Urbanhire Jobseeker

Tren Employee Engagement yang Paling Penting di 2019

22

Jul 2019

Blog

Urbanhire – Memiliki sebuah usaha atau bahkan perusahaan tentu saja menjadi suatu hal yang sangat diinginkan oleh sebagian besar orang. Dan dalam sebuah perusahaan tentu saja terdapat beberapa karyawan yang membantu efektifitas dan produktivitas dari perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu sebuah perusahaan maupun bisnis baik besar ataupun kecil sangat membutuhkan karyawan yang memiliki kualitas. Apakah Anda pernah memperhatikan produktivitas maupun penurunan moral dari karyawan? Dalam artian kinerja dari karyawan tersebut buruk atau baik. Hal ini tentunya harus diperhatikan oleh seorang pimpinan agar produktivitas perusahaan semakin meningkat. Oleh karena itu salah satu cara untuk membuat sebuah employee engagement sendiri adalah dengan menghargai kinerja mereka yang sudah ikut memajukan perusahaan.

Bicara tentang employee engagement, bagaimana cara untuk bisa melakukan hal tersebut? Sebenarnya cara yang bisa dilakukan cukup mudah, dimana Anda bisa memberikan suatu penghargaan, contohnya saja seperti bonus dengan nilai tertentu. Namun jangan asal dalam memberikan bonus untuk karyawan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu Anda bisa memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini:

Dasar – Dasar Program Bonus Karyawan

Hal pertama yang perlu untuk Anda perhatikan dalam memberikan sebuah penghargaan berupa bonus kepada karyawan adalah dasar – dasar dari program bonus karyawan itu sendiri. Dan berikut adalah dasar – dasar yang bisa diperhatikan dan dijadikan sebagai panduan:

  1. Secara umum, Anda memang sangat perlu untuk tahu bagaimana cara untuk menentukan bonus karyawan itu sendiri. Dimana biasanya akan diberikan setelah mendapatkan suatu tujuan tertentu. Misalnya saja setelah mendapatkan sebuah tender ataupun saat bisnis maju pesat. Hal ini tentunya akan membangkitkan semangat dari para karyawan untuk bekerja lebih giat lagi. Anda bisa memberikan bonus berupa uang tunai, bingkisan, wisata ataupun yang lainnya.
  2. Kemudian apapun tipe dari bonus yang Anda pilih, pastikan untuk memastikan jika program bonus yang diberikan baik untuk semua pihak. Dan sebuah program bonus yang baik tentunya harus memfokuskan karyawan di sasaran bisnis bersama. Kemudian memberikan hadiah dan mempertahankan karyawan dengan kinerja yang terbaik. Mempromosikan posisi karyawan yang terbaik atas perilaku dan kinerjanya, meningkatkan komitmen dari organisasi pada suatu tujuan dan pastikan untuk memberikan hadiah atau bonus tersebut sebagai sebuah dukungan untuk kesuksesan dari perusahaan itu sendiri.

Bagaimana Pemimpin Bisa Mendapatkan Manfaat dari Employee Engagement

Kemudian yang kedua adalah Anda juga harus memperhatikan bagaimana sebagai seorang pemimpin ataupun perusahaan mendapatkan manfaat dari program bonus itu sendiri. Sebuah program bonus yang baik tentu saja bisa menginspirasi semangat kerja serta produktivitas menjadi lebih baik. Namun keuntungan utama yang lainnya adalah kemampuan dari program employee engagement tersebut untuk bisa meningkatkan pendapatan untuk perusahaan Anda. Dalam artian pada saat memberikan insentif atau bonus kepada karyawan untuk mendorong serta mencapai tujuan dari mereka, Anda sebenarnya membantu mereka untuk bisa mencapai tujuan Anda juga.

Dengan demikian nantinya mereka akan menerima sebagian keuntungan sebagai sebuah hadiah di dalam kemampuan perusahaan untuk bisa memenuhi tujuan dari bisnis itu sendiri. Dan hal tersebut merupakan sebuah situasi yang tentunya saling menguntungkan untuk semua pihak.

Dan itu sebabnya, pada saat membuat suatu program agar ingin memastikan dirancang tidak hanya membuat karyawan bahagia saja. Dalam artian, Anda juga harus memastikan agar tujuannya harus selaras dengan tujuan dari perusahaan. Karena akhirnya tujuan dari program bonus tersebut difokuskan pada apa saja yang dapat mendorong kesuksesan di dalam bisnis Anda sendiri.

Jenis Program Bonus Karyawan yang Populer

Pada dasarnya ada banyak sekali progam bonus yang populer untuk melakukan employee engagement. Dan berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Bonus berbasis kinerja, dimana bonus satu ini lebih fokus dengan kinerja serta diberikan untuk bisa membantu mendorong karyawan dan perusahaan untuk bisa mencapai suatu tujuan tertentu. Secara umum bonus ini diberikan untuk pencapaian dalam jangka waktu tertentu, seperti tahunan, setengah tahunan dan yang lainnya.
  2. Bonus spot, dimana biasa digunakan untuk menunjukkan pengakuan atas kontribusi yang luar biasa dari sebuah individu ataupun tim secara langsung. Hal tersebut berdasarkan pengamatan secara langsung.
  3. Bonus masuk, dimana bonus ini biasa digunakan untuk menarik para pelamar pekejaan untuk bisa bergabung bersama perusahaan Anda. Dimana diberikan pada saat mereka menerima gaji pertama ataupun setelah periode singkat dalam bekerja.
  4. Bonus retensi, yang berguna untuk mempertahankan karyawan yang dinilai penting selama masa transisi seperti akuisisi ataupun merger. Dimana biasanya bonus akan dibayarkan saat terjadi suatu hal ataupun di tanggal tertentu.
  5. Bonus referensi, dimana tujuannya memberikan penghargaan untuk karyawan yang sudah membeikan rekomendasi dalam membantu Anda mendapatkan kandidat pekerjaan yag baik.
  6. Bonus berbasis proyek, yang biasa diberikan saat karyawan tersebut berhasil menyelesaikan proyek khusus secara tepat waktu dan sesuai dengan anggaran serta semua kriteria yang sudah ditetapkan di awal proyek.
  7. Bonus non tunai, seperti memberikan waktu untuk liburan bersama semua karyawan, cuti ekstra ataupun yang lainnya.

Menyesuaikan Program Bonus Karyawan

Lalu Anda juga perlu untuk membuat serta menyesuaikan program bonus karyawan dengan memperhatikan beberapa hal agar dapat memenuhi strategi bisnis serta prinsip dari kompensasi atas perusahaan Anda. Contohnya saja seperti tahu betul apa yang dapat mendorong karyawan, kemudian pastikan kejelasan dari kelayakan pemberian bonus, mengkomunikasikan setiap persyaratan dan harapan dan juga mendokumentasikan program Anda. 

Jadi itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan employee engagement dengan baik. Sehingga dapat membuat karyawan semakin semangat untuk memajukan perusahaan Anda.

Urbanhire sebagai Rercruitment Platform dapat membantu Anda untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas dengan berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi biaya dan juga mempercepat waktu untuk proses perekrutan.