Urbanhire Jobseeker

Tips Membantu Karyawan Menemukan Ritme Kerja

8

Nov 2019

Urbanhire – Produktivitas kerja sebuah perusahaan sangat berkaitan dengan ritme kerja. Di dunia kerja ada beberapa kalimat bijak yang dijadikan saran oleh para orang tua. Kalimat “Jika ingin pekerjaan Anda selesai, berikan kepada orang yang sibuk” merupakan sebuah saran. Tetapi kalimat ini bisa menciptakan kebiasaan yang berbahaya. Anda akan melihat dampaknya kepada karyawan terbaik Anda. Terutama pada ritme kerja karyawan Anda. Jangan sampai Anda memberikan hukuman jika target pekerjaan yang Anda berikan tidak tercapai.

Memang langkah benar dan menjadi sebuah dilema jika Anda selalu menaruh kepercayaan kepada karyawan terbaik Anda. Namun, Anda perlu memastikan, jangan sampai memberikan pekerjaan tambahan secara berulang-ulang karyawan terbaik Anda.

Untuk menjamin karyawan-karyawan Anda menemukan ritme kerja yang baik, Anda harus menemukan keseimbangan antara tujuan yang bersifat jangka pendek dengan tujuan yang bersifat jangka panjang. Ada tiga cara untuk menemukan keseimbangan tersebut.

Buat Permainan dan Berikan Penghargaan

Saat bermain, apa yang Anda rasakan? Gembira, senang dan selalu ingin bermain. Buat pekerjaan untuk karyawan Anda menjadi permainan yang menyenangkan. Namun tetap harus ada tanggung jawab. Dengan membuat konsep tersebut dapat menurunkan stres yang dialami karyawan Anda.

Selain itu berikan juga penghargaan untuk karyawan Anda yang telah berhasil mencapai targetnya. Dengan memberikan sistem tersebut diharapkan akan membantu karyawan Anda untuk menemukan ritme kerja. Tidak ada lagi paksaan, semua dilakukan dengan senang hati dan memberikan hasil memuaskan. Tidak hanya kepuasan untuk perusahaan, namun juga karyawan.

Meningkatkan Inovasi Kerja

Perusahaan memang selalu menginginkan inovasi yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan tuntutan tersebut Anda harus memberikan stimulus. Maka dari itu, untuk meningkatkan inovasi kerja dan membantu menemukan ritme kerja karyawan guna meningkatkan produktivitas perusahaan, sebaiknya memberikan konsep kerja yang fun. Sehingga saat bekerja karyawan anda tidak memiliki beban, bebas dan bisa mengeksplorasi diri yang dapat menghasilkan ide yang out of the box.

Tempatkan Karyawan di Bidang yang Dikuasai

Sesuatu yang ditempatkan pada tempatnya pasti akan terlihat bagus. Maka dari itu Anda perlu dan sering untuk berbicara bersama karyawan-karyawan Anda tentang keinginan mereka. Tujuannya, agar karyawan Anda bisa lebih maksimal dalam bekerja karena mereka merasa di tempat yang tepat. Dengan merasa di tempat yang tepat akan memotivasi karyawan Anda untuk melahirkan ide baru. Cara tersebut akan membantu karyawan Anda untuk menemukan ritme kerja yang mampu meningkatkan produktivitas perusahaan Anda

Buat Waktu Kerja yang Lebih Efektif

Masalah waktu kerja sering menjadi isu di kalangan karyawan. Tidak jarang karyawan mengeluhkan harus berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah malam menjelang, bahkan sering mengalami lembur. Isu yang dialami ini akan merusak ritme kerja mereka. Untuk itu, agar membantu menemukan ritme kerja yang baik untuk karyawan Anda, alangkah baiknya Anda menentukan jam kerja di perusahaan Anda dan menentukan deadline atau tenggang waktu untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Tujuan dari penetapan tersebut agar karyawan Anda tetap bekerja sesuai ritme kerja yang Anda inginkan.

Membahas ritme kerja tentunya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Dan semua pasti setuju jika produktivitas karyawan merupakan hal yang penting di dunia kerja. Tapi apakah Anda tahu jika ada 5 faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan Anda? Dan Anda merasa khawatir tentang produktivitas karyawan Anda? Di dalam artikel “5 Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Karyawan” Anda akan menemukan detailnya.

Agar Anda dapat menjaga produktivitas perusahaan Anda pastikan Anda memiliki karyawan yang berkualitas. Untuk itu Anda harus menggunakan Urbanhire,  platform perekrutan yang memiliki fitur Applicant Tracking System (ATS). Dengan menggunakan Urbanhire akan membuat perekrutan Anda menjadi lebih efektif dan efisien.