Urbanhire Jobseeker

Tips Mempekerjakan Karyawan Baru

15

Dec 2018

Blog

Tidak mudah untuk mempekerjakan karyawan baru. Memiliki rekan kerja/karyawan yang dapat bekerja dengan baik sesuai dengan kebutuhan sebuah perusahaan adalah satu hal yang sulit untuk dilakukan. Kata “rekan kerja” untuk merepresentasikan dan mendorong kesetaraan. Posisi apapun, seorang karyawan memiliki peran penting dalam sebuah usaha. Setiap posisi tentu akan saling berhubungan satu-sama lain. Ketimpangan terjadi ketika anda gagal untuk menemukan orang yang tepat di posisi tertentu. Tidak sulit untuk menemukan orang yang mau untuk bekerja, tetapi menemukan orang yang memiliki dedikasi dan etos kerja yang baik memerlukan beberapa trik khusus.

 

Yang harus dilakukan dalam merekrut karyawan baru

Pertama, anda harus memiliki orang dengan karakter yang tepat. Setiap orang pasti memiliki karakter. Karakter seseorang akan mempengaruhi kinerjanya. Dunia kerja adalah tempat di mana anda dituntut untuk bekerjasama dengan orang lain dan memberikan kinerja yang baik untuk kemajuan perusahaan. Karyawan idealnya harus memiliki karakter yang kuat. Ia harus memiliki kedisiplinan, etos kerja, dan rasa sosial yang sangat baik. Anda bisa menemukan ribuan orang yang bersedia untuk bekerja di posisi yang anda tawarkan, tetapi pertanyaannya adalah apakah mereka memiliki karakter yang anda butuhkan di posisi tersebut? Rasa sosial yang baik akan memudahkan terjadinya komunikasi dan kerjasama yang baik. Etos kerja dan kedisiplinan berkaitan erat dengan kualitas dan kuantitas pekerjaan. Sebuah pekerjaan pasti memiliki standar dan target tertentu. Tanpa adanya etos kerja dan kedisiplinan yang tinggi, standar dan target tersebut akan sulit dicapai. Ini jelas akan mempengaruhi bidang pekerjaan yang lain. Gangguan pada satu posisi dapat mengganggu seluruh rangkaian proses pekerjaan.

Masa training adalah waktu yang tepat bagi anda untuk mengetahui karakter karyawan anda. Anda tidak perlu memberikan perhatian khusus kepada seorang karyawan; cukup dilihat dari kualitas pekerjaan dan bagaimana ia berhubungan dengan karyawan yang lain. Anda harus membuat keputusan cepat sebagai bentuk antisipasi ketika karyawan tersebut tidak memiliki karakter khusus yang dibutuhkan oleh perusahaan.

 

Kompetensi adalah hal kedua yang juga harus anda perhatikan. Kompetensi berhubungan dengan pengetahuan dan kemampuan kerja seseorang. Ini adalah elemen yang menentukan kinerja seseorang. Anda tentu harus menyesuaikan kompetensi calon karyawan dengan bidang pekerjaan/posisi yang tersedia. Misalnya, anda membutuhkan seseorang di bidang keuangan, maka idealnya akan mencari seorang lulusan SMK/sarjana akuntansi. Secara pengetahuan, lulusan jurusan akuntansi jelas memiliki dasar teori tentang keuangan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa anda akan menerima seseorang di luar bidang ilmu tertentu selama mereka dapat bekerja sesuai dengan tugas yang diberikan. Kemampuan ini biasanya didapatkan dari pengalaman. Seleksi harus dilakukan dengan cara yang sangat teliti agar anda bisa mendapatkan seseorang yang sesuai dengan kebutuhan anda. Inilah pentingnya tes dan training. Hasil tes tulis dan wawancara akan menunjukkan kompetensi seseorang. Masa training akan memperlihatkan kualitas dari kompetensi yang dimilikinya. Seseorang mungkin bisa mendapatkan nilai yang bagus dalam tes, tetapi hal sebaliknya terjadi ketika ia dihadapkan pada situasi kerja. Tekanan pekerjaan seringkali efektif untuk menunjukkan kualitas dari kompetensi yang dimiliki oleh seorang karyawan baru. Itulah sebabnya banyak perusahaan yang akan segera membuka lowongan kerja selama masa training. Ini terjadi ketika karyawan training tidak menunjukkan kinerja yang diharapkan.

 

Yang ketiga adalah kinerja. Kinerja ditentukan oleh karakter dan kompetensi. Dua orang dengan kompetensi yang sama belum tentu memiliki kinerja yang sama. Ini disebabkan karena mereka mungkin memiliki karakter yang berbeda. Begitupun sebaliknya, ketika dua orang memiliki karakter yang hampir sama namun memiliki kompetensi yang berbeda juga akan menghasilkan kinerja yang berbeda. Akan sangat sulit untuk menilai kinerja seseorang dari hasil tes, anda seringkali harus member kesempatan kepada seseorang untuk menunjukkan kinerjanya dalam jangka waktu dan tekanan kerja tertentu. Boleh jadi ada dua orang yang memiliki kompetensi yang sama namun dengan kinerja yang berbeda. Karena kinerja adalah hasil kerja secara kuantitas dan kualitas seseorang. Kinerja menurut saya dipengaruhi oleh kompetensi dan karakter. Tanpa kompetensi dan karakter yang bagus, seseorang akan kesulitan menghasilkan kinerja yang bagus. Untuk melihat kinerja, biasanya saya melihat hasil kerja yang dia ciptakan selama masa percobaan.

 

Karyawan pertama menentukan segalanya

Kata “menentukan segalanya” mungkin terlalu berlebihan, tetapi banyak kasus yang menunjukkan hal yang demikian. Seorang pemilik perusahaan pasti memiliki beberapa gambaran tentang perjalanan usahanya. Gambaran tersebut dapat terwujud dengan baik ketika anda bisa menemukan rekan kerja/karyawan yang tepat. Kesalahan pemilihan karyawan pertama berpengaruh pada banyak hal. Anda tentu akan memiliki semangat bekerja ketika anda bisa menemukan rekan kerja yang bisa memberikan banyak hal positif bagi perusahaan anda. Penurunan kinerja dapat disebabkan dari faktor eksternal dan salah satunya adalah hubungan dan komunikasi dengan karyawan. Ketika anda mengabaikan salah satu dari ketiga aspek di atas, kemungkinan besar anda akan dihadapkan pada beragam persoalan terutama yang berkaitan dengan ketidaknyamanan dalam lingkungan kerja.

 

Sebagai sebuah perusahaan, anda harus bisa menemukan orang yang mau dan mampu untuk berjuang bersama anda. Ini mungkin terdengar klise, tetapi anda memang membutuhkan orang yang dapat mendukung perkembangan usaha anda, terutama di masa-masa awal perjalanan sebuah usaha. Jangan pernah mengesampingkan aspek penting dalam perekrutan seorang karyawan. Mempekerjakan karyawan baru, apapun posisinya, akan mempengaruhi kinerja semua orang di sebuah lingkungan kerja.

Urbanhire, adalah suatu platform rekrutmen terkemuka di Indonesia, yang membantu rekruter dengan menyediakan teknologi ATS (Applicants Tracking System), posting job ke platform multi-channel dan online assessment. Saat ini Urbanhire berpartner dengan LinkedIn untuk Employer BrandingAON untuk Online Assessment, dan Video Interview dari Astronaut. Dan dengan menggunakan platform kami, akan memudahkan dan membantu mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi yang anda butuhkan untuk perusahaan anda.