Urbanhire Jobseeker

Tips Meningkatkan Proses Interview

25

Sep 2019

Urbanhire – Wawancara atau interview jadi bagian penting dalam rangkaian pencarian karyawan, hal ini merupakan fase wajib yang memang harus ada. Tujuan dari interview tidak lain adalah mendapatkan karyawan yang lebih berkualitas. Namun bagaimana caranya untuk meningkatkan proses interview jadi lebih baik agar mencapai tujuan yang diinginkan.

Setiap perusahaan tentu memiliki cara tersendiri dalam hal interview, apalagi menu pertanyaan saat berhadapan langsung dengan kandidat. Ada beberapa trik khusus untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada umumnya perusahaan, hanya menerapkan satu sistem  interview saja yang terkadang sulit untuk mendapatkan pegawai baru dengan kualitas yang lebih baik. Ada baiknya kini Anda mulai meningkatkan proses interview. Sehingga bisa mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih unggul, bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Lakukan Wawancara Langsung Dengan Beberapa Pelamar Sekaligus

Hal ini memang sudah lazim dilakukan, dimana sudah tidak lagi melakukan wawancara secara tertutup. Melainkan terbuka dengan beberapa pelamar sekaligus, Ternyata hal tersebut sukses memberikan hasil yang diinginkan, pasalnya setiap pelamar akan berkompetisi secara langsung.

Ini merupakan cara meningkatkan proses interview di tahapan awal, dimana masing-masing calon pegawai akan dipanggil dalam satu kelompok dan ditanyai langsung oleh beberapa orang dalam interview. Hasilnya, semua akan mengeluarkan kemampuan seluruhnya. Bahkan yang terpendam sekalipun karena dalam posisi sedang bersaing.

Buat Susunan Pertanyaan Untuk Wawancara

Semua perusahaan yang akan melakukan sesi interview, sudah pasti memiliki list pertanyaan utama yang akan diajukan nantinya. Inilah yang harus dijawab dengan baik oleh kandidat. Selain itu, pertanyaan bisa jadi bersifat menjebak dan menuntut kejujuran.

Banyak kandidat memberikan portofolio menawan, namun tidak seindah aslinya. Saat nantinya dalam sesi tanya jawab, semua akan terlihat bahkan mulai gugup karena harus memberikan pengakuan palsu. Inilah cara meningkatkan proses interview jadi lebih baik, tanpa harus melakukan banyak hal sekaligus.

Ada baiknya Anda menyusun semua pertanyaan terlebih dahulu, buat poin pentingnya saja. Karena setiap calon karyawan akan memiliki karakter yang berbeda, ini bisa dikembangkan saat wawancara tengah berlangsung. Dengan menentukan poin-poin pertanyaan akan semakin mudah Anda untuk mendapatkan karakter karyawan baru yang diinginkan.

Bertanya Secara Tegas, Lugas dan Mudah Dimengerti

Kesalahpahaman seringkali terjadi saat interview. Pasalnya, diberikan pertanyaan bermakna ganda, hal ini tentu akan memberikan jawaban berbeda. Anda sebagai rekruter tentu tidak ingin terjadi kesalahpahaman karena pertanyaan sedikit rancu.

Untuk meningkatkan proses interview, coba lihat lagi daftar pertanyaan. Baca kembali, apakah pertanyaan yang diberikan sudah tepat dan mudah dimengerti. Ini untuk mengurangi kerancuan, Anda sebagai rekruter akan bingung juga ketika mendapat jawaban dari kandidat ketika mendapatkan pertanyaan yang rancu.

Ada baiknya memberikan pertanyaan singkat saja, sehingga jawaban yang diberikan sesuai keinginan Anda. Bahkan bisa saja memberikan pilihan iya atau tidak, sehingga bisa menyimpulkan ini calon karyawan yang diinginkan atau tidak. Salah penafsiran di awal, bisa jadi bencana berkepanjangan nantinya.

Berikan Batas Waktu Wawancara

Kesalahan interview yang dilakukan banyak orang, sering kali tidak memberikan batasan waktu untuk interview setiap peserta. Hal ini akan membuat kegiatan interview sangat melelahkan, memang tepat mengundang beberapa orang sekaligus, namun tetap memberikan batasan waktu maksimal.

Kecuali, memang hanya beberapa orang saja yang akan interview, hal itu tidak akan melelahkan. Hal ini termasuk salah satu cara meningkatkan proses interview dengan mudah yaitu menetapkan batas waktu setiap peserta wawancara nantinya. Ini akan dengan mudah mengenali dan mendapatkan karyawan yang Anda inginkan nantinya.

Lihat Kondisi Pelamar Sekarang Bukan Portofolio Sebelumnya

Memang tidak bisa dipungkiri, perusahaan membutuhkan karyawan yang sudah berpengalaman sebelumnya. Namun portofolio tidak menjamin segalanya, pasalnya tidak diberikan berapa grade penilaian saat bekerja di satu tempat, layaknya saat mengenyam pendidikan.

Maka dari itu, jangan hanya melihat kandidat berdasarkan portofolionya. Hal ini membuat fresh graduate memiliki kesempatan lebih, sehingga bisa bersaing dengan setara kecuali jika Anda mencari kandidat yang sudah berpengalaman. Memang tidak bisa dipungkiri, memiliki pengalaman kerja jadi nilai plus. Namun jangan jadikan portofolio sebelumnya, untuk penilaian seluruhnya.

Berikan Informasi Apa Yang Diinginkan Perusahaan Anda

Terakhir, ada baiknya memberikan informasi apa saja yang diinginkan perusahaan Anda. Misalkan mencari posisi keuangan, maka perusahaan akan menuntut kemampuan untuk menguasai beberapa hal yang berkaitan dengan keuangan. Inilah yang membuat kandidat memiliki gambaran kerja nantinya, bahkan sudah mengerti jobdesknya.

Ini bentuk akhir dari interview untuk mencari yang terbaik, kandidat yang sudah mengerti akan dengan mudah menangkap informasi yang diberikan. Bahkan tahap final ini akan memberikan gambaran akhir, siapa yang nantinya akan diterima kerja. Pasalnya, mencari karyawan tidak mudah, bukan soal kualitas namun kecocokan untuk bekerja sama.

Sudah jelas bukan, bagaimana caranya untuk meningkatkan proses interview, cukup perlu menerapkan beberapa hal yang bisa memperlihatkan seperti apa kandidat nantinya. Selain itu ada beberapa cara agar Anda dapat mendapatkan kandidat yang sesuai dengan perusahaan Anda yaitu dengan upload video tentang perusahaan Anda.

Ada satu cara lagi agar interview Anda lebih efektif dan efisien. Dengan melakukan video interview yang ditawarkan oleh Urbanhire, Anda bisa melakukan sesi interview dimana dan kapanpun sehingga Anda lebih memiliki banyak peluang untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas dari seluruh daerah