Urbanhire Jobseeker

Tips Startup Menarik Perhatian Millennial Berkualitas

11

Sep 2019

Urbanhire – Bagaimana tips startup menarik perhatian millennial yang berkualitas bersaing dengan korporasi yang telah mapan? Hal ini tentunya bukan perkara yang mudah jika Anda sedang membangun dan mengembangankan sebuah startup. Sebab, perusahaan besar menawarkan stabilitas dalam banyak hal, terutama dari sisi gaji dan fasilitas. Meski demikian, bukan berarti kompetisi tersebut mustahil dimenangkan. Lantas, bagaimana cara Anda untuk merebut hati generasi millennial ini?

Tips Startup Menarik Perhatian Millennial Yang Efektif

Ada beberapa tips yang dapat diterapkan dalam menarik kelompok yang acap dilabeli sebagai ‘generasi zaman now’ tersebut. Metode-metode di bawah ini merupakan strategi mengalahkan kompetitor dengan memanfaatkan kelemahan mereka sendiri :

Beri Ruang untuk Berpendapat

Tidak dapat dipungkiri tips startup menarik perhatian millennial adalah memberikan ruang beropini, terutama bila rentang usia mereka masih muda, sangatlah kecil di perusahaan mapan. Mereka cenderung dipaksa untuk patuh terhadap sistem, baik aturan perusahaan maupun senior. Padahal, hierarki semacam ini tidak disukai generasi millennial di mana vokalitas dalam berpendapat menjadi salah satu ciri mereka.

Jadi, manfaatkan kelemahan korporasi tersebut untuk menarik mereka pada startup Anda. Berikan kebebasan mereka untuk berpendapat dan terlibat aktif dalam setiap diskusi yang menyangkut perusahaan. Generasi millennial tidak akan memaksakan opini mereka diterima, namun sudah sangat mengapresiasi ketika diberi kesempatan untuk berpendapat. Sebab, hal itu membuat mereka merasa eksistensinya dihargai.

Biarkan Mereka Mengembangkan Kreativitas

Kreativitas dan millennial merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Mereka memiliki segudang ide kreatif yang siap untuk direalisasikan. Sayangnya, perusahaan-perusahaan besar cenderung kurang memberi perhatian terhadap hal tersebut. Penyebabnya sekali lagi adalah sistem yang telah dijalankan sekian lama di mana sangat kurang terbuka pada ide-ide baru.

Sehingga, tips startup menarik perhatian millennial yang berkualitas ketika berkompetisi dengan korporasi adalah keleluasan ruang untuk pengembangan kreativitas mereka. Bukan berarti perusahaan Anda harus langsung menerima ide kreatif yang diajukan, namun lakukan penelaahan bersama. Apakah ide tersebut baik untuk kemajuan perusahaan dan bagaimana eksekusinya. Jika memang tidak memungkinkan untuk dijalankan, tolak secara baik-baik.

Bangun Suasana Kerja yang Kekeluargaan

Suasana kerja yang kekeluargaan merupakan standar penting selanjutnya kalau Anda ingin mendapatkan millennial berkualitas. Mereka sangat tidak menyukai hubungan senioritas-junioritas yang kaku. Dengan kata lain, hierarki dalam perusahaan. Bukan berarti generasi millennial tidak memiliki rasa hormat pada senior, tetapi kekakuan suasana kerja akibat hierarki itulah yang mereka benci.

Mengingat startup memiliki jumlah karyawan yang lebih terbatas dibandingkan perusahaan konvensional, maka menerapkan sistem kerja seperti ini tentu akan lebih mudah. Bukan hanya menawarkan pada millennial yang ingin direkrut, tetapi juga penting untuk mengedukasi staf-staf yang sudah lebih dulu bergabung. Sehingga tidak muncul kendala saat pegawai baru telah bergabung.

Sediakan Hiburan / Rest Area yang Memadai

Bagi kaum millennial, fasilitas untuk hiburan atau sekadar area istirahat yang memadai cukup memiliki daya tarik yang kuat. Sediakan ruang yang nyaman untuk mereka sekadar bersantai bersama kolega. Tentu lengkap dengan fasilitas penunjang seperti kopi, teh, dan makanan ringan gratis. Perangkat hiburan seperti tv dan set home theater juga cukup.

Tentu saja, perusahaan besar juga menyediakan kitchen dan kafetaria untuk pegawainya. Namun tidak dengan rest area. Ketika waktu istirahat tiba, pegawai dari korporasi besar cenderung memilih menghabiskannya di luar kantor. Mengapa? Karena mereka merasa kurang nyaman. Poin itu dapat dimanfaatkan dalam tips startup menarik perhatian millennial berkualitas untuk startup Anda.

Tawarkan Kegiatan Bonding Seperti Member Training (MT)

Mengadakan kegiatan bonding antar staf di perusahaan melalui member training (MT) juga memiliki peluang besar menarik generasi millennial yang berkualitas untuk bergabung. Menggelar acara semacam itu memiliki banyak sekali manfaat :

  1. Meningkatkan kedekatan emosional antar staf.
  2. Meningkatkan kemampuan kerja sama yang baik antar pegawai.
  3. Memberikan alternatif hiburan akhir pekan yang bermanfaat bagi karyawan.
  4. Menjadi ajang untuk melepas beban kerja agar saat kembali beraktivitas, tubuh dan pikiran sama-sama segar.

Sediakan Opsi Jenjang Karir Berdasarkan Prestasi, Bukan Pengabdian

Hal yang dapat membuat millennial jengah adalah ketika jenjang karir di sebuah perusahaan ditentukan oleh lama masa pengabdian. Dalam hal ini, mereka yang berstatus sebagai pegawai baru tentu sangat tidak diuntungkan. Terlepas kompeten atau tidaknya senior yang telah lama bekerja tersebut, peluang mereka untuk naik jabatan lebih tinggi. 

Dan, inilah kesalahan fatal yang masih diterapkan perusahaan konvensional. Padahal, baru bergabung, terlebih ketika usia millennial ini masih sangat muda, bukan berarti mereka tidak kompeten. Kesenjangan dalam peluang karir ini tidaklah adil. Anda bisa menghapuskan sistem promosi berdasar periode pengabdian ini di perusahaan startup yang Anda miliki.

Beri kesempatan yang sama kepada senior maupun junior untuk berkompetisi dalam jenjang karir di perusahaan. Prioritaskan pencapaian mereka dalam bekerja sebagai tolak ukur. Hal ini tidak hanya baik untuk merekrut millennial yang berkualitas, tetapi juga untuk perusahaan. Sebab, mereka yang menduduki jabatan-jabatan strategis pada akhirnya memang sosok-sosok kompeten.

Mengapa Startup Berpeluang Lebih dalam Merekrut Millennial?

Sedikit banyak, tentu Anda sudah mengetahui hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan di perusahaan bila berkeinginan merekrut kaum millennial yang berkualitas. Pada hal ini, sebenarnya startup memiliki peluang yang lebih tinggi dalam memenangkan persaingan melawan perusahaan konvensional. Bagaimana bisa? Jawabannya sederhana, karena startup lebih fleksibel dalam segala hal. Di startup, bukan sistem yang penting. Aturan dalam perusahaan startup bersifat kondisional alias dapat diubah menyesuaikan situasi dan kondisi. Sebab itulah, menerapkan kebijakan-kebijakan baru dalam tips startup menarik perhatian millennial berkualitas di atas bukanlah hal yang mustahil. Berbeda dengan korporasi yang terikat dengan aturan ketat di mana pengubahannya harus melewati birokrasi panjang. Sebelum melakukan perekrutan alangkah baiknya Anda meningkatkan rencana perekrutan Anda. Tingkatkan Rencana Perekrutan Strategis Anda berikut artikel yang bisa Anda baca untuk menambah referensi untuk meningkatkan rencana strategis Anda.

Urbanhire sebagai recruitment platform memiliki sebuah fitur yang dapat mendukung Anda untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas yaitu fitur Pre-Assessment Questions.