan perekrutan yang cerdas. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang mempekerjakan kandidat yang berkualitas untuk tim customer care Anda. Anda dapat memilih kandidat yang Anda undang untuk wawancara berdasarkan karakteristik, keterampilan, dan pengalaman mereka yang relevan. Ada beberapa karakteristik harus terpenuhi untuk menjadi tim Anda. Karakteristiknya adalah memiliki empati untuk menghargai klien Anda, fleksibilitas untuk siap dihubungi kapanpun, komunikasi yang baik dan pekerja keras.

Tingkatkan Ikatan Emosional Karyawan Dengan Perusahaan

Perusahaan dengan tingkat ikatan emosional karyawan yang tinggi membuat karyawan bekerja lebih baik dan produktivitas perusahaan mengalami peningkatan. Jika Anda belum memiliki ikatan dengan karyawan, Anda harus mulai mendekatkan diri kepada mereka khususnya tim customer care. Ada beberapa cara untuk meningkatkan ikatan emosional tim customer care,diantaranya memberikan umpan balik yang teratur, bermanfaat, dan membangun. Jangan segan memberikan apresiasi bila tim customer care Anda bekerja dengan baik dan jangan segan pula untuk memberikan kritik jka mereka tidak bekerja sesuai harapan Anda.

Dorong Pertumbuhan Karir Mereka

Untuk membuat tim yang terbaik. Anda perlu memberikan motivasi. Dengan memberikan motivasi akan memancing mereka untuk bekerja lebih maksimal. Motivasi tersebut berupa peningkatan karir. Cobalah untuk mempromosikan dan memberikan pengembangan karir untuk karyawan Anda.

Selain memperhatikan karakteristik dan kualitas kandidat untuk mengisi kekosongan, Anda juga harus meningkatkan rencana perekrutan strategis Anda. Melalui artikel “Tingkatkan Rencana Perekrutan Strategis Anda” Anda akan mendapatkan insight untuk meningkatkan rencana Anda. Dan gunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan dengan Applicant Tracking System dengan fitur Pre-Assessment Questions, Anda bisa dengan mudah mendapatkan kandidat yang berkualifikasi dalam waktu singkat. Dengan itu, Anda bisa merekrut beberapa kandidat pada waktu dan biaya secara lebih efisien.