Urbanhire Jobseeker

Tips Mempekerjakan Kandidat Terbaik

22

Feb 2019

Blog

Merekrut karyawan baru adalah hal yang tidak bisa dihindari. Seiring dengan bertambah banyaknya pekerjaan sampai turnover karyawan, membuat karyawan baru memang harus hadir di perusahaan Anda. Sayangnya, merekrut karyawan baru tidak semudah kelihatannya. Faktanya lebih sulit dibanding mengulas resume atau melakukan interview. Banyak juga perusahaan yang melakukan kesalahan dalam merekrut karyawan baru, salah satunya karena kurang jelasnya kualifikasi yang dibutuhkan.

Akan tetapi, ada cara yang bisa Anda terapkan untuk memudahkan memproses dan hanya menyaring kandidat terbaik. Inilah enam tips yang bisa Anda terapkan untuk mempekerjakan kandidat terbaik;

Tonjolkan Brand Perusahaan

Perusahaan dengan brand yang baik tentu mendapatkan tempat tersendiri di hati para kandidat, termasuk kandidat potensial. Akan banyak kandidat yang ingin bergabung dengan perusahaan Anda. Mungkin kandidat potensial tidak sibuk mencari pekerjaan, namun mereka akan beranggapan bahwa bekerja di perusahaan Anda merupakan peluang yang baik. Hal ini membuat mereka tertarik dan akhirnya melamar ke perusahaan Anda.

Brand perusahaan yang baik pun akan mendorong kandidat potensial dan percaya diri akan kemampuannya melamar ke perusahaan Anda. Sebab beberapa kandidat mungkin merasa tidak percaya diri akan kemampuannya dan menganggap perusahaan Anda sulit untuk dijangkau. Hal ini tentu memiliki keuntungan tersendiri karena perusahaan Anda hanya akan menerima kandidat dengan kualifikasi terbaik.

Keuntungan lainnya dari brand perusahaan yang baik adalah berkurangnya turnover karyawan. Dengan lingkungan kerja yang baik, karyawan tentu akan loyal dan betah bekerja di perusahaan Anda.

Lebih Cepat Bergerak Mungkin

Tahap “mencari kerja” untuk kandidat potensial sangatlah singkat. Hal ini karena banyak perusahaan yang menginginkan mereka. Untuk itu, saat kesempatan ada di hadapan Anda, pastikan Anda segera mencapai mereka dengan berbagai cara. Terlebih saat Anda sudah memiliki kandidat incaran, maka akan lebih baik bila Anda langsung bertindak bahkan sebelum keputusan dibuat. Hal ini guna memastikan Anda tetap ada pada radar mereka.

Jelaskan Job Description Dengan Lebih Baik

Kebanyakan perusahaan akan menuliskan job description pada lowongan kerja secara detail dan terperinci. Namun ternyata, cara ini justru membuat kandidat potensial menjauh. Mungkin, Anda bisa tetap mencantumkan job description secara detail karena itu berarti Anda mengharapkan kemampuan tersebut ada pada diri kandidat. Namun Anda juga jangan melupakan apa yang akan Anda berikan pada perusahaan. Jangan sampai penjelasan terkait job description mengalahkan penjelasan terkait apa yang akan Anda berikan. Kandidat potensial tentu akan memilih perusahaan yang lebih peduli pada dirinya sebagai manusia, bukan hanya soal kemampuannya.

Manfaatkan Media Sosial dan Trend Digital

Kebanyakan kandidat ingin bekerja di perusahaan yang update soal teknologi. Perusahaan Anda pun tentu harus melakukan hal yang sama, misalnya dengan membuat website ataupun sosial media perusahaan. Perkembangan teknologi pun memberikan dampak menguntungkan untuk perusahaan. Dengan teknologi, khususnya sosial media, Anda akan lebih mudah memahami kandidat. Mungkin, Anda bisa mempertimbangkan kandidat dari CV yang mereka kirimkan. Akan tetapi, media sosial kandidat menawarkan hal yang lebih untuk Anda.

Sesuaikan Kepribadian Kandidat dengan job

Meski kemampuan disebut-sebut sebagai faktor penting yang harus dipertimbangkan dari seorang kandidat. Namun faktanya, kemampuan mungkin bisa dilatih, akan tetapi kepribadian tidak bisa. Untuk itu, pertimbangkan kepribadian kandidat, apakah sesuai dengan posisi yang dibutuhkan atau tidak. Misalnya, untuk seorang manajer dibutuhkan sikap tegas. Maka, carilah kandidat yang memiliki sikap tersebut. Jangan rekrut kandidat yang memiliki sikap tidak enak hati sehingga tidak bisa tegas dalam setiap keputusan yang diambil. Selain itu, sesuaikan juga kepribadian kandidat dengan budaya perusahaan. Karyawan yang nyaman dalam bekerja tentu akan menghasilkan kinerja terbaik dibanding karyawan yang terpaksa.

Tingkatkan Kualitas Wawancara

Kebanyakan penyebab dari gagalnya seorang karyawan baru adalah proses wawancara kerja. Ini menunjukkan pentingnya wawancara kerja dalam menentukan kandidat yang pantas. Beberapa proses wawancara kerja gagal karena terlalu fokus pada kompetensi karyawan. Yang lainnya gagal karena dilakukan secara terburu-buru dan interviewer yang tidak memiliki kepercayaan diri cukup dalam mewawancarai kandidat. Hal ini membuat mereka tidak bisa menentukan dengan tegas, mana kandidat yang layak dan tidak.

Pada saat proses interview, hendaknya memilih pewawancara yang berpengalaman di bidangnya. Hal lainnya adalah jangan hanya faktor kompetensi kandidat yang dipertimbangkan, tapi juga faktor keberhasilan, kecerdasan dalam mengatasi masalah, temperamental, sampai kemampuan kandidat dalam mengontrol emosi. Semua informasi tersebut dapat didapatkan dengan pertanyaan yang dilontarkan oleh interviewer.

Perhatikan Review Perusahaan Anda

Kandidat potensial akan mempertimbangkan perusahaan secara matang sebelum mereka mengajukan lamaran kerja. Mereka akan mencari informasi tentang perusahaan secara matang. Informasi yang mereka cari termasuk dalam gaji yang ditawarkan, tips-tips interview dan review tentang perusahaan dari karyawan yang pernah bekerja ataupun karyawan yang masih bekerja di perusahaan Anda.

Saat ini banyak sekali situs yang menyediakan wadah untuk karyawan atau mantan karyawan menyampaikan kesan dan pesan mereka pada perusahaan. Hal ini membuat kandidat dapat mengetahui kondisi perusahaan dari review tersebut. Kandidat potensial tentu saja tidak akan melamar bila banyak review buruk tentang perusahaan Anda.

Untuk itu, bila perusahaan Anda mendapatkan banyak review buruk dari mantan karyawan, mungkin inilah saatnya untuk mengubah budaya perusahaan Anda menjadi lebih baik sebelum membuka lowongan kerja. Dengan perubahan yang diciptakan, ke depannya perusahaan Anda pasti mendapatkan review baik yang akan menarik kandidat potensial untuk melamar. Ini tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Anggap saja ini sebagai investasi jangka panjang perusahaan.

 

Urbanhire adalah Platform Rekrutmen terkemuka di Indonesia. Untuk klien, kami membantu dengan menyediakan teknologi ATS (Applicants Tracking System), posting job ke platform multi-channel dan online assessment. Saat ini Urbanhire berpartner dengan LinkedIn untuk Employer BrandingAON untuk Online Assessment, dan Video Interview.

Sebagai salah satu layanan kami, kami memungkinkan Klien kami untuk mendistribusikan pekerjaan mereka ke beberapa portal melalui platform kami dan telah bermitra dengan portal dan agregator seperti Indeed, Linkedin, Glassdoor, Jooble, Jobtome, Neuvoo dan lainnya.