Urbanhire Jobseeker

Tips Mengisi Posisi Yang Sulit Diisi Saat Kosong

18

Oct 2019

Urbanhire – Suatu perusahaan tentulah menginginkan kandidat terbaik dan bertalenta untuk bergabung. Tapi ada momen tertentu Anda akan mengalami kesulitan dalam hal mencari dan mengisi posisi yang sulit diisi yang sedang kosong di perusahaan Anda. Dalam kasus ini perlu dibutuhkan pendekatan dan strategi khusus untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Beberapa perusahaan membuka posisi yang krusial atau sulit sehingga memerlukan kandidat dengan kualifikasi dan pengalaman yang mumpuni. Hal ini jelas menjadi tantangan tersendiri sebab belum tentu kandidat yang memiliki pengalaman lama dapat memegang posisi yang mungkin bisa dikatakan sulit atau krusial di perusahaan. Di bawah ini, tips untuk mengisi posisi vital saat kosong dengan efektif.

Bangunlah Jaringan Media Sosial Perusahaan 

Saat ini berbagai hal bisa Anda posting di media sosial dan begitu banyak orang yang lebih meluangkan waktunya untuk berselancar di dunia maya. Keadaan ini seharusnya dapat dimanfaatkan oleh Anda dalam menjaring kandidat.

Buatlah akun perusahaan di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter atau bahkan YouTube. Kemudian unggah profil atau konten perusahaan dengan semenarik mungkin. Masukkan pula testimoni menarik dari para karyawan yang telah bergabung sebelumnya. Dengan hal ini, Anda telah berusaha menarik kandidat dalam lingkup yang lebih luas. 

Mempertimbangkan Rekomendasi Karyawan

Biasanya seseorang akan betah dalam pekerjaannya ketika menemukan teman terdekatnya. Jadi, jika ada karyawan yang ingin merekomendasikan teman dekatnya untuk mengisi posisi yang sulit diisi dalam perusahaan Anda, maka pertimbangkanlah itu dengan baik.

Bukan hanya soal hubungan pertemanan, biasanya seorang teman mengerti karakter dan potensi temannya untuk disesuaikan dengan posisi tertentu di perusahaan. Dengan itu, kamu bisa mengetahui lebih dalam kandidat yang direkomendasikan oleh karyawan Anda. Sekaligus menjadi pertimbangan di samping hasil seleksi yang diadakan oleh perusahaan. Anda dapat mengetahui secara detail mengenai pentingnya program referral ini

Fokus Pada Rekrutmen Perguruan Tinggi

Pada sistem pembelajaran perguruan tinggi, umumnya mewajibkan mahasiswanya untuk mengambil magang dan kerja lapangan atau praktek di instansi atau perusahaan yang sesuai dengan bidang jurusannya. Anda bisa membuka lowongan untuk program magang, tujuannya adalah untuk mengamati dan menyeleksi apakah peserta magang ini cocok dan bisa mengisi posisi yang sulit diisi yang sedang kosong. 

Magang seperti halnya pelatihan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teorinya melalui bidang pekerjaan. Pastikan Anda memantau dan mengikuti perkembangan mahasiswa yang sedang magang di perusahaan Anda. Jangan hanya memberikan pekerjaan yang mudah dan simpel, Anda juga harus memberikan pekerjaan yang dapat memperlihatkan potensinya

Melalui magang, Anda bisa mengetahui potensi dan peluang untuk mendapatkan kandidat terbaik guna mengisi posisi sulit di perusahaan Anda. Berikan peluang kerja kepada mereka bila setelah lulus bila mereka mampu dan berpotensi untuk mengisi posisi yang sulit diisi saat sedang kosong di perusahaan Anda.

Berikan Gaji Yang Kompetitif

Ketika Anda ingin membuka lowongan untuk mengisi posisi yang sulit diisi, berikan informasi bahwa Anda akan memberikan gaji yang kompetitif. Jangan lupa Anda untuk melakukan research tentang besaran gaji rata-rata posisi tersebut. Fungsinya adalah untuk dapat menentukan besarnya gaji untuk posisi tersebut.

Manfaatkan Komunitas Online

Komunitas online sangat disarankan jika Anda sedang mencari kandidat yang terbaik untuk mengisi posisi yang sulit diisi di perusahaan Anda. Misalnya Anda ingin mencari posisi untuk manager digital marketing, Anda dapat memberikan atau memasang informasi lowongan di forum komunitas digital marketing.Dengan menggunakan Urbanhire sebagai platform perekrutan yang memiliki applicant tracking system (ATS), Anda dapat mencari kandidat yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan fitur resume search