Urbanhire Jobseeker

Tren Perekrutan di Tahun 2020

26

Dec 2019

Urbanhire – Tren perekrutan dan dunia HR akan selalu mengalami perubahan. Begitu juga ketika memasuki tahun baru 2020, pasti tren dalam perekrutan akan mengalami perubahan mengikuti pola dan kebiasaan manusia. Sudah banyak perusahaan yang mulai untuk bersiap-siap memprediksi tren perekrutan di tahun 2020. Lalu prediksi apa saja yang perlu Anda tahu untuk menyambut perubahaan tersebut?

Budaya Akan Mempengaruhi

Karakter pekerja saat ini berbeda dengan karakter pekerja di tahun 90-an. Karakter pekerja saat ini mengharapkan transparansi perusahaan. Selain itu, perusahaan yang memiliki budaya perusahaan yang kuat lebih menarik perhatian untuk para kandidat. Untuk itu di tahun 2020 tren perekrutan akan dipengaruhi oleh budaya perusahaan. Meski gaji juga menjadi hal yang penting, budaya perusahaan mengalami peningkatan sebagai faktor yang menjadi alasan kandidat memilih pekerjaan. Tidak heran sekarang ini banyak perusahaan yang memamerkan budaya perusahaan mereka melalui media sosial dan website perusahaan. Untuk itu Anda harus menyiapkan atau membuat budaya perusahaan Anda lebih menarik di tahun 2020 agar perusahaan Anda dilirik para kandidat.

Keadaan Ekonomi Dunia Yang Tidak Menentu

Anda pasti tahu bahwa perekonomian dunia saat ini tidak menentu. Banyak negara yang mengalami kenaikan atau peningkatan ekonomi, namun juga ada negara yang mengalami resesi. Negara-negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi tentunya memiliki sebuah indikator, yaitu banyaknya perolehan pekerjaan sehingga daya beli masyarakat meningkat. Begitu sebaliknya negara-negara yang mengalami resesi, daya beli masyarakat menurun akibat rendahnya penyerapan tenaga kerja. Dengan keadaan tersebut diprediksi tren perekrutan di berbagai perusahaan mulai merancang strategi perekrutan ketika dalam masa resesi. Alasan membuat strategi perekrutan saat masa resesi adalah banyaknya jumlah kandidat yang akan melamar. Sehingga perekrut akan kewalahan dalam mengidentifikasi dan mengecek seluruh profil kandidat.

Smartphone Dapat Menjadi Keuntungan

Sudah menjadi pemandangan umum bila setiap orang memiliki smartphone. Dari smartphone, mereka bisa melakukan berbagai hal, seperti belanja, membayar tagihan dan memesan transportasi. Keadaan seperti ini harus dapat dimanfaatkan oleh perusahaan ketika ingin melakukan perekrutan dan ini menjadi prediksi tren perekrutan. Memang sudah ada perusahaan yang sudah mengembangkan situs mereka lebih mobile friendly namun masih banyak para pencari kerja yang menghadapi hambatan ketika ingin melamar. Perusahaan yang sudah menciptakan terobosan ini terkadang belum memikirkan pengalaman kandidat saat menggunakan website mereka. Banyak kandidat yang membutuh waktu yang lebih lama dalam melengkapi profil mereka dibanding saat melengkapi profil di desktop. Untuk itu Anda harus memfokuskan mobile friendly pada website Anda jika tidak ingin kehilangan kandidat yang berkualitas.

Untuk menyambut tren perekrutan di tahun 2020, Anda harus memiliki tim perekrutan yang luar biasa. Anda dapat mempelajari cara untuk membangun tim perekrutan yang luar biasa melalui “Saatnya Membangun Tim Perekrutan yang Anda Impikan!”. Dan tidak lupa bahwa Urbanhire sebagai platform perekrutan yang memiliki Applicant Tracking System memiliki fitur Collaborative Team Hiring yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah proses perekrutan di perusahaan Anda bersama dengan tim HR Anda.