Tren dalam Brand Perusahaan dan Strategi Periklanan Kerja

| employer-resources

by Urbanhire

Urbanhire – Tahukah Anda bahwa saat ini telah ada perubahan yang sangat besar dalam dunia Recruitment MarketingDi masa lalu, sebagian besar tim akuisisi bakat akan selalu menjaga agar brand perusahaan dan strategi iklan pekerjaan tetap terpisah. Setiap tempat pasti memiliki tujuan, anggaran dan keberhasilan yang berbeda yang juga diukur secara independen. Akan tetapi, saat ini ada banyak praktisi yang membuat ikan lowongan pekerjaan yang mengarah pada brand perusahaan mereka untuk mendapatkan lebih banyak kandidat pelamar yang berkualitas.

Ketika sebuah perusahaan merencanakan strategi media yang telah terintegrasi dengan brand perusahaannya, mereka tentu bisa mendapatkan gambaran mengenai seberapa baik hasil yang bisa mereka dapatkan.

Berikut ini beberapa tren teratas mengenai bagaimana strategi brand perusahaan dan iklan pekerjaan yang dapat terkonvergensi.

Membagikan konten yang baik untuk menarik kandidat yang berbakat

Saat ini, perekrutan tim pemasaran pasti menggunakan berbagai konten yang dapat mengomunikasikan proposisi nilai perusahaan untuk mendorong kandidat baik secara langsung ataupun tidak langsung untuk melamar pekerjaan tersebut. Misalnya, sebuah perusahaan membagikan kisah yang menarik dalam beberapa saluran media dan mengarahkan orang untuk tertarik dengan cerita tersebut hingga akhirnya kandidat yang tertarik akan mengunjungi iklan lowongan kerja yang dibuka oleh perusahaan tersebut.

Pendekatan yang satu ini bisa dibilang berhasil karena mampu menarik perhatian para talenta pasif yang mungkin mengabaikan iklan lowongan kerja yang biasa, tetapi justru mempertimbangkan perusahaan Anda jika pesan yang Anda sampaikan lewat cerita tersebut mampu beresonansi dengan mereka. Dengan menggunakan konten seperti ini, maka Anda bisa menunjukkan bahwa karyawan harus bersemangat dengan pekerjaan yang mereka dapatkan dari pimpinan mereka saat ini.

Menggunakan brand perusahaan dalam strategi rekrutmen memang akan membuat calon kandidat tertarik untuk melamar pekerjaan. Akan tetapi bagaimana jika Anda menampilkan konten tersebut di hadapan orang-orang yang berbakat? Hal ini akan membawa Anda pada tren yang ke dua, yakni:

Menggunakan iklan yang telah terprogram dan remarketing advertising untuk menjangkau kandidat

Saat ini, para pengusaha sudah mulai menggunakan pendekatan otomatis untuk menyampaikan pesan mereka di depan para kandidat. Semakin banyak tim yang mulai mengirimkan konten menarik mereka melalui media, maka akan semakin banyak pula pengunjung dari media yang digunakan.

Apa itu iklan terprogram?

Iklan yang terprogram merupakan sebuah iklan yang sistemnya menggunakan alogaritma perangkat lunak untuk mengotomatiskan proses pembelian dan distribusi iklan. Dalam Recruitment Marketing, Anda harus menggunakan iklan yang terprogram untuk mengotomatiskan pendisitribusian posting pekerjaan pada job portal yang berbeda pada website dengan cara mengoptimalkan pengeluaran berdasarkan job portal mana yang memiliki kinerja terbaik untuk jenis lowongan tertentu.

Program ini juga dapat digunakan untuk mendistribusikan iklan berbasis konten ke berbagai lokasi pada website, menjangkau target audience di sejumlah tempat di mana mereka menghabiskan waktu mereka untuk online.

Lalu, apa yang dimaksud dengan remarketing advertising?

Remarketing advertising memiliki sedikit perbedaan dengan iklan terprogram karena iklan yang satu ini hanya menargetkan orang-orang yang sebelumnya telah mengunjungi website perusahaan Anda.

Sebagai seorang konsumen, Anda mungkin juga sudah pernah menemukan berbagai remarketing advertising. Setelah Anda meninggalkan sebuah situs dan pindah ke situs yang lainnya, sebuah iklan akan terus mengikuti Anda dan mendorong Anda untuk kembali dan melihat iklan tersebut hingga pada akhirnya Anda membeli produk yang diiklankan.

Dalam Recruitment Marketing, remarketing advertising dapat menargetkan kandidat yang telah mengunjungi halaman karir Anda tetapi tidak mengirimkan surat lamaran. Sebuah iklan kemudian akan mengikuti mereka secara terus menerus untuk mencoba menangkap kembali minat mereka dan mengirim mereka untuk menyelesaikan lamaran pekerjaan tersebut.

Personalisasi pengalaman kandidat untuk meningkatkan jumlah lamaran

Tren yang terakhir ini merupakan tren yang paling utama di mana organisasi mulai lebih personal dalam strategi mereka untuk menarik kandidat yang berbakat. Konten brand perusahaan yang menarik akan mendorong para kandidat untuk keluar dan menggunakan alat-alat seperti program, remarketing, dan saluran media lainnya yang dimiliki yang saat ini sering kali dibedakan berdasarkan wilayah atau jenis pekerjaan.

Seorang pemimpin perusahaan bisa membuat iklan berupa EVP atau pesan menarik yang terkait dengan bergabungnya kandidat sebagai keluarga dari perusahaan. Ketika kandidat meng-klik iklan tersebut, kemudian mereka akan dibawa ke halaman arahan untuk salah satu atau semua lowongan yang ada di perusahaan tersebut.

Setelah itu, ketika para kandidat meng-klik posting pekerjaan tertentu dalam halaman tersebut, posting pekerjaan itu akan diisi dengan konten berupa pengalaman dan manfaat yang mungkin dimiliki oleh seseorang dalam perusahaan tersebut. Posting pekerjaan ini bisa Anda ambil dari cerita karyawan yang telah lama bekerja di perusahaan Anda atau jenis konten lainnya untuk benar-benar memberikan gambaran kehidupan di perusahaan dan mendorong pengunjung situs untuk melamar pekerjaan.

Dengan menggunakan cara ini, konten brand perusahaan yang baik dapat menjadi bagian dari strategi periklanan pekerjaan untuk perusahaan Anda secara keseluruhan dengan cara menarik perhatian kandidat dan meningkatkan jumlah pelamar yang berkualitas. Itulah mengapa mengembangkan strategi gabungan untuk mengukur nilai brand dan strategi periklanan kerja pada perusahaan merupakan salah satu langkah yang cerdas untuk dilakukan.

Itulah ulasan singkat mengenai tren dalam branding perusahaan dan strategi periklanan kerja yang perlu Anda ketahui sebagai pemimpin perusahan untuk mendapatkan kandidat calon karyawan yang berkualitas. Urbanhire adalah Platform Rekrutmen terkemuka di Indonesia. Untuk klien, kami membantu dengan menyediakan teknologi ATS (Applicants Tracking System), posting job ke platform multi-channel dan online assessment. Saat ini Urbanhire berpartner dengan LinkedIn untuk Employer BrandingAON untuk Online Assessment, dan Video Interview.